27.Aug.2018

Yuk, Intip Sejarah 7 Olahraga Paling Tua di Dunia Ini!


Sekarang kan lagi Asian Games, nih. Atlet-atlet dari negara-negara di Asia saling bertanding buat ngerebut gelar juara. Semuanya kerja keras buat jadi yang terbaik.

0
0
0

Nah, kalau lagi gini, pernah kepikiran gak sih sejak kapan manusia nemuin berbagai macam cabang olahraga? Di mana cabang-cabang olahraga pertama kali diciptain? Olahraga apa aja yang termasuk olahraga paling tua di dunia? Jawabannya bisa kamu simak berikut ini!

1. Panahan

sumber foto: pexels.com

Gak heran kalau Panahan udah ada sejak jaman dulu banget. Olahraga ini awalnya gak terpisahkan dari kebutuhan primer manusia, yaitu makanan. Nah, pas masa-masa Paleolitikum (20 ribu tahun sebelum Masehi), manusia ngembangin senjata yang bikin mereka bisa dapetin hewan buruan dengan lebih gampang, salah satunya dengan memanah. Katanya, sih, yang pertama kali kepikiran pakai panah adalah orang Mesir, terus lanjut ke orang Persia, India, China, dan Jepang.

Nah, Panahan resmi jadi olahraga yang dipertandingkan di tahun 1900, yaitu pas Olimpiade. Sempet ngilang sejak tahun 1920, akhirnya olahraga ini dimunculin lagi di tahun 1972. Wah, lama juga, ya, jedanya.

 2. Gimnastik

sumber foto: pexels.com

Senam-senaman rupanya udah dilakuin orang Yunani Kuno sejak 500 tahun sebelum Masehi. Dulu tujuannya bukan buat bertanding,  melainkan buat nyiapin para prajurit sebelum berangkat perang. Nah, saat periode Hellenistic, yaitu sekitar 31 tahun sebelum Masehi, Gimnastik jadi populer di  kalangan masyarakat dan akhirnya diikutsertakan dalam Olimpiade. Sayangnya, waktu Olimpiade ditiadakan pas tahun 393, minat terhadap Gimnastik pun ikutan turun sampai akhirnya populer lagi di akhir abad ke-19.

3. Gulat

sumber foto: pexels.com

Nentuin asal mula gulat dari mana ternyata agak susah, karena dari bukti sejarah yang ada, ada beberapa peradaban yang kenal gulat sejak duluuuuu banget. Meskipun susah, bisa dibilang bukti sejarah paling awal didapet dari orang-orang yang tinggal di Gua Lascaux, Prancis, lebih dari 15 ribu taun lalu, dan dari peradaban Sumeria. Sejak saat itu, gulat nyebar ke mana-mana sampai akhirnya resmi jadi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade mulai tahun 704 sebelum Masehi.

4. Sepakbola

sumber foto: pexels.com

Pendukung tim Inggris boleh nyanyi-nyanyi “it’s coming home” pas piala dunia kemarin, seakan-akan sepak bola adalah sesuatu yang “Inggris” banget. Padahal, kalau mau ditelusuri lagi, ternyata bukti tertua keberadaan olahraga ini ada di China! Dulu disebut Tsu Chu, sepakbola muncul sekitar tahun 2.500 sebelum Masehi. Tsu Chu dijadiin bagian dari pelatihan militer jaman Dinasti Han (206 sebelum Masehi – 220 Masehi) dan populer di kalangan bangsawan. Sayangnya, popularitasnya menurun pas Dinasti Ming berkuasa dan akhirnya sepakbola pun lebih kenal sebagai olahraganya orang Barat.

  5. Lari

sumber foto: pexels.com

Olahraga lari pantes jadi olahraga paling tua di dunia karena gak perlu peralatan apa pun dan super gampang. Tinggal ngacir! Entah kapan tepatnya lari resmi dijadiin olahraga yang dipertandingkan, tapi ilmuwan percaya kalau bukti sprint alias lari cepat lagi-lagi ditemuin di Gua Lascaux, Prancis, 15 ribu tahun lalu. Lari secara resmi dijadiin kompetisi di Irlandia tahun 1829 sebelum Masehi.

6. Tinju

sumber foto: pexels.com

Sebenernya Mister agak kurang setuju Tinju disebut olahraga. Dampak cederanya lebih banyak daripada untungnya! Asal muasal tinju katanya berasal dari peradaban Mesopotamia. Ada relief yang menggambarkan dua laki-laki berhadapan sambil mengepalkan tangan mereka masing-masing, tanpa sarung tinju. Bukti keberadaan tinju sambil memakai gloves baru keliatan waktu Olimpiade di tahun 688. Di jaman itu, para petinju harus make sarung kulit yang dibungkusin ke tangan mereka.

7. Renang

sumber foto: pexels.com

Bukti paling awal soal manusia berenang bisa dilihat Gua Perenang di dataran Gilf Kebir di gurun Libya. Ilmuwan percaya di jaman itu manusia berenang dengan gaya katak dan anjing buat rekreasi atau cari ikan. Renang akhirnya dijadiin kompetisi di tahun 1800an, cukup lama dari pertama kali ditemuin. Negara pertama yang mempertandingkan olahraga renang adalah Inggris dan akhirnya resmi dipertandingkan di Olimpiade di tahun 1896 khusus buat laki-laki aja.

Baca juga: Ngeri! Ini 7 Olahraga Jaman Kuno Paling Sadis di Dunia

Komentar