10.Dec.2018

Selain Jepang, Indonesia Juga Punya Selokan Bersih lho!


Beberapa tahun yang lalu, foto-foto selokan di Jepang membuat gempar dunia maya. Soalnya, dalam foto-foto yang beredar, selokan di Jepang memiliki air yang sangat jernih. Nggak cuma itu, saking jernihnya, di selokan itu hidup banyak ikan koi yang besar-besar. Semua orang yang melihatnya tentu berdecak kagum. Warga Jepang memang sangat disiplin dalam banyak hal, termasuk menjaga kebersihan.

0
0
0

Rahasia dibalik jernihnya air selokan itu adalah sistem pengolahan linbah yang sangat baik. Yup, di Jepang, air limbah rumah tangga memiliki saluran khusus melalui pipa-pipa yang berada di bawah selokan yang tertutup.

Sumber foto: youtube.com/watch?v=6u13Oowye-Q

Rupanya, air selokan jernih bukan cuma ada di Jepang. Beberapa bulan belakangan ini, kabar bahagia tersebut datang dari Indonesia. Seorang pensiunan pegawai bank swasta di Klaten bernama Joko Sucipto juga menciptakan selokan jernih di depan rumahnya!

Sumber foto: cn.tokyocreative.com/travel

Berbeda dengan selokan di Jepang, air jernih yang ada di selokan depan rumah Joko berasal dari mata air alami yang menjamur di Klaten, seperti Umbul Ponggok dan Umbul Manten. Karena itulah Joko tidak perlu memisahkan air limbah rumah tangganya.

Sumber foto: instagram.com/soloindonesia

Meskipun mendapat air jernih lebih mudah untuk selokannya, Joko harus berjuang cukup lama untuk berhasil membudidayakan ikan di selokan itu. Perjuangannya dari tahun 1990-an, akhirnya membuahkan hasil mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke Klaten dan menjadikan selokan depan rumahnya menjadi salah satu tempat wisata.

Ada banyak jenis ikan yang telah berhasil dibudidayakan oleh Joko, mulai dari ikan koi, gurame, sampai ikan nila. Joko membuat pembatas di kedua sisi selokannya agar ikan-ikan budidayanya bisa terjaga dan nggak kabur dengan menggunakan kawat tipis. Meskipun berada di selokan, warga sekitar pun nggak ada yang mengambil ikan-ikan budidayanya. Justru banyak yang terinspirasi untuk melakukan hal yang sama. Apa Aladiners juga tertarik untuk membuat selokan serupa?

Komentar