10.Jan.2020

Unik! Inilah 4 Penginapan di Indonesia yang Bentuknya seperti Rumah Adat


 

0
0
0

Pernah denger gak kalo ada cukup banyak penginapan di Indonesia yang bentuknya seperti rumah adat? Hal ini menarik banget terutama buat turis asing karena penginapan-penginapan tersebut jadi terlihat unik sehingga banyak wisatawan yang ingin merasakan langsung pengalaman menginap di penginapan tersebut. Lalu dimana kita bisa menemukan penginapan kayak gitu? Langsung aja cek beberapa rekomendasinya di Mister Aladin!

 

1. Sahid Osing Kemiren Hotel & Resort - Banyuwangi

Jalan Jambesari, Desa Kemiren

penginapan sahid osing kemiren

Sumber: misteraladin.com

Sesuai namanya, Sahid Osing Kemiren Hotel & Resort berbentuk seperti rumah adat suku Osing, penduduk asli Banyuwangi. Kekhasan rumah adat suku Osing adalah atapnya yang rendah. Sahid Osing Kemiren Hotel & Resort berlokasi di Desa Kemiren yang merupakan tempat tinggal suku Osing.

Ada dua jenis kamar di sini, yakni kamar bertipe deluxe dan kamar berkonsep vila. Sebagian besar perabot di kamarnya terbuat dari kayu. Ketika masuk ke kamar mandinya, kalian bakal menjumpai dinding batu.

sahid osing kemiren

Sumber: misteraladin.com

Di depan kamar, terdapat taman asri yang ditumbuhi berbagai macam tanaman. Ada pula jalan setapak yang cukup unik. Kenapa unik? Karena jalannya nggak di-paving gitu, tapi dilapisi kayu ulin yang kuat. Nyaman, lah berjalan di atas situ.

 

2. Honai Resort - Gianyar, Bali

Jalan Sri Wedari, Ubud, Gianyar

penginapan honai resort

Sumber: misteraladin.com

Nama resor ini, Honai, diambil dari kata honae yang merupakan sebutan untuk rumah adat masyarakat Papua. Tahu, dong, rumah adatnya yang kayak gimana? Yup, yang bulat dan beratap jerami yang berumbai-rumbai.

Jenis kamar di sini ada dua, yang menghadap kolam renang dan yang menghadap taman. Semuanya keren! Sudut-sudut kamarnya juga oke banget buat dijadikan latar berfoto. Kamar mandinya juga nggak kalah kece. Wastafel dan bathub-nya itu, lho, terbuat dari batu gitu. Unik!

honai resort bali

Sumber: misteraladin.com

Honai Resort menyediakan beragam paket menginap, misalnya healing package yang mencakup yoga dan detoxing, culinary package yang mencakup kelas memasak makanan khas Bali dan workshop tentang kopi, dan adventure package yang mencakup downhill cycling dan rafting. Komplit!

 

3. Villa Campuhan - Karangasem, Bali

Jalan Pura Mashina, Karangasem

penginapan vila campuhan

Sumber: villacampuhanbali.com

Masih dari Bali, inilah Villa Campuhan. Dari foto di atas, ada yang tahu, vila ini berbentuk rumah adat apa? Betulll, rumah adat orang Minang yang disebut rumah gadang. Apa kekhasannya? Tentu saja, atap runcing di bagian ujung yang menyerupai tanduk kerbau.

Kalian pasti betah berlama-lama nginep di Villa Campuhan. Habis, pemandangan di sekitarnya keren banget! Begitu keluar dari kamar, kalian bakal disambut laut lepas, Gunung Agung, dan persawahan yang ijo royo-royo. Ulala, bener-bener memanjakan mata!

vila jasi campuhan

Sumber: misteraladin.com

Bukan cuma pemandangannya yang ulala, desain kamarnya juga nggak kalah ulala. Coba lihat foto di atas, Instagenic banget, kan? Belum lagi, saat nginep di sini, kalian juga berkesempatan menikmati fasilitas spa dan fitness. Puas, deh!

 

Baca juga: 4 Hotel Unik di Semarang yang Nggak Biasa, Bikin Betah dan Ogah Pulang

 

 

4. Mola2 Resort - Lombok

Kawasan wisata Gili Air

mola2 resort gili air

Sumber: mola2resorthotel.com

Kalau dilihat dari lokasinya yang berada di Pulau Lombok, ada yang bisa menebak, Mola2 Resort ini berbentuk seperti rumah adat suku apa? Yup, rumah adat suku Sasak. Seperti yang bisa kalian lihat pada foto di atas, kekhasan rumah adat suku Sasak adalah atapnya yang terbuat dari ilalang.

Ada dua tipe kamar di sini, deluxe suite dan lumbung suite. Kalau ingin merasakan suasana penginapan bergaya modern, kalian bisa pilih deluxe suite. Kalau ingin yang bergaya tradisional ala rumah adat suku Sasak, kalian bisa pilih lumbung suite.

mola mola resort gili air

Sumber: mola2resorthotel.com

Setiap kamar menghadap ke kolam renang dan dilengkapi teras. Khusus kamar bertipe lumbung suite, di sana terdiri dari dua lantai. Lantai pertama untuk kamar mandi dan lantai dua untuk tempat tidur. Mola2 Resort juga menyediakan beragam kegiatan untuk para tamu, seperti snorkeling, yoga, dan memasak.

Nama Mola2 diambil dari Mola mola (nama ilmiah untuk ikan matahari). Bobot ikan ini bisa melebihi bobot satu mobil! Jika seseorang bisa melihat Mola mola saat menyelam, biasanya ia akan memberikan tip kepada pemandu selamnya. Oleh karenanya, ikan ini dikenal sebagai pembawa keberuntungan.

 

Pengen banget, nih, bobo syantik di penginapan atas? Langsung klik nama penginapannya dan jangan lupa, booking-nya di Mister Aladin, ya. Selamat menginap!

Komentar