Taman Maluku di Bandung
23.May.2019

Suka Wisata Horor? Taman Maluku Cocok buat Kamu


Halo halo Bandung. Ibu kota Periangan. Halo halo Bandung. Kota kenang-kenangan. Iya, artikel ini tentang Tanah Pasundan alias Bandung. Tapi, bukan tentang wisatanya, melainkan tempat angkernya. Ada yang pernah tahu Taman Maluku? Atau mungkin, kamu justru malah pertama kali denger nama taman itu? Katanya, di Taman Maluku ada patung yang nyeremin. Terus, di sana juga banyak makhluk halus berkeliaran. Pada penasaran nggak kayak gimana ceritanya? Kalau penasaran, kamu kudu baca ulasannya di bawah ini.

0
0
0

Buat yang belum tahu lokasi Taman Maluku, taman itu ada di Jalan Seram di Desa Citarum, Bandung Wetan. Sebelum bernama Maluku, taman tersebut bernama Paradisi in Sole Paradisus Terrestris yang artinya tanah surga di bawah cahaya matahari. Di dalam taman itu, ada patung pastor H.C. Verbraak. Patung itu sudah ada sejak puluhan tahun silam, tepatnya pada 1922.

Menurut cerita masyarakat setempat, patung pastor Verbraak itu selalu bergerak-gerak ketika tengah malam. Jalan sendiri gitu patungnya. Bisa bayangin gak, tuh, betapa nyereminnya kalau kamu berada di situ dan melihat langsung patung yang bergerak itu? Patung yang seharusnya nggak bergerak karena merupakan benda mati tiba-tiba bergerak gitu aja. Bukan cuma itu, mata patung akan menatap langsung setiap orang yang melintas di dekat situ. Seakan-akan, patung mengikuti setiap gerak-gerik orang. Adududu……

Taman Maluku di Bandung

Sumber: https://www.ayobandung.com/view/2019/04/18/50077/patung-pastor-hc-verbraak-di-taman-maluku (foto oleh Irfan Al-Faritsi)

Katanya, pastor Verbraak adalah sosok yang paling dihormati oleh penghuni lain Taman Maluku. Siapakah penghuni lain itu? Mereka adalah hantu anak dan noni Belanda. Kebanyakan, hantu yang ada di sana memang hantu dari Belanda. Dulu, banyak orang Belanda yang mengunjungi Taman Maluku bersama keluarga mereka. Rumor yang beredar menyebut, ada satu sosok hantu noni Belanda yang mengenakan gaun putih panjang. Yang bikin serem adalah tiap kali si noni muncul, tercium aroma melati yang cukup tajam. Hiiiiiii……

Sebenernya, siapa, sih, pastor Verbraak itu? Henricus Christiaan Verbraak adalah pastor kelahiran Rotterdam, Belanda. Saat berada di Indonesia, sebenarnya dia tidak pernah bertugas di Bandung, kota yang menjadi lokasi patungnya. Daerah yang ia singgahi selama bertugas di Indonesia adalah Padang, Aceh, dan Magelang. Di Magelang-lah, pastor Verbraak meninggal karena sakit.

Taman Maluku di Bandung

Sumber: https://www.ayobandung.com/view/2019/04/18/50077/patung-pastor-hc-verbraak-di-taman-maluku (foto oleh Irfan Al-Faritsi)

Selama mengabdi sebagai pastor, Verbraak dikenal peduli terhadap misi kemanusiaan. Untuk mengenang jasa pastor Verbraak dalam bidang kemanusiaan, lembaga The Dutch East Indian Army di Bandung mengabadikannya dalam bentuk patung yang diletakkan di Taman Maluku. Patung tersebut terbuat dari tembaga. Tingginya sekitar 4 meter. Verbraak mengenakan busana pastor dan kedua tangannya memegang sebuah buku. Demikian penampakan patung tersebut. Orang Belandalah yang merancangnya, namanya Gerharda Johanna Wilhelmina Rueb.

Ada kabar burung yang mengatakan bahwa pastor Verbraak meninggal karena mengalami kecelakaan pesawat dan lokasi patung pastor Verbraak merupakan lokasi jatuhnya pesawat. Kabar itu nggak bener, ya. Pastor Verbraak meninggal karena murni sakit dan patungnya didirikan sebagai bentuk penghormatan atas jasanya dalam bidang kemanusiaan.

Taman Maluku di Bandung

Sumber: https://www.ayobandung.com/view/2019/04/18/50077/patung-pastor-hc-verbraak-di-taman-maluku (foto oleh Irfan Al-Faritsi)

Semenjak patung pastor Verbraak ada di Taman Maluku, muncul cerita seram seputar patung tersebut. Bahkan, saking ketakutannya, ada orang yang sampai terjatuh ketika berlari menghindari tatapan si patung. Kalau mungkin kalian kebetulan lewat di sekitar taman itu, mending langsung tancap gas, ya, supaya gak perlu lama-lama lihat patungnya.

Satu lagi hantu yang menghuni Taman Maluku adalah sosok buto ijo atau raksasa hijau. Katanya, si buto ini adalah penjaga Taman Maluku. Duh, serem kali, ya, Taman Maluku. Udah ada patung yang bergerak sendiri, hantu-hantu Belanda, plus ada sosok buta ijo. Kalian yang demen wisata horor, bisa banget ke taman ini. Cocok buat tempat uji nyali.

Komentar