17.Sep.2019

Siapa Bilang Museum dan Theme Park Cuma Ada di Darat? Yordania dan Bahrain Punya yang di Bawah Laut!


Kalian suka menyelam? Jika jawabannya ya, maka sesekali kalian bisa berpelesir ke Yordania dan Bahrain. Kedua negara di Asia Barat itu punya atraksi wisata yang terletak di bawah laut. Yordania punya museum bawah laut, sedangkan Bahrain lebih dulu punya theme park bawah laut. Seru kali, ya, kalau bisa berkunjung ke sana. Sambil selem-selem sambil lihat pajangan.

0
0
0

Kalau kalian merasa museum yang terletak di atas permukaan laut alias di darat sudah biasa, coba singgah ke museum bawah laut di Yordania. Museum tersebut diresmikan 2 bulan lalu, tepatnya pada 24 Juli. Pada hari peresmian, grup band yang beranggotakan angkatan bersenjata Yordania turut menyuguhkan penampilan hiburan.

Military Museum Dive Site. Demikian nama resmi museum bawah laut itu. Disebut juga sebagai Museum Militer. Dinamakan museum militer karena memang benda yang dipajang di sana adalah transportasi dan senjata yang digunakan oleh anggota militer Yordania.

Ada 19 transportasi dan senjata yang dipajang di Museum Militer bawah laut Yordania. Dikarenakan ukuran transportasi dan senjata tersebut sangat besar dan bobotnya sangat berat, perlu waktu hingga seminggu lamanya untuk menenggelamkannya pada kedalaman 28 meter.

Sumber: https://www.liputan6.com/global/read/4020633/foto-yordania-bangun-museum-militer-bawah-laut?page=3&utm_expid=.9Z4i5ypGQeGiS7w9arwTvQ.0&utm_referrer= (diambil dari Aqaba Special Economic Zone Authority/AFP)

Apa saja transportasi dan senjatanya? Ada tank, helikopter, derek, ambulans, senjata anti-aircraft gun, dan masih banyak lagi. Tentu saja, transportasi dan senjata tersebut sudah dibersihkan dari material berbahaya yang sekiranya dapat mengganggu keseimbangan ekosistem bawah laut.

Three in one. Kira-kira begitulah konsep yang diusung Museum Militer bawah laut ini. Menggabungkan tiga hal di satu tempat. Olahraga (menyelam), lingkungan (bawah laut), dan ekshibisi (pajangan transportasi dan senjata militer). Sambil menyelam, sambil menikmati keindahan ekosistem bawah laut, sambil memandang megahnya transportasi dan senjata militer Yordania.

Oh, ya, transportasi dan senjata militer yang ada di sana bukan sekadar menjadi pajangan, lho. Mereka punya fungsi lain, yakni diharapkan bisa sekaligus menjadi rumah bagi terumbu karang.

Sumber: https://www.thenational.ae/world/mena/jordan-sinks-military-vehicles-in-the-red-sea-to-create-a-underwater-museum-in-pictures-1.890241#1 (diambil dari AFP)

Omong-omong, dari tadi Mister udah banyak kasih tahu soal seluk-beluk museum bawah laut, tapi belum kasih tahu lokasinya di mana, ya? Sabar-sabar, Mister pasti kasih tahu, kok. Jadi, Museum Militer bawah laut tersebut berlokasi di Laut Merah, tepatnya di lepas pantai di Aqaba. Aqaba adalah kota di Yordania yang terkenal dengan wisata menyelamnya.

Itu tadi soal museum bawah laut di Yordana. Eits, jangan beranjak dulu. Mister masih punya informasi lain yang sama-sama tentang wisata bawah laut. Kalau tadi ada di Yordaia, kali ini ada Bahrain. Kalau tadi adalah museum, kali ini adalah theme park.

Pesawat yang ditenggelamkan ke theme park bawah laut di Bahrain (sumber: https://www.thenational.ae/lifestyle/travel/underwater-theme-park-in-bahrain-under-way-boeing-plane-being-sunk-in-waters-1.873477 yang diambil dari PADI)

Tepat 1 bulan sebelum Yordania meresmikan Museum Militer bawah lautnya, Bahrain lebih dahulu menenggelamkan pesawat pada kedalaman 24 meter. Pesawat yang ditenggelamkan tersebut merupakan bagian dari theme park bawah laut. Dive Bahrain. Demikian nama theme park tersebut.

Jenis pesawat yang ditenggelamkan adalah boeing 747 yang dibeli dari Dubai. Pesawat sepanjang 70 meter tersebut digadang-gadang sebagai pesawat terbesar yang pernah ditenggelamkan. Perlu waktu 8 bulan bagi tim Dive Bahrain untuk membersihkan pesawat tersebut dari material berbahaya. Mereka memastikan, ketika ditenggelamkan, kondisi pesawat tersebut tidak akan merusak ekosistem bawah laut.

Sumber: https://edition.cnn.com/travel/article/boeing-jet-underwater-park-bahrain/index.html (diambil dari divebahrain/Bahrain Tourism and Exhibitions Authority)

Selain pesawat, atraksi wisata lain yang bisa dinikmati turis saat berkunjung ke Dive Bahrain adalah replika rumah pedagang mutiara seluas 900 m2, terumbu karang buatan, dan ukiran. Total luas Dive Bahrain laut Bahrain adalah 100.000 m2 dan itu digadang-gadang sebagai theme park bawah laut terbesar di dunia. Dive Bahrain resmi dibuka untuk umum pada Agustus. Lokasinya ialah di Teluk Persia, 30 km mengarah ke utara Pulau Amwaj.

Gimana, nih, para pehobi selam? Apakah kalian tertarik untuk mengunjungi museum bawah laut di Yordania? Atau mungkin justru tertarik ke taman bawah laut di Bahrain? Kapan lagi, kan, bisa lihat pajangan-pajangan kelas berat di bawah laut?

Komentar