06.Nov.2018

Semungil Vatikan, Ini Dia Negara Terkecil di Dunia yang Gak Kamu Ketahui


Selama ini, kita tahu kalau Vatikan adalah negara terkecil di dunia yang letaknya ada di dalam Roma, Italia. Namun, tahukah kamu ternyata Vatikan bukan satu-satunya negara super mini?

0
0
0

Agak geser beberapa ribu kilometer, ada negara bernama Lithuania yang punya Ibukota bernama Vilnius. Nah, di dalem Vilnius, berdiri satu negara Republik seluas 1 km persegi bernama Užupis.

Eits, jangan salah. Ini bukan negara main-mainan atau khayalan. Užupis punya presiden, struktur pemerintahan, konstitusi, mata uang, bahkan angkatan bersenjata sendiri, lho! Tapi tenang aja, berhubung negaranya kecil banget, tentara Užupis pun cuma berupa angkatan laut yang terdiri dari 4 perahu kecil. Ada juga angkatan darat yang terdiri dari 10 tentara. Fungsinya bukan buat perang, melainkan sekadar buat upacara kenegaraan.

sumber foto: lonelyplanet.com/lithuania/vilnius/travel-tips-and-articles/creativity-cuisine-and-a-constitution-exploring-vilnius-bohemian-uzupis-district

Awal mula Užupis jadi negara sendiri sebenernya agak lucu. Jadi, setelah Uni Soviet runtuh di tahun 1990an, ada banyak alas tiang bekas patung-patung ikon Soviet yang gak terpakai di Vilnius. Daripada nganggur, akhirnya sekelompok seniman lokal mendirikan patung ikon rock Amerika Serikat, yaitu Frank Zappa (apa hubungannya, coba?)

Meskipun terkesan gak nyambung, seniman-seniman ini melihat si musisi sebagai lambang kebebasan dan demokrasi. Akhirnya, di tanggal 1 April 1997 alias hari April Mop, warga setempat malah menyatakan permukiman mereka jadi negara terpisah dari Lithuania dengan nama Užupis.

sumber foto: lonelyplanet.com/lithuania/vilnius/travel-tips-and-articles/creativity-cuisine-and-a-constitution-exploring-vilnius-bohemian-uzupis-district

Terus, dari mana asal nama Užupis? Nama yang berarti “di seberang sungai” ini dipilih karena wilayahnya terpisahkan oleh Sungai Vilnele. 1 April dipilih jadi Hari Kemerdekaan dan di hari ini para traveler bisa dapet cap di paspor mereka, pakai mata uang setempat, dan minum bir sepuasnya.

Sebagaimana negara lainnya, Užupis juga punya bendera. Ada gambar “Tangan Suci” berupa tangan berwarna biru yang berlubang di tengahnya. Gambar ini punya arti bahwa orang-orang Užupis gak menyembunyikan apa pun di tangannya, jadi mereka gak bisa terima suap, gak bisa mencurangi orang lain, dan sebagainya.

sumber foto: lonelyplanet.com/lithuania/vilnius/travel-tips-and-articles/creativity-cuisine-and-a-constitution-exploring-vilnius-bohemian-uzupis-district

Užupis yang sekarang beda banget sama yang dulu. Sekarang, orang-orang bisa lebih santai. Everyone can meet anyone. Jangan heran kalau kamu bisa duduk bareng walikota, pebasket, atau artis terkenal. Mereka “kabur” ke Užupis untuk menikmati liburan sejenak dari kehidupan sehari-hari. Nah, sedangkan waktu masih jaman Uni Soviet dan segala konfliknya, Užupis adalah daerah berbahaya, bahkan sampai dinamain “Jalan Kematian”. Selain kriminalitas yang tinggi, Užupis juga merupakan daerah penghormatan untuk kaum Yahudi yang dibantai waktu Holocaust.

Negara terkecil yang satu ini kayaknya perpaduan sempurna hal-hal nyeleneh dan serius. Selain ngerayain kemerdekaan di hari April Mop dan dulunya daerah berbahaya, Užupis juga punya cara unik buat bikin undang-undang. Jadi, dulu setelah dinyatakan merdeka, Presiden Užupis yang bernama Romas Lileikis dan Čepaitis menyusun undang-undang negara. Isinya pun beragam, mulai dari setiap orang berhak atas sumber air panas, setiap orang punya hak untuk tidak mengerti apa apa, hingga setiap anjing punya hak menjadi anjing! Selain itu, berhubung Lileikis suka kucing, dia nambahin poin: “Seekor kucing tidak diharuskan mencintai pemiliknya, tapi diwajibkan menolong saat dibutuhkan.” Lucu, ya!

Baca juga: Apa Rasanya Tinggal di Monowi, Kota Paling Sepi di Dunia?

Komentar