23.Jul.2018

Wales: Negara dengan Kebiasaan Memeluk Paling Spesial di Dunia


Sejak lahir, manusia butuh sentuhan buat hidup yang lebih baik. Udah banyak penelitian yang bilang kalau sentuhan bisa nurunin tekanan darah, ngilangin stress, sampai ningkatin daya tahan tubuh.

0
0
0

Cara nyentuh pun macem-macem, bisa pegangan tangan, usap-usap punggung, sampai meluk. Hampir semua negara tahu “bahasa peluk”, tapi negara dengan kebiasaan memeluk paling spesial di dunia adalah Wales.

Kenapa, ya?

sumber foto: expatexplore.com

Selain peluk biasa, orang Wales juga punya kebiasaan peluk spesial yang disebut “cwtch” (dibaca “kutch”) sama orang-orang yang mereka anggep spesial. Kalau diliat dari asal katanya, cwtch punya arti mirip lemari, yaitu "tempat kecil buat nyimpen sesuatu dengan aman". Jadi, cwtch berarti “menyimpan” seseorang dalam pelukan buat bikin mereka ngerasa aman.

Cwtch beda sama pelukan biasa. Kalau peluk biasa, paling-paling mereka cuma mendekap sebentar atau ngerangkulin tangannya. Namun kalau cwtch, bersiaplah pakai tambahan menyusup ke leher, usap-usap punggung dan lengan yang lama, juga durasi yang lebih panjang dan tanpa spasi sedikitpun antar dua orang yang berpelukan. Pokoknya nempel!

sumber foto: celticherbal.com

Saking spesialnya cwtch, kebiasaan peluk yang satu ini gak bisa dikasih ke sembarang orang. Cwtch biasa diberikan orang tua ke anaknya yang abis jatuh, pasangan suami istri yang lagi santai, atau ke sahabat yang sedih. Cwtch jadi cara orang Wales mengekspresikan rasa cinta mereka yang paling indah. Bahkan, toko-toko suvenir di Wales pun banyak ngejual kaos bertuliskan, “Everyone can hug, only the Welsh can cwtch.”

Makanya, cwtch jadi kata yang paling dicintai orang Wales. Kata ini sering banget dipake dalam janji pernikahan saking sakral dan  indahnya. Saking positifnya arti kata cwtch, dunia maya udah makin mempopulerkan kata ini ke seluruh dunia. Eits, tapi jangan salah. Meskipun “intim” banget, pelukan model cwtch gak bersifat seksual, lho. Jadi jangan mikir yang aneh-aneh, ya, netizen~

sumber foto: Veteran Photography/Alamy dari: bbc.com/travel/story/20180624-cwtch-the-hug-invented-by-the-welsh

Jadi, kalau ada orang Wales yang minta cwtch sama orang-orang terdekatnya, di saat itulah berarti mereka bilang, “aku butuh dukungan emosional”. Bahkan, saat mereka lagi ngerantau jauh dari tanah kelahirannya, cwtch yang diberikan oleh orang non-Wales ke orang Wales ngerasa mereka dihargai banget.

Hayo, mau kasih cwtch ke capa niiii?

Baca juga: Gak Nyangka! Ini 7 Kebiasaan Makan Keluarga Kerajaan Inggris yang Aneh

Komentar