10.Aug.2020

Situ Cileunca, Landscape Luar Biasa di Pangalengan, Bandung


Ngomongin Bandung nggak akan ada habisnya, apalagi kalau ngomongin tempat-tempat kece yang ada di kota ini. Dikasih waktu sebulan pun kamu masih kurang untuk jelajahi tempatnya. Kali ini Mister akan kasih tahu satu tempat kece yang wajib kamu datangi, namanya Situ Cileunca.

0
0
0

 

Morning Lake | Lake Cileunca in Pangalengan, Bandung Selatan… | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/35752838853

Situ Cileunca adalah waduk yang awalnya difungsikan untuk perairan dan pembangkit listrik. Namun sekarang ini banyak orang datang untuk menikmati indahnya pemandangan di waduk ini. Letaknya berada di ketinggian 1.500 Mdpl membuat tempat ini semakin istimewa karena udaranya yang sejuk dengan pemandangan pegunungan yang begitu asri. 

Memiliki luas hingga 1.400 hektar dengan kedalaman mencapai 17 meter, Situ Cileunca ini menyimpan keseruan di dalamnya. Kamu dijamin tidak akan pernah bosan untuk berlama-lama di tempat ini. Soalnya, ada berbagai cara untuk menikmati indahnya Situ Cileunca.

 

Lokasi Wisata Danau Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Sumber gambar: https://tourbandung.id/situ-cileunca-pangalengan-bandung/

Saat kamu sampai ke Situ Cileunca, kamu akan melihat beberapa perahu bersandar di tepi danau. Perahu itu bisa kamu sewa kalau kamu penasaran dengan tiap sudut di Situ Cileunca ini. Kamu bisa berkeliling Situ Cileunca dengan perahu bebek atau perahu motor yang tersedia. Kalau mau bersantai dan menikmati Situ Cileunca lebih lama, kamu bisa berkemah di pinggir danau. Hanya saja, kamu harus membawa perlengkapan sendiri karena belum ada penyewaan alat kemah di sana.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/sandiwahyudi97

Kalau kamu mau menikmati Situ Cileunca dengan cara yang lebih ekstrim, kamu bisa coba rafting di aliran sungai Palayangan yang airnya bersumber dari Situ Cileunca. Tentunya akan sangat menyenangkan bisa seru-seruan bareng temen sambil mengarungi aliran sungai. Tapi kalau kamu datang dengan pujaan hati dan mau menikmati dengan cara yang lebih romantis, kamu bisa ajak dia berjalan di Jembatan Cinta yang ada di Situ Cileunca. Jembatan ini penghubung antara Desa Pulosari dan Desa Wanasari yang dipisahkan oleh Situ Cileunca. Untuk sesi foto, jembatan ini menjadi spot favorit para pengunjung. Jadi kalau bisa tunggu saat jembatannya sepi ya biar hasil fotonya semakin bagus.

 

Fun Rafting in River Palayangan South Bandung, Holiday With Us!

Sumber gambar: https://dirgantaracarrental.com/fun-rafting-river-palayangan-south-bandung/

Situ Cileunca ini berada di Jalan Situ Cileunca, Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Untuk sampai ke Situ Cileunca ini kamu bisa menuju ke arah Pangalengan kemudian ikuti arah rute menuju DAM Pulo. Dari sana kamu akan melihat gerbang masuk menuju Situ Cileunca. Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Bandung, kamu bisa menempuh jarak 59 km. Untuk biaya tiket masuk, kamu akan dikenakan tarif Rp2.500/orang, sewa perahu sebesar Rp75.000 untuk 10 orang,  dan untuk rafting dikenakan tarif mulai Rp150.000. Jadi, tunggu apalagi, yuk main-main ke Situ Cileunca!

Komentar