20.Mar.2017

6 Tradisi Unik Cari Jodoh yang Cuma Ada di Indonesia


Wuih, yang jomblo pasti langsung ngeklik artikel ini dengan kecepatan cahaya, nih! Kamu patut berbangga diri karena tradisi di Indonesia banyak yang peduli sama para tuna asmara. Kalau cara jaman sekarang biasanya dengan bantuin temen dapetin nomor HP gebetannya , masyarakat jaman dulu comblangin para jomblo dengan 6 tradisi unik cari jodoh ini. Tertarik nyoba?

0
0
0

1. Kamomose, Buton

sumber foto: www.hipwee.com

Hayo, kamu tahu, gak, Buton ada di mana? Buton adalah daerah di sebelah tenggara pulau Sulawesi. Di sini, para pemuda yang mau cari jodoh bakal ngelempar kacang ke cewek-cewek yang udah siap nikah. Para cewek itu bakal berbaris sambil megangin wadah yang berfungsi buat nampung kacang yang dilempar cowok-cowok. Jadi, kalau ada seorang cowok naksir sama cewek tertentu, dia bisa ngasih kode dengan ngelempar ke wadah si cewek. Wah, kalau ada cowok yang ngelempar ke semua wadah, berarti calon-calon playboy, tuh! Tradisi yang disebut Kamomose ini nantinya bisa berlanjut ke tahap perkenalan lebih akrab lewat pertemuan antar keluarga. Hmmm, kenapa harus kacang, ya?

2. Barempuk, Sumbawa

sumber foto: www.inovasee.com

Tradisi cari jodoh yang satu ini agak keras, sih, Aladiners. Dalam acara yang disebut Barempuk ini, cowok-cowok bakal beradu sambil bersenjatakan bulir padi buat ngebuktiin kekuatan masing-masing. Kenapa mereka berantem satu sama lain? Alasannya klasik, kok: buat menarik perhatian para cewek. Tradisi duel yang berlangsung sepanjang 3 ronde ini sempet dilarang sama pemerintah daerah sana karena sering berlanjut jadi makin parah, bahkan setelah acara selesai. Tapi katanya, sih, sekarang udah mulai dijalanin lagi sama masyarakat sana. Wah, berarti berantemnya harus jantan, nih, jangan baper apalagi dendam kesumat.

3. Ngarot, Indramayu

sumber foto: www.tosupedia.com

Padi dipanen, jodoh pun harus diraih. Mungkin itu alasan kenapa tradisi Ngarot diadain pas musim panen. Dalam acara yang diadain para petani ini, para kawula muda di Indramayu bakal diarak keliling desa. Buat para ceweknya, biasanya mereka memakai hiasan bunga di kepala. Katanya, sih, kalau bunganya layu berarti si gadis udah gak perawan. Wah, berarti harus pilih bunga yang bener-bener seger, ya! Kan, kasian kalau si cewek dapet bunga yang layu padahal dia masih menjaga kegadisannya (ceileh). Sebenernya, sih, tradisi ini juga cara masyarakat bersyukur atas hasil panen tahun itu. Anak-anak mudanya dilibatkan supaya mereka bisa nerusin budaya bertani yang udah ada sejak jaman dulu. Yuk, cari jodoh sambil melestarikan budaya!

4. Kabuenga, Wakatobi

sumber foto: www.sultralive.com

Kayaknya, sih, tradisi ini bisa menginspirasi banyak judul film televisi, misalnya 'Pacarku Penjual Es Campur' atau 'Cintaku Berlabuh di Kacang Goreng'. Kenapa? Soalnya, dalam tradisi Kabuenga, gadis-gadis di sana bakal ngumpul di lapangan terbuka buat ngejual macem-macem makanan dan minuman. Nah, cowok-cowok yang jomblo disuruh dateng ke pasar kaget ini. Kalau ada cowok yang tertarik sama salah satu cewek yang berjualan, dia bisa langsung datengin si cewek buat beli barang dagangannya. Kali aja, kan, dari transaksi jual-beli berlanjut jadi Ijab Kabul? Selama acara berlangsung, tradisi yang biasanya diadain setelah Idul Fitri ini diiringi musik tradisional. Hehehe, bisa jadi soundtrack mereka jadian, nih.

5. Gredoan, Banyuwangi

sumber foto: www.otonomi.co.id

Menurut Mister, tradisi yang ini manis banget. Kenapa? Karena caranya super sopan dan gentleman banget, deh! Tanpa tedeng aling-aling (hayo, tahu, gak, artinya apa? Kalau gak, coba buka kamus kamu, ya.), para jejaka Banyuwangi langsung datengin rumah gadis idamannya buat kenalan. Tradisi yang biasa diadain pas malem peringatan Maulid Nabi ini bakal diramein sama pawai keliling desa. Cara para cowok gredoana alias menggoda pujaan hatinya adalah dengan masukin lidi lewat dinding bambu rumah si cewek. Kalau lidinya dipatahin, berarti si cewek berminat kenalan sama cowok. Kalau lidinya dianggurin dua jam, yaaa, silakan cari dinding bambu lain buat ditusukin lidi. Hihi, lucu, ya!

6. Omed-omedan, Bali

sumber foto: www.hipwee.com

Bertolak belakang sama Gredoan, tradisi Omed-omedan yang berarti tarik-tarikana dalam bahasa Bali ini bisa dibilang cukup berania. Siapa yang ikutan tradisi ini? Tentu aja para cewek dan cowok jomblo berusia 17-30 tahun. Dalam tradisi ini, anak-anak muda para pesertanya dibagi jadi dua kelompok: laki-laki dan perempuan. Nantinya, bakal ada satu orang yang digendong ke pundak dari masing-masing kelompok dan dideketin supaya bisa saling berhadapan. Kalau mereka ngerasa tertarik, mereka bisa berpelukan atau bahkan berciuman! Nah, kalau kelamaan nempel, peserta yang lain bakal nyiramin air ke mereka supaya gak lupa diri.

Komentar