Laguna cantik di Brazil
25.Feb.2019

Unik, Laguna Cantik di Brazil Ini Cuma Muncul Setahun Sekali!


Laguna cantik di Brazil ini memang destinasi unik yang bisa masuk bucket list liburanmu. Saat kamu mengunjungi Taman Nasional Lencois Maranhenses yang berada di Timur Laut Brazil di saat musim kemarau, kamu akan melihat hamparan luas padang pasir yang bergulung putih layaknya sprei.

0
0
0

Yup! Brazil memang memiliki bentang alam yang unik. Di timur laut negara tersebut terdapat gurun pasir yang berbeda dari gurun pasir pada umumnya yang identik dengan kawasan tandus dan kering. Gurun pasir bernama Lencois Maranhenses ini malah dipenuhi dengan laguna cantik di Brazil yang memiliki air biru dan jernih.

Laguna cantik di Brazil

Sumber foto: https://leaveyourdailyhell.com/2014/07/05/lencois-maranhenses/

Jika kamu ingin berkunjung datanglah pada bulan Juli hingga September setiap tahunnya, tempat itu akan berubah secara mencolok. Secara ajaib tempat tersebut berubah menjadi oasis berupa laguna-zambrud biru yang nggak terhitung jumlahnya. Tentunya kamu bisa berenang di oasis tersebut sambil menikmati air yang mempunyai suhu hingga 87 derajat Fahrenheit, jadi kamu gak perlu takut kedinginan atau kepanasan.

Membentang seluas 1.000 km persegi dan sudah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu akibat keadaan alam. Laguna cantik di Brazil ini menyimpan banyak keindahan, salah satunya ikan-ikan cantik yang berenang bebas, hutan mangrove, dan pohon palem. Selain itu, laguna-laguna ini memiliki ukuran yang beragam, ada yang ukurannya sangat luas ada juga yang kecil seperti kolam.

Laguna cantik di Brazil

Sumber foto: https://www.mscgerber.com/lencois-maranhenses/

Hmm.. terus kok bisa sih ada air di tengah-tengah gurun itu? Jawabnya air tersebut datang dari langit. Sedikit gak masuk akal sih, ya. Jadi, di Lencois, bulan Januari sampai Juni menjadi puncak tertinggi curah hujan di daerah tersebut, oleh karena itu laguna cantik di Brazil ini akan muncul di bulan setelahnya yakni bulan Juli, dengan kedalaman mencapai 10 kaki.

Sayangnya saat musim kemarau tiba, di bulan September laguna cantik di Brazil ini akan perlahan-lahan kembali mengering dan hilang karena curah hujan yang menipis dan angin kencang. Kolam-kolam itu menghilang dan seolah nggak pernah ada hingga musim hujan selanjutnya. Siklus ini pun akan terus berlangsung setiap tahunnya, oleh karena itu laguna cantik ini cuma muncul dalam kurun waktu 3 bulan saja dalam setahun.

Laguna cantik di Brazil

Sumber foto: https://wallpapercave.com/lencois-maranhenses-national-park-wallpapers

Oleh karena itu, Mister saranin sebaiknya jika kamu akan berlibur ke laguna cantik di Brazil ini datangnya di bulan Januari hingga Juni. Nah, mumpung saat ini di Brazil masuk pada musim hujan, ini waktu yang pas buat kamu untuk berlibur ke gurun ajaib ini. Sebuah tempat yang cukup langka soalnya cuma bisa kamu nikmati 3 bulan dalam setahunnya, menarik, kan!

Laguna cantik di Brazil

Sumber foto: https://www.adventurous-travels.com/posts/lencois-maranhenses-national-park-brazil-where-desert-and-sea-meet

Untuk bisa menikmati laguna cantik di Brazil ini kamu akan membutuhkan usaha lebih dan it’s definitely an adventure. Rute terbaik untuk mencapai taman nasional Lencois adalah dengan terbang ke Sao Luis, lalu dilanjutkan dengan rute darat selama 4 jam menuju kota Barreirinhas. Setelah di sana kamu bisa ikut tur dari beberapa penyedia jasa wisata ke Lencois Maranhenses. Pastikan kamu membawa banyak perbekalan yang cukup ya, karena perjalanan kesana bisa sangat melelahkan. Jangan lupa foto-foto juga ya, untuk mengabadikan momen langka ini. :)

Komentar