26.Aug.2015

Tradisi Hombo Batu dari Nias


Mungkin Anda tidak lupa dengan gambar lompat batu yang ada di mata uang Rupiah, karena tradisi yang sudah lama dan semakin tersapu zaman ini diabadikan di mata uang negara kita. Kalau orang mendengar kata Nias, pasti akan terbesit akan budaya lompat batunya. Ya, memang tradisi Hombo Batu ini sangat unik dan memiliki nilai budaya yang tinggi.

0
0
0

mutiara flores_301NTT copy

Pada zaman dahulu, desa-desa di Nias banyak melakukan peperangan. Karena mereka sering berperang antar desa satu dengan lainnya, banyak desa yang memasang pagar batu yang tinggi sebagai pertahanan desa mereka. Karena inilah prajurit-prajurit Nias yang boleh pergi berperang diharuskan berlatih untuk melompati batu yang umumnya memiliki tinggi di atas 2 meter. Ini bertujuan untuk memudahkan para prajurit untuk menyerang desa musuh dan bisa langsung melompati tembok pertahanannya.

Nias Sony Barry Kusuma (18)

Hampir setiap desa adat di Nias mempunyai menara batu yang digunakan untuk sarana latihan lompat ini. Karena dahulu, menara batu digunakan untuk pelatihan militer prajurit dan pemuda Nias. Selain itu, tradisi lompat batu saat ini dilakukan oleh seorang pemuda Nias untuk menunjukan bahwa dirinya sudah pantas dianggap dewasa dan matang secara fisik. Dengan melakukan tradisi ini, mereka akan diakui sebagai lelaki pemberani dan telah memenuhi syarat untuk menikah. Karena saat ini perang adat sudah tidak pernah lagi terjadi, Hombo Batu kini diteruskan sebagai tradisi budaya dan salah satu bentuk ritual upacara, serta simbol budaya masyarakat Nias.

DSC_0537

Komentar