Benteng Vredeburg
12.Sep.2019

Wisata Mistis di Benteng Vredeburg yang Terkenal Angker. Masih Berani Mampir?


Nggak bisa dipungkiri kalo gedung-gedung bekas peninggalan penjajahan Belanda itu luar biasa kerennya. Pengaruh masa kolonial Belanda di Indonesia emang masih sangat terasa. Hadirnya bangunan tua yang angker tapi penuh sejarah jadi bukti eksistensinya.

0
0
0

Salah satunya adalah Benteng Vredeburg yang ada di Yogyakarta. Pasti kamu udah nggak asing lagi dong dengan museum yang satu ini. Yap! Kali ini Mister bakalan ngajakin kamu menelusuri wisata mistis di Benteng Vredeburg yang katanya menyimpan segudang cerita mistis yang bisa membuat bulu kuduk merinding. Hmm, masih berani kesini gak?

Wisata Mistis di Benteng Vredeburg yang Terkenal Angker Tapi Penuh Sejarah

Benteng Vredeburg

Sumber foto: https://travel.dream.co.id/destination/5-tempat-ini-diyakini-paling-angker-di-jogja-berani-datang-180126e.html

Benteng Vredeburg yang awalnya bernama Rustenburg merupakan benteng peninggalan Belanda terbesar di Yogyakarta. Benteng ini terletak di ujung Jalan Malioboro atau titik nol kilometer dari Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Jenderal A. Yani No. 6, lokasinya cukup dekat dengan Kraton Kasultanan Yogyakarta. Strategis banget dan dekat pusat kota.

Walaupun letaknya di tengah-tengah keramaian kota, sisi mistis dari benteng peninggalan Belanda ini kerasa banget. Banyak cerita-cerita mistis yang beredar disekitar benteng yang mulai didirikan pada tahun 1767-1788 tersebut. Mulai deg-deg-an nih Mister nyeritainnya. :D

Berusia Ratusan Tahun, Museum Benteng Vredeburg Ini Menyimpan Banyak Cerita Mistis yang Legendaris

Benteng Vredeburg

Sumber foto: https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/pinka-wima/yakin-kamu-berani-unyi-nyali-di-7-tempat-angker-di-jogja-ini/full

Ngomongin soal keangkeran museum ini, mungkin udah banyak yang tahu beberapa cerita mistis dari mulut ke mulut. Konon, di benteng tua ini sering ada penampakan hantu yang nggak bisa dicerna dengan akal sehat. Seperti penampakan seorang noni-noni Belanda yang berkaki kuda. Kejadiannya ini pernah dialami oleh seorang tukang becak saat tengah malam. Ia sedang mengayuh becaknya dengan perlahan, kemudian ia melihat sesosok wanita cantik dengan gaun panjang dari arah gerbang benteng.

Tukang becak tersebut nawarin untuk naik becaknya, mungkin sang tukang becak kasian mungkin ya, ngeliat perempuan berdiri sendiri, tengah malem pula. Lalu tukang becak tersebut kaget ketika gaun perempuan tersebut disibakkan dan melihat kalo kaki perempuan tadi kayak kaki kuda. Hii, serem banget deh. Kebayang kan, gimana kalo kamu yang jadi tukang becaknya? :D

Benteng Vredeburg

Sumber foto: https://www.tanahnusantara.com/wp-content/uploads/2017/07/?SD

Nggak cuma sampai di situ, ada cerita juga yang lebih seram. Kadang-kadang di sekitar Benteng Vredeburg muncul suara aneh seperti derap kaki serdadu yang berseragam kompeni jaman dulu. Pasukan itu muncul tanpa kepala. Anehnya lagi, yang melihat penampakan dan mendengarkan hal-hal gak masuk di akal itu hanya dirinya sendiri. Wah, kalo mister yang lihat langsung, udah pasti pingsan, sih.

Gimana masih berani mampir ke Museum Benteng Vredeburg gak? Tapi jangan langsung takut dulu, di luar cerita misterinya, sejarah yang tersimpan di museum ini layak disimak dan dipelajari. Kenapa? Agar kita semua sebagai generasi muda nggak melupakan sejarah. Setuju gak sama Mister?

Komentar