18.Jul.2023

Yuk, Lihat Cantiknya 8 Kota Kanal di Dunia!


 

0
0
0

8 Kota Kanal Cantik - Hai Aladiners! Selain Venesia yang udah terkenal banget, ternyata ada lagi lho beberapa kota indah yang dikelilingi air. Nih, Mister kasih liat 8 kota berkanal lainnya di dunia yang nggak kalah sama Venesia! 

1. Amsterdam (Belanda)

Sumber gambar: Shutterstock

Oke, kota berkanal memang beda dengan kota yang kebanjiran, tapi sama-sama akrab dengan air, kan? Sebagai kota yang konon yang ketinggiannya berada di permukaan air laut, nggak heran kanal jadi bagian penting dari Amsterdam. Kanal di kota ini bahkan lebih banyak daripada di Venesia!

Ada empat kanal utama di kota ini: Singel, Herengracht, Keizergracht, dan Prinsengracht. Susah bacanya? Sama, lidah Mister juga keseleo, nih.

2. Bruges (Belgia)

Sumber gambar: Wikipedia

Kalau lagi sowan ke Belgia, jangan lupa ke Bruges. Kota bernuansa kuno yang jadi jadi pusat perdagangan tekstil di abad ke-13 ini dihiasi jalan berbatu yang cantik, jembatan yang pasti bagus banget jadi latar belakang foto, dan rumah-rumah bergaya abad pertengahan.

Kebayang betapa enaknya menyusuri keindahan kota ini dari atas perahu yang melaju di kanalnya!

3. Stockholm (Swedia)

Sumber gambar: Shutterstock

Sepertiga dari wilayah kota ini dikuasai oleh air, jadi bisa dibayangkan betapa hidupnya kanal-kanal di sini. Stockholm yang sering disebut a Beauty on Water (Hayo, apa artinya? Coba dibuka kamus bahasa Inggrisnya!) ini bakalan makin seru kalau dikunjungi saat musim dingin.

Kenapa? Soalnya, saat air di kanal membeku, banyak penduduk lokal dan turis yang bakal asyik berseluncur es di sini!

 

Baca juga6 Tempat Tercantik di Belanda buat Liat Bunga Tulip Selain Keukenhof

4. Tigre (Argentina)

Sumber gambar: Wikipedia

Terletak sekitar 30 kilometer dari Buenos Aires, Ibu Kota Argentina, ada kota bernama Tigre yang rutin dilewati banyak kapal dan perahu setiap harinya.

Sambil menyusuri kanal, kamu bisa menikmati arsitektur unik perpaduan rumah-rumah era Victoria di sisi kanan dan kiri. Mau mendayung kayak sendiri juga bisa, lho!

5. Annecy (Prancis)

Sumber gambar: Wikipedia

Sering disebut sebagai Venesia-nya Prancis, fungsi kanal di Annecy beda di kota lainnya yang biasa dijadikan sebagai akses menuju laut. Di kota ini, kanal-kanalnya dialiri air danau Lac da Annecy yang merupakan danau ketiga terbesar di Pracis sekaligus danau terbersih di Eropa. Wah, kalau bersih gini pasti kotanya jadi keliatan makin cantik ya, Aladiners.

Selain itu, kalau jalan-jalan ke sini, kamu wajib mampir ke Palais de la Ile yang terletak di dekat Canal du Thiou, ya. Istana yang dibangun di abad ke-12 ini nilai sejarahnya tinggi banget. Sempet berfungsi jadi penjara dan pengadilan juga!

 

Baca juga10 Negara dengan Musim Gugur Terbaik di Dunia

6. Saint Petersburg (Rusia)

Sumber gambar: Wikipedia

Sebagai kota terbesar kedua di Rusia yang terletak di daerah pertemuan Sungai Neva dan Laut Baltik, St. Petersburg dilengkapi beberapa kanal yang dibangun dengan cara nyontek ke Amsterdam.

Kalau lagi ngelewatin Kanal Moyka, kamu bisa ngeliat kerennya bangunan-bangunan bergaya neo-klasik yang dibangun di abad 19. Sedangkan kalau mampir ke Kanal Winter, Winter Palace alias Istana Musim Dingin bisa kamu kagumi sampai puas!

7. Copenhagen (Denmark)

Sumber gambar: Wikipedia

Kota yang satu ini mirip-mirip St. Petersburg karena juga terletak di tepi Laut Baltik dan dipenuhi banyak kanal indah. Kalau waktu kamu jalan-jalan di sini terbatas, mending langsung aja ke Nyhavn, daerah dengan kanal paling terkenal di sini. Ada banyak rumah warna-warni dan kapal kayu bersejarah yang bisa kamu liat!

Selain jadi penghubung pusat kota tua Copenhagen dan laut, Nyhavn juga pernah jadi tempat tinggal penulis paling terkenal seantero dunia, Hans Christian Andersen.

8.Taierzhuang (China)

Sumber gambar: Wikimedia Commons

Wah, kok dari tadi kota-kota di Eropa semua, sih? Tunggu dulu, Asia, lebih tepatnya Tiongkok, juga punya Taierzhuang! Kota berkanal yang dibangun pertama kali di zaman Dinasti Han ini memang dirancang sebagai tempat wisata.

Dipenuhi banyak kuil tradisional, museum modern, dan kanal-kanal cantik, kota ini gampang dicapai karena lokasinya deket dengan Beijing. Wah, harus masuk daftar tempat liburan kamu selanjutnya, nih!

 

Baca juga6 Tempat Wisata Paling Ekstrim di Dunia

 

Komentar

Tinggalkan Komentar: