28.Feb.2019

Waduh! 7 Destinasi Cantik Ini Diperkirakan Akan Punah!


Buat kamu yang lagi cari ide traveling terbaru, cobain deh traveling dengan tema doom tourism. Traveling ala doom tourism ini lagi nge-tren, lho! Segala tindakan sehari-hari kita yang menyebabkan polusi dan perubahan iklim menjadi ancaman bagi banyak hal. Termasuk 7 destinasi cantik yang diperkirakan akan punah. Psstt, ada yang di Indonesia, lho!

0
0
0

Maldives

Sumber foto: capellahotels.com/en/capella-maldives

Kepulauan cantik yang letaknya tidak jauh dari Indonesia menjadi salah satu tujuan wisata favorit banyak orang. Tapi kamu tau gak kalo Maldives alias Maladewa ini adalah negara dengan dataran paling rendah di dunia! Yup, kepulauan Maldives hanya beberapa kaki di atas permukaan laut. Ini membuat mereka yang paling rentan terhadap kenaikan permukaan laut yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Pulau Majuli

Sumber foto: pinterest.com/pin/36943659423412579/

Pulau di India ini dikelilingi oleh sungai Brahmaputra, makanya dijuluki sebagai pulau sungai. Dengan alamnya yang masih asri berwarna hijau sampai menarik burung-burung untuk bermigrasi setiap musim dingin, pulau ini juga terkenal tentang biara-biara Vaishanva yang memiliki tradisi dan festival unik. Sayangnya, luas daratan Majuli telah menyusut setiap tahun karena erosi tanah yang disebabkan oleh kuatnya arus sungai.

Laut Mati

Sumber foto: deadsea.com/articles-tips/interesting-facts/why-is-the-dead-sea-called-the-dead-sea/

Sebenarnya Laut Mati adalah sebuah danau dengan air yang lebih asin daripada air laut pada umumnya. Karena sangat asin, orang bisa mengambang dengan sangat mudah di sini. Bukannya berbahaya ya, tapi air di Laut Mati ini emang mengandung mineral penyembuh untuk banyak penyakit. Tapi 40 tahun terakhir, air telah menyusut sepertiga dan perlahan airnya mulai tercampur dengan air tawar.

Gunung Kilimanjaro

Sumber foto: rei.com/adventures/trips/africa/kilimanjaro-climb-marangu.html

Gunung tertinggi di Afrika ini adalah gunung berapi aktif dengan puncaknya yang tertutup es. Gunung ini jadi tempat trekking populer karena puncaknya menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari dataran sekitarnya. Namun, gletsernya menyusut lebih dari 80 persen selama 1 abad terakhir ini dan kemungkinan akan hilang sepenuhnya dalam beberapa dekade mendatang.

The Great Barrier Reef

Sumber foto: sunlover.com.au/post/cairns-snorkelling-guide

Terumbu karang terbesar di dunia ini berada di Australia. Laut dengan air biru kehijauan ini memiliki karang yang merupakan rumah bagi sekitar 1500 varietas ikan termasuk beberapa yang paling menakjubkan di dunia. Sayangnya, 50% terumbu telah hilang dalam 27 tahun terakhir karena pemanasan global dan pemutihan karang. Diperkirakan Great Barrier Reef akan rusak permanen pada tahun 2030.

Pulau Komodo

Sumber foto: egrafis.com/generate/komodo-dragons-fighting-www-pixshark-com-images

Pulau ternama di Nusa Tenggara Timur, Indonesia ini memiliki satwa endemik bernama Komodo. Laut di sekitar pulau ini menjadi tempat menyelam terbaik di dunia. Makanya banyak diserbu oleh wisatawan karena ingin melihat langsung Komodo sekaligus menyelami keindahan bawah laut Indonesia. Meskipun karang di sini masih belum rusak, tetapi menurut para pencinta lingkungan, meningkatnya pengasaman, dan kenaikan suhu dapat membunuh terumbu karang yang menjadi rumah bagi banyak jenis biota laut.

Hutan Hujan Amazon

Sumber foto: adventureswithinreach.com/destination/trip/?trip=3-Day-Amazon-Rainforest

Hutan Hujan Amazon memiliki luas lahan 1,4 miliar hektar sehingga menjadikannya sebagai hutan hujan tropis terbesar di dunia. Hutan hujan ini sangat besar sehingga hampir setengahnya jatuh di Brasil tetapi sisanya tersebar di negara-negara seperti Bolivia, Kolombia, Ekuador, Peru, Venezuela, dan Suriname. Hampir 20% dari spesies burung dunia ditemukan di Amazon. Percaya atau tidak, hutan hujan yang indah ini bisa sepenuhnya menghilang dari muka bumi dalam 50 tahun ke depan. Deforestasi, pemanasan global, pertambangan semuanya berkontribusi dalam mengikisnya.

Duh, sedih ya kalo tempat-tempat cantik ini sampai hilang dari bumi? Ayo kita kunjungi tempat-tempat ini dan lebih bijak lagi yuk dalam menjaga lingkungan agar tidak memperbanyak polusi yang bisa berpengaruh ke banyak hal!

Komentar