22.May.2017

Selain Raja Ampat, Ini 6 Tempat yang Wajib Kamu Datengin di Papua


"Liburan ke Papua, yuk!"

0
0
0

Kalau diajak begitu, kebanyakan orang pasti bakal bilang "mahal!" atau "emang ada yang lebih keren lagi selain Raja Ampat?" Wajar, sih, soalnya transportasi ke sana masih terbatas banget, jadi masih banyak tempat yang belum dieksplorasi. Nah, kalau kamu masukin Papua ke dalam daftar destinasi liburan kamu, gak ada salahnya baca contekan dari Mister dulu. Biar kamu makin tahu betapa cantiknya provinsi yang satu ini!

1. Lembah Baliem

sumber foto: superadventure.co.id

Tempat ini terletak di lembah pegunungan Jayawijaya di ketinggian 1.600 meter dpl. Selain jadi tempat tinggal suku Dani, suku Yali, dan suku Lani, lembah ini dikenal dengan perbedaan iklimnya yang ekstrem di siang dan malem hari. Di bulan Agustus, di sini selalu digelar Festival Lembah Baliem tiap tahunnya. Dalam festival ini, bakal ada pertunjukan yang nyeritain tentang perang antar ketiga suku yang udah disebutin tadi. Pertunjukan ini katanya sih melambangkan kesejahteraan mereka juga. Nah, kalau kamu pengin ngeliat langsung pertunjukan budaya paling indah di bentang alam paling menakjubkan, Lembah Baliem jawabannya!

2. Danau Sentani

sumber foto: indonesiana.co.id

Ternyata, danau yang satu ini merupakan danau terluas di Papua, lho. Danau seluas lebih dari 9.000 hektar ini berjarak 50 km dari kota Jayapura. Selain jadi rumah buat beragam spesies ikan air tawar, danau ini juga jadi lokasi Festival Danau Sentani tiap tahunnya. Buat kamu yang suka sama hal-hal berbau budaya, kamu wajib nonton festival yang diadain di bulan Juni ini. Bakal ada beragam atrasi dari suku-suku di Papua, tarian tradisional, dan masih banyak lagi. Seru!

3. Pantai Bosnik

sumber foto: mytravelingphotograph.blogspot.co.id

Kata siapa di Papua gak bisa leyeh-leyeh cantik di tepi pantai? Gak perlu jago diving kok buat menikmati alam Papua! Kalau kamu ke Pantai Bosnik yang berjarak 15 km dari kota Biak Timur, kamu bakal nemuin pantai dengan pasir putih dan air luar biasa bening. Belum lagi ada deretan pohon kelapa yang bikin kamu makin males pulang. Pengin berenang? Jangan lupa bawa kacamata renang, ya. Terumbu karangnya terlalu cantik buat dicuekin! Selain itu, Jangan lupa bawa makanan dan minuman buat piknik. Soalnya, di sini agak susah nemuin pedagang makanan, cuma ada beberapa penjual kelapa muda. Yaaa, ada juga yang jual ikan bakar, sih, di pasar terdekat. Lumayan juga buat ngisi perut.

4. Desa Wisata Sauwandarek

sumber foto: wisatadirektori.com

Siapa bilang tempat wisata di Papua cuma fokus di alamnya aja? Kamu juga bisa berinteraksi langsung sama suku-suku asli di sana, lho. Kalau kamu mau menyapa mereka sambil belanja oleh-oleh khas Papua, mampirlah ke Desa Wisata Sauwandarek. Di sini banyak jenis topi dan tas dari pandan laut buatan mama-mama Papua. Selain itu, desa yang dihuni 48 keluarga dengan deretan rumah beratap jeraminya ini juga punya Danau Yenawyau. Ini adalah danau air asin di bagian belakang desa ini punya dunia bawah laut yang menakjubkan!

5. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

sumber foto: hoteldanwisata.com

Selain di Ujung Kulon dan Baluran, rupanya di Papua juga ada taman nasional yang gak kalah cantiknya, yaitu Taman Nasional Teluk Cenderawasih! Berlokasi di antara dua kabupaten, yaitu Wondama dan Nabire, taman nasional ini lebih banyak airnya daripada daratannya. Yap, buat menikmati kecantikannya, cara paling oke adalah dengan diving atau snorkeling. Di sini ada ratusan terumbu karang, 200 jenis moluska, reptil, burung-burung, dan masih ada ratusan jenis hewan darat lainnya. Selain main air, kamu juga bisa island hopping ke pulau-pulau kecil yang ada di sini, seperti Pulau Mioswar, Pulau Yoop dan Pulau Numfor.

6. Taman Nasional Lorentz

sumber foto: travelingyuk.com

Ini di Swiss? Himalaya? Bukan! Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri kalau mau lihat salju. Taman Nasional Lorentz ini punya banyak predikat tingkat dunia, mulai dari situs warisan dunia dengan ekosistem terlengkap di area Asia Pasifik, tempat dengan jenis vegetasi terbanyak di dunia, dan masih banyak lagi. Mulai dari puncak Gunung Jayawijaya yang bersalju, hutan yang masih belum terjamah, sungai bawah tanah, hingga pesisir pantai yang bening, semua ada di sini. Selain itu, flora dan fauna di tempat ini juga LUAR BIASA banyaknya. Mulai dari puluhan spesies mamalia langka, ribuan spesies ikan, 55 spesies burung (termasuk Cendrawasih), dan masih banyak lagi. Singkatnya, main ke tempat ini serasa main ke belasan tempat wisata yang berbeda sekaligus!

Komentar