18.Sep.2020

Waduk Jatiluhur, Waduk Terbesar yang Wajib Kamu Kunjungi


Waduk Jatiluhur merupakan waduk terbesar yang ada di Indonesia, itu sebabnya kalau kamu berkunjung ke Purwakarta, Waduk Jatiluhur nggak boleh kamu lewatkan. Selain berfungsi sebagai sumber air bagi kehidupan masyarakat, waduk ini juga cocok banget dijadikan destinasi wisata.

0
0
0

 

Pesona Waduk Jatiluhur

√ Waduk Jatiluhur: Misteri, Keindahan & Tiket Masuk

Sumber gambar: https://wisatabagus.com/waduk-jatiluhur/

Waduk yang dibangun sejak 1957 ini awalnya difungsikan untuk membendung air dari Sungai Citarum yang panjang alirannya mencapai 4.500 km2. Dalam proses pembangunannya, 14 desa harus ditenggelamkan dan para penduduk dipindahkan ke daerah-daerah di sekitar waduk. Waduk Jatiluhur memiliki banyak fungsi. Selain sebagai bendungan, Waduk Jatiluhur juga digunakan sebagai pembangkit listrik, sumber irigasi, budidaya air tawar, kebutuhan masyarakat sehari-hari hingga sebagai tujuan wisata yang wajib kamu kunjungi.

 

Istora Resort Jatiluhur (Resort & Café Romantis di Pinggir Danau) – Ridwanderful

Sumber gambar: https://ridwanderful.com/2016/06/20/istora-resort-jatiluhur-resort-cafe-romantis-di-pinggir-danau/

Waduk Jatiluhur ini memiliki panorama yang begitu indah. Kamu bisa menikmati keindahannya dari tiap sudut yang ada di waduk ini. Pesona utamanya yakni pemandangan dengan background perbukitan dan gunung “Tiga Menara”, dijamin kamu akan betah berlama-lama di tempat ini.

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan jika berkunjung ke Waduk Jatiluhur. Mulai dari sekadar menikmati pemandangan di pinggir waduk, memancing, menyewa perahu, bermain wahana air hingga menyantap ikan bakar di rumah makan apung yang ada di tengah waduk. Kamu bisa menyewa perahu untuk menuju ke rumah makan dengan biaya sewa sekitar Rp100 ribuan. Tarif tersebut sudah termasuk biaya antar jemput jadi kamu nggak perlu cari perahu lagi kalau ingin pulang.

 

Cara Menuju Waduk Jatiluhur

Aychoty | Piknik Cantik: WADUK JATILIHUR - CERITA MASA KECIL DAN TENTANG RINDU YANG TEROBATI

Sumber gambar: http://www.piknikcantik.com/2017/04/Waduk-jatiluhur-cerita-masa-kecil.html

Nah, kalau kamu penasaran dan belum pernah datang ke Waduk Jatiluhur, kamu harus segera coba mampir nih kalau lagi ada di Purwakarta. Lokasi waduknya berada di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Untuk menuju waduk ini dengan kendaraan umum, kamu bisa naik angkot 03 yang berwarna merah kuning dari Kota Purwakarta kemudian turun di Pasar Bunder. Setelah itu, kamu bisa lanjut naik angkot 011 yang berwarna merah hitam. Angkot itu akan membawa kamu langsung menuju Waduk Jatiluhur. Tapi kalau kamu membawa mobil pribadi, kamu bisa melalui Tol Cikampek dan keluar di gerbang Tol Jatiluhur menuju pertigaan Pasar Bunder. Dari pertigaan ini kamu lanjut ke arah kanan mengikuti petunjuk hingga sampai ke Waduk Jatiluhur.

Waduk ini buka dari jam 08.00 - 17.00, tapi kalau kamu mau bermalam, di sini juga tersedia berbagai penginapan yang bisa kamu pilih. Alternatif lain kalau kamu ingin melihat indahnya pemandangan Waduk Jatiluhur, kamu juga bisa menikmatinya dari lokasi yang berbeda. Gunung Lembu dan Gunung Parang bisa kamu pilih untuk menikmati pesona Waduk Jatiluhur dari ketinggian.

Komentar