13.May.2020

Tips Puasa Lancar Meski Sedang Perjalanan Jauh


Lebaran sebentar lagi nih, umumnya masyarakat Indonesia akan melakukan kegiatan mudik jelang lebaran. Meski lebaran tahun ini kita dilarang untuk mudik, kita harus tetap jalin silaturahmi secara virtual dengan di rumah aja. Tapi kalau kamu terpaksa harus melakukan perjalanan jauh, seperti perjalanan dinas. Ada tips nih biar puasa kamu tetap lancar.

0
0
0

 

1. Tidur Cukup

5 Cara Agar Dapat Tidur Nyenyak | Metrum

Sumber: https://metrum.co.id/5-cara-agar-dapat-tidur-nyenyak/

Tidur yang cukup menjadi kunci bagaimana tubuh kamu menjalankan aktivitas, terutama di masa pandemi dan bulan ramadan ini. Tubuh memerlukan istirahat yang cukup dari biasanya. Tidur lebih awal menjadi hal wajib kalau esok harinya kamu harus melakukan perjalanan jauh. Kalau tidur kamu sudah cukup, dijamin tubuh kamu akan lebih bugar untuk melakukan perjalanan esok harinya.

 

2. Hindari Makanan Instan

Instant Noodles - Singapore Research NexusSingapore Research Nexus

Sumber: https://www.fas.nus.edu.sg/srn/archives/photos-bank/instant-noodles

Kalau tidur sudah cukup, saatnya bangun sahur dengan makanan yang sehat sebagai bekal energi di perjalanan. Pastikan kamu tidak memakan makanan yang instan terutama instant cup. Penuhi nutrisi dengan memakan buah sebagai pelengkap menu sahur atau pun berbuka. Jika perlu, minumlah vitamin C agar bisa menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan.

 

3. Minum Air Mineral

8 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan | Berbagi Tips Parenting ...

Sumber: https://parenting.orami.co.id/magazine/manfaat-minum-air-putih-bagi-kesehatan/

Perjalanan jauh akan buat kamu lebih cepat dehidrasi apalagi jika cuaca cukup terik. Nah biar nggak gampang haus. Ada baiknya cukupi kebutuhan air saat sahur dan berbuka puasa. Kurang minum air putih juga akan mengurangi daya konsentrasi kamu di jalan. Ini akan berbahaya kalau kamu membawa kendaraan sendiri.

 

4. Mampir Rest Area

Pemudik, ini Daftar 'Rest Area' Tol Trans Jawa dan Aplikasi ...

Sumber: https://www.cermati.com/artikel/pemudik-ini-daftar-rest-area-tol-trans-jawa-dan-aplikasi-pendukung-mudik-jadi-lancar

Kebiasaan dari kita adalah malas untuk menepi dengan alasan “tanggung”. Padahal ini sangat berbahaya jika kita memaksakan diri melanjutkan perjalanan saat berkendara sendiri. Luangkanlah waktu untuk singgah sebentar di Rest Area yang tersedia. Kamu bisa beristirahat sekaligus melakukan peregangan agar tubuh kembali stabil.

Itulah tips sederhana agar puasa kamu tetap lancar meski harus melakukan perjalanan jauh. Ingat ya, kita masih dilarang untuk mudik, jika terpaksa untuk melakukan perjalanan jauh, maka tips ini bisa kamu gunakan. Hati-hati di jalan ya.

Komentar