09.Feb.2021

Tak Perlu ke Luar Negeri, Padang Mangateh juga Luar Biasa


Mau ngerasain suasana padang rumput nggak harus pergi ke New Zealand atau ke Palouse di Amerika Serikat. Indonesia juga punya tempat serupa yang nggak kalah kerennya. Kamu cukup datang ke Payakumbuh. Di sana ada satu tempat bernama Padang Mangateh yang wajib kamu kunjungi.

0
0
0

 

Kerennya Padang Mangateh di Payakumbuh

Sumber gambar: https://www.instagram.com/sumbarholiday_/

Padang Mangateh disebut juga dengan Padang Mengatas. Tempat ini digunakan untuk peternakan masyarakat sekitar. Peternakan itu diberi nama Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang yang sudah berdiri sejak 1916. Itu sebabnya kalau kamu datang ke Padang Mangateh akan melihat banyak sapi ternak.

Meski peternakan sempat ditutup karena peninggalan Belanda, untungnya kembali beroperasi pada 1950. Peternakan ini juga sempat dinobatkan sebagai peternakan terbesar se-Asia Tenggara pada 1955 yang di dalamnya bukan hanya ternak sapi, tapi juga ada kambing, ayam, dan kuda.

Seiring berjalannya waktu, tempat ini bukan hanya dijadikan tempat pembibitan hewan ternak. Tempatnya yang terawat dan sejuk membuat banyak wisatawan datang untuk berkunjung sebagai tempat wisata.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/__supernoxx/

Padang rumput Mangateh ini sangat nyaman untuk dikunjungi. Padang rumputnya yang luas dengan pepohonan yang berjajar rapi di pinggir jalan akan menambah kesejukan tempat ini. Udara di tempat ini pun sangat sejuk karena berada di area ketinggian. Sangat cocok sebagai tempat relaksasi sambil menikmati pemandangan rumput dan pegunungan di kejauhan.

Mulai dari sekadar menikmati pemandangan, berfoto, hingga wisata edukasi bisa kamu lakukan di Padang Mangateh ini. Pemandangan bukit dan pegunungan sangat memanjakan mata. Kamu bisa melihat perbukitan Gunung Hago dari area padang rumput. Bukan hanya itu, pemandangan akan semakin memukau dengan adanya ribuan hewan ternak yang tersebar di padang rumput seluas 280 hektar.

 

Lokasi dan Tiket Masuk Padang Mangateh

Sumber gambar: https://www.instagram.com/fajarvandra_ii/

Bagi kamu yang penasaran dan mau merasakan indahnya padang rumput Mangateh, kamu bisa menuju jalan Padang Mengatas yang ada di Nagari Mungo Kecamatan Luak Kabupaten Lima Puluh Kota. Kalau kamu dari berangkat dari kota Padang, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 136 km, tapi kalau dari kota Payakumbuh, lokasinya tak jauh hanya sekitar 12 km.

Untuk harga tiketnya sendiri, kamu nggak perlu khawatir. Kamu tidak akan dikenakan biaya masuk untuk menikmati indahnya pemandangan Padang Mangateh. Tapi untuk bisa berkunjung, kamu harus memiliki surat izin terlebih dulu dengan mengisi formulir kunjungan secara online di situs resmi BPTUHPT. Jika sudah, kamu bisa menunjukkan bukti izin kepada petugas pos jaga.

Komentar