23.Jan.2019

Yuk, Cobain Es Drop, Minuman Khas Blitar


Kalau lagi berwisata ke Jawa Timur, kalian biasanya pergi ke mana? Surabaya, Batu, Malang, atau mungkin Banyuwangi? Coba, deh, sekali-kali kalian pergi ke Kota Blitar. Dari Surabaya, jaraknya lebih kurang 4 jam jika naik mobil dan lewat jalan tol. Emang ada apa, sih, di Blitar? Nih, ya, kalau udah sampai sana, kalian wajib nyoba minuman khasnya, yaitu es drop.

0
0
0

Es drop bentuknya seperti es krim. Tapi, es krim yang satu ini beda dari es krim pada umumnya. Stik esnya nggak seperti stik es krim yang biasa kita temui, tapi terbuat dari bambu. Bungkusnya juga nggak pakai plastik, tapi pakai selongsong kertas. Pokoknya, sederhana banget, deh, penampakannya. Bahan untuk membuatnya adalah gula Jawa alias gula merah yang dicampur santan. Apa saja varian rasanya? Ada cokelat, stroberi, vanila, durian, kacang hijau, dan puding.

Es drop Blitar rasa mangga dan cokelat

Sumber fotohttps://www.feryarifian.com/2017/07/esdrop.html

Es drop ini sangat legendaris, lho. Pabriknya didirikan pada 1937. Namanya Es Drop Burung Betet. Tahu nggak, pada awalnya, si pemilik pabrik sama sekali nggak berminat membuka usaha es. Malahan saat awal membuka pabrik, usahanya adalah rokok. Namun, karena usaha rokok tersebut nggak berhasil, akhirnya diganti, deh, dengan es drop yang akhirnya sukses bertahan hingga saat ini. Kini, pabrik tersebut sudah di-handle generasi ketiga.

Sumber fotohttps://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-blitar/es-drop-tempat-wisata-kuliner-minuman-legendaris-di-blitar.html

Lantas, di mana kalian bisa menemukan es drop? Cus aja ke alun-alun Kota Blitar. Di situ banyak penjual es drop. Selain di alun-alun, kalian bisa juga beli langsung dari pabrik Es Drop Burung Betet. Lokasinya di Jalan Anggrek 49. Harganya murah banget. Cuma Rp2.500. Meskipun murah, tapi rasanya enak banget. Pasti nagih, deh. Oh, ya, kalau kalian beli di pabrik, kalian juga bisa beli es drop satu pak yang isinya 40 batang. Harganya Rp125.000.

Kebanyakan, penjual es drop adalah para bapak berusia lanjut.  Mereka sudah berjualan es drop sejak lama dan sampai sekarang masih terus berjualan. Yang unik, para penjual menempatkan es drop dalam termos merah berukuran besar yang dilapisi kaca.

Bapak berusia lanjut yang menjual es drop Blitar

Sumber fotohttps://backpackercantik.wordpress.com/tag/ice-drop-blitar/

Setelah baca artikel di atas dan lihat foto-fotonya, jadi pada ngiler nggak, nih, buat nyobain es drop? So, kalau lagi di Blitar, jangan sampai lupa beli es drop, ya!

Komentar