JPO di Jakarta
09.Jul.2019

Super Keren! Inilah JPO di Jakarta yang Instagramable


JPO di Jakarta kini kian menambah cantik beberapa titik ibu kota. Nggak cuma sekedar Jembatan Penyebrangan Orang. Tapi kini, JPO di Jakarta dirancang dengan apik dan nyaman yang pastinya akan memudahkan para penggunanya untuk menyebrang.

0
0
0

Bentuknya yang artistik, lengkap dengan lampu-lampu cantik, juga deretan gedung-gedung pencakar langit sebagai latar belakangnya, membuat lokasi ini jadi tempat baru yang instagramable banget. Ada lima titik JPO yang direvitalisasi oleh Gubernur DKI Jakarta, yakni Dukuh Atas, Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno (GBK),  Bunderan Senayan, dan Sumarno.

Ke lima JPO di Jakarta ini masing-masing memiliki desain jembatan yang berbeda-beda dan menarik. Tujuannya, agar tatanan kota di Jakarta semakin indah, juga memberikan pengalaman dan kesan baru bagi pejalan kaki, bahkan bisa jadi ikon bagi ibu Kota Indonesia.

Nah, penasaran seperti apa penampakan JPO di Jakarta yang makin keren dan hits ini? Mister jelasin satu per satu ya.

JPO Dukuh Atas

JPO di Jakarta

Sumber foto: https://www.insta9pho.com/u/irwanretzkyawan19

JPO di Jakarta yang pertama adalah JPO Dukuh Atas, JPO ini menghubungkan halte Dukuh Atas sisi timur dan halte Dukuh Atas 2. JPO Dukuh Atas ini dirancang unik dan mencolok. Dari kejauhan pun, kita bisa lihat pijakan kaki masih berupa lempengan besi dilengkapi pegangan besi berwarna hitam. Tak ketinggalan, hiasan artistik berbentuk segi enam bak sarang lebah yang berwarna putih dan abu-abu membuat JPO ini makin keren, apalagi di malam hari. Saat lampu JPO dinyalakan, pola-pola segi enam ini seolah bersinar menyinari jalan  Jendral Sudirman di bawahnya.

Selain itu, JPO ini juga dilengkapi atap yang menutup yang menutupi seluruh jembatan, pejalan kaki bakalan lebih leluasa berjalan tanpa takut kehujanan atau kepanasan oleh teriknya matahari. JPO ini melayani koridor 6 Dukuh Atas – Ragunan dan Koridor 4 Pulogadung – Dukuh Atas. Jangan lupa buat berfoto-foto ria di JPO Dukuh Atas ini, ya! :D

JPO Polda Metro Jaya

JPO di Jakarta

Sumber foto: https://www.gooto.com/foto/71099/solidaritas-lampu-3-jpo-jakarta-berwarna-bendera-selandia-baru

Berbeda dengan desain yang lama, JPO Polda Metro Jaya kini makini kece, lho. Desain JPO Polda Metro Jaya ini dibuat lebih menarik dengan konsep cincin besi yang seolah-olah melapisi kerangka JPO. Dilengkapi fasilitas lampu RGB (Red, Green, Blue) yakni sejenis lampu sorot yang bisa memancarkan tiga warna secara bergantian. JPO ini bakalan nampak lebih indah pada malam hari. Lampu warna-warni yang bergantian menghiasi JPO ini akan terlihat lebih indah. Masyarakat bisa bebas selfie di JPO artistik keren ini gratis, tanpa perlu bayar.

JPO Gelora Bung Karno (GBK)

JPO di Jakarta

Sumber foto: https://www.medcom.id/foto/news/aNrqzV2K-jpo-artistik-gelora-bung-karno-siap-digunakan

JPO di Jakarta selanjutnya masih di kawasan Jenderal Sudirman, yaipu JPO Gelora Bung Karno (GBK). Jembatan ini dibangun dengan desain yang gak kalah keren. Menggunakan ornamen berbentuk kotak putih yang dipasang spiral. Fasilitas umum ini terlihat futuristik dan dinamis dari jauh. JPO GBK ini menggunakan atap transparan, lantai yang terbuat dari kayu dan pegangan kanan kiri berupa besi yang memberikan kesan mewah.

JPO GBK makin keren kalo dilihat malam hari karena lampu akan menyala warna-warni dan makin memperindah desainnya. JPO GBK juga jadi JPO paling favorit bagi warga Jakarta. Hampir tiap akhir pekan JPO ini selalu ramai oleh para muda-mudi yang ingin berswafoto dengan latar belakang JPO GBK yang artsy. Media sosial kamu pastinya bakal makin update dengan foto di JPO kekenian yang lagi hits ini.

JPO Bunderan Senayan

JPO di Jakarta

Sumber foto: https://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1619585&page=519

JPO di Jakarta yang lagi hits berikutnya adalah JPO Bunderan Senayan. JPO ini dirancang dengan bahan kayu komposit dengan landasan datar. Landasan datar inilah yang memudahkan para penyandang disabilitas untuk menggunakan JPO tersebut. Membentang sepanjang 68 meter, jembatan ini dibuat dengan desain yang begitu artistik.

Dari kejauhan JPO ini terlihat mencolok dengan kerangka jembatan berwarna putih dan berbentuk kotak memanjang. Lorong jembatannya dilengkapi lampu-lampu temaram untuk memudahkan pejalan melintas pada malam hari. Pejalan kaki pun bisa menikmati pemandangan langit Jakarta dan gedung perkantoran di sekitarnya karena atap JPO dibuat transparan. Menariknya, JPO ini memiliki lift yang sepenuhnya terintegrasi dengan halte bus Transjakarta dan MRT. Keren banget, kan!

JPO Sumarno

JPO di Jakarta

Sumber foto: http://www.twipu.com/binamargajaktim/tweet/1075767651618586626

JPO di Jakarta yang instagramable banget berikutnya adalah JPO Sumarno yang terletak di Penggilingan, Jakarta Timur tepatnya di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur. JPO ini sudah mulai dibuka untuk umum pada bulan Desember 2018. Gak kalah keren dari JPO di atas, JPO ini didesain dengan menggabungkan gaya modern serta lokal khas Betawi. Bagian atapnya sengaja dibentuk bergelombang dan nampak futuristik.

Lampu warna-warni pada JPO ini akan menyala di malam hari dan lebih indah jika dilihat dari kejauhan. Selain desainnya yang artistik, JPO ini dilengkapi lift yang berguna untuk memudahkan lansia, ibu hamil serta penyandang disabilitas saat akan menyebarang jalan. Pengguna kursi roda dan pejalan kaki pun dapat berjalan dengan lebih nyaman di sini.

Itu tadi beberapa JPO di Jakarta yang hits dan instragramable. Jadi, dari keempat JPO di Jakarta tersebut, mana yang menurutmu paling eyecathing?

Komentar