Wat Rong Khun, Kuil Unik Serba Putih yang Ada di Chiang Rai, Thailand


Thailand bukan cuma Bangkok dan Phuket aja, lho, kawan! Yuk, kita ke bagian utara buat mampir ke Chiang Rai. Kota yang katanya lebih sejuk dari Bangkok ini ternyata asyik juga buat dijelajahi. Selain punya tempat wisata alam kayak Doi Tung dan Hilltribe Museum yang majang beragam alat budaya suku asli setempat, Chiang Rai juga punya kuil super unik bernama Wat Rong Khun.

0
0
0

sumber foto: travelhdwallpapers.com

Apa yang bikin kuil ini unik? Pertama-tama, beda sama kebanyakan kuilnya lainnya yang didominasi warna emas atau cokelat, Wat Rong Khun justru berwarna serba putih. Saking putihnya, dari jauh dia udah keliatan menyilaukan dan membangkitkan hasrat buat foto-foto. Abisnya keren banget, sih!

Kedua, kuil yang berjarak sekitar lima kilometer dari pusat kota Chiang Rai ini dirancang sama seniman lokal bernama Chalermchai Kositpipat. Hasil imajinasinya bikin kuil ini keliatan kayak keluar langsung dari dunia dongeng. Kositpipat milih warna putih karena dia pengin menampilkan kesan sakral. Dia juga masukin unsur ajaran Buddha tentang surga, neraka, karma, dan dosa dunia ke dalam detail bangunan Wat Rong Khun.

sumber foto: upload.wikimedia.org

Ketiga, unsur ajaran Buddha yang dimaksud terejawantah (hayo, siapa yang masih akrab sama kata yang satu ini?) di setiap sudut bangunan. Begitu mendekat ke bangunannya, satu-satunya jalan masuk ke kapel utama adalah lewat jembatan “surga” yang melintas di atas banyak patung tangan. Nah, tangan-tangan dan tengkorak yang menjulur-julur ini katanya menggambarkan jiwa yang menderita di neraka. Begitu nyampe di depan pintu dan ngelewatin dua iblis penjaga, ada dua gambar Buddha yang seakan melayang di atas teratai, simbol kemurnian diri dan terlepas dari ikatan duniawi. Dramatis!

sumber foto: id.pinterest.com

Keempat, Kositpitpat malah ngegunain simbol-simbol modern kayak pesawat ruang angkasa, superman, sampai Neo dari film The Matrix buat nyeritain kehidupan Buddha. Tuh, gimana gak tambah unik? Selain interior dan dekorasinya unik, Wat Rong Khun juga punya museum yang majang karya-karyanya Kositpitpat, toko suvenir, dan artefak-artefak yang nantinya bakal dipindahin ke dalem kuil. Sayangnya, sejak mulai dibangun di tahun 1998, Wat Rong Khun belom selesai juga sampai sekarang. Rencananya, sih, kapel utamanya bakal selesai di tahun 2020. Itu pun belom termasuk struktur yang ada di sekelilingnya. Hmmm… semoga aja bisa cepet rampung, ya!

sumber foto: upload.wikimedia.org

Kalau udah gak sabar mau ke sana, buruan pesan tiket pesawat dan pesan kamar hotel yang kamu di Chiang Rai, Thailand. Kuil ini dibuka tiap hari pukul 06.30 – 18.00 waktu setempat. Museumnya dibuka hari Senin – Jumat pukul 08.00 – 17.30. Selamat liburan!

Komentar

Tinggalkan Komentar: