26.Jun.2018

Serba-serbi Kapal Pesiar yang Harus Kamu Ketahui


Tak bisa dipungkiri jika hobi traveling telah menjadi gaya hidup bahkan kebutuhan masyarakat masa kini. Bukan hanya destinasi lokal, plesiran ke luar negeri pun menjadi favorit.

0
0
0

Jika biasanya traveling identik dengan menggunakan pesawat, kereta api, atau mobil, kini yang sedang menjadi tren adalah traveling dengan kapal pesiar. Yup, berlayar di tengah lautan untuk menuju tempat wisata yang ingin dikunjungi sambil menikmati fasilitas mewah di dalam kapal sedang digandrungi para traveler Indonesia. Nah, buat Aladiners yang kepo seperti apa sih traveling dengan kapal pesiar itu? Mister sudah merangkumnya di bawah ini.

1. Apa Itu Traveling dengan Kapal Pesiar?

sumber foto: ngopibareng.id

Kamu tau film Titanic? Film romantis yang diperankan oleh Leonardo diCaprio dan Kate Winslet itu mengambil latar kejadian nyata dari tragedi yang menimpa sebuah kapal pesiar mewah yang tenggelam dalam pelayaran perdananya. Seperti itulah gambaran kapal pesiar yang kini menjadi tren di kalangan traveler.

Kapal pesiar adalah sebuah kapal penumpang yang digunakan untuk berwisata. Bedanya dari kapal-kapal transportasi lain, kapal pesiar gak cuma jadi moda transportasi, tapi juga punya beragam fasilitas yang berfungsi untuk membuat para penumpangnya bersenang-senang menikmati perjalanan yang cukup lama.

Biasanya, kapal pesiar akan berangkat dari pelabuhan asal, kemudian menjelajah ke pelabuhan-pelabuhan yang telah ditentukan, lalu kembali lagi ke pelabuhan asal. Memakan waktu lebih dari 1 hari bagi kapal pesiar untuk berlayar dan dalam setiap pelayaran, kamu akan melewati beberapa negara atau wilayah sekaligus.

2. Jenis-jenis Kapal Pesiar

Menurut studi Cruise Lines International Association, ada sekitar 26 juta penumpang dari seluruh dunia yang plesiran dengan kapal pesiar sepanjang 2017. Untuk rentang usia, peminat kapal pesiar biasanya orang dengan usia matang, mulai dari usia 50 hingga 74 tahun. Kenapa usia penumpang kapal pesiar menginjak usia yang matang? Karena harga tiket kapal pesiar itu gak murah! Kamu butuh mengeluarkan kocek mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah.

sumber foto: wikipedia.org

Contoh kapal pesiar mewah adalah MS Allure of the Seas. Kapal ini hanya dapat menampung 1385 penumpang dengan tinggi 72 meter dan panjang 360 meter. Fasilitas yang tersedia jangan diragukan, karena super mewah! Soal harga juga jangan ditanya, kamu perlu merogoh kocek cukup dalam.

Kapal pesiar menengah seperti MS Liberty of the Seas. Kapal ini dapat menampung 3634 penumpang dengan panjang 338.9 meter dan bobot mati 154.407 Ton!

sumber foto: placesyoullsee.com

Buat kamu yang ingin coba naik kapal pesiar dengan budget terbatas, ukuran kapal menjadi pengaruh. Semakin kecil sebuah kapal pesiar, maka semakin mahal biayanya karena kapal tersebut menjadi eksklusif. Tapi,  semakin besar kapalnya belum tentu murah, karena muatan barang juga makin banyak dan mengorbankan aspek kemewahan seperti pelayanan, kebersihan bahkan ketepatan waktu. Jadi kamu harus rajin-rajin mencari informasi untuk mendapatkan kapal pesiar yang bagus dengan harga yang sesuai budget kamu! Psst, biasanya kamu akan dapat harga super murah kalo pesan dari jauh-jauh hari, lho!

3. Fasilitas-fasilitas di Kapal Pesiar

Pasti penasaran dong, fasilitas apa saja yang ditawarkan di dalam kapal pesiar? Kapal pesiar memang dirancang sebagai alat transporatsi yang merangkap hotel yang tengah berlayar di tengah laut. Kamar yang ada di kapal pesiar, ada yang menghadap langsung ke laut. Selayaknya di hotel, di dalam kamar dilengkapi toilet, TV, sofa, lemari pakaian dan dua tempat tidur dan juga mini bar.

sumber foto: travelphant.com

Di luar kamar, ada juga bar dan restoran yang menyajikan masakan dari para chef ahli ternama. Selain itu ada juga kolam renang, jacuzzi, live music, karaoke, dan fitness center. Sedangkan untuk spa dan massage, biasanya penumpang dikenakan biaya tambahan.

4. Butuh Paspor dan Visa?

Berlayar dengan kapal pesiar tentu akan membawamu ke beberapa negara atau wilayah sekaligus. Lantas, untuk kamu yang ingin turun agar bisa berbelanja atau sekedar berfoto-foto di suatu negara, perlu paspor dan visa?

Jawabannya, yap tetap butuh paspor dan visa! Proses pengecekan paspor dan visa mungkin tidak seketat dan sesering perjalanan lintas negara menggunakan mobil, kereta, atau pesawat. Tapi proses imigrasi tetap berjalan seperti biasa dan paspor serta visa akan dibutuhkan. Jadi kamu tetap butuh bawa paspor dan berkonsultasi mengenai kebutuhan visa pada operator kapal pesiar yang kamu pilih.

5. Worth it Gak Sih, Naik Kapal Pesiar?

Setelah berkenalan dengan apa itu kapal pesiar, jenis dan harga tiketnya serta fasilitasnya hingga perlengkapan identitas diri seperti paspor dan visa, pasti kamu menjadi tertarik untuk naik kapal pesiar. Tapi sebenarnya worth it gak sih?

Jika kamu mencari sensasi yang berbeda saat traveling dengan lebih banyak menikmati pemandangan laut yang cantik, menginginkan kenyamanan selama berada di perjalanan, dan bepergian sekaligus ke berbagai negara dalam satu kali perjalanan, traveling dengan kapal pesiar bisa menjadi pilihan yang tepat! Soal harga, pasti sebanding kok dengan yang kamu dapat.

Komentar