23.Jan.2019

Yuk, Cobain Es Drop, Minuman Khas Blitar


Kalau lagi berwisata ke Jawa Timur, kalian biasanya pergi ke mana? Surabaya, Batu, Malang, atau mungkin Banyuwangi? Coba, deh, sekali-kali kalian pergi ke Kota Blitar. Dari Surabaya, jaraknya lebih kurang 4 jam jika naik mobil dan melewati jalan tol. Emang ada apa, sih, di Blitar? Nih, ya, kalau udah sampai sana, kalian wajib nyoba minuman khasnya, yaitu es drop Blitar. Mister jamin kalian pasti suka.

0
0
0

Es drop bentuknya seperti es krim. Tapi, es krim yang satu ini beda dari es krim pada umumnya. Stik esnya nggak seperti stik es krim yang biasa kita temui, melainkan menggunakan bambu. Bungkusnya juga nggak pakai plastik, melainkan pakai selongsong kertas. Pokoknya, sederhana banget, deh, penampakan es drop ini. Bahan untuk membuatnya adalah gula Jawa alias gula merah yang dicampur santan. Apa saja varian rasa es drop? Ada cokelat, stroberi, vanila, durian, kacang hijau, dan puding.

Sumber fotohttps://travelingyuk.com/kuliner-es-di-blitar/76315/

Es drop Blitar ini sangat legendaris, lho. Pabrik es drop didirikan pada 1937. Nama pabriknya Es Drop Burung Betet. Sejak kita masih dijajah Belanda, es drop sudah ada, tuh. Tahu nggak, pada awalnya si pemilik pabrik sama sekali tidak berminat untuk membuka usaha es. Malahan saat awal membuka pabrik, usahanya adalah rokok. Namun, karena usaha rokok tersebut tidak berhasil, akhirnya diganti, deh, dengan es drop yang pada akhirnya sukses bertahan hingga saat ini. Kini, pabrik Es Drop Burung Betet sudah di-handle oleh generasi ketiga.

Sumber fotohttps://blitarmall.com/2018/05/24/inilah-7-fakta-unik-es-drop/

Lantas, di mana kalian bisa menemukan es drop? Cus aja ke alun-alun Kota Blitar. Di situ banyak penjual es drop. Selain di alun-alun, kalian bisa juga beli es drop langsung dari pabrik Es Drop Burung Betet. Lokasinya di Jalan Anggrek 49. Harganya murah banget. Cuma Rp2.500. Meskipun murah, tapi rasanya enak banget. Pasti nagih, deh. Oh, ya, kalau kalian beli di pabrik, kalian juga bisa beli es drop 1 pak yang isinya 40 batang. Harganya Rp125.000.

Kebanyakan, penjual es drop adalah para bapak berusia lanjut.  Mereka sudah berjualan es drop sejak lama dan sampai sekarang masih terus berjualan. Yang unik, para penjual menempatkan es drop dalam termos merah berukuran besar yang dilapisi kaca.

Sumber fotohttps://backpackercantik.wordpress.com/tag/ice-drop-blitar/

Setelah baca artikel di atas dan lihat foto-fotonya, jadi pada ngiler nggak, nih, buat nyobain es drop? So, kalau lagi di Blitar, jangan sampai lupa beli es drop, ya!

Komentar