26.Feb.2020

Selain Bakwan, Ini 4 Makanan Khas Pontianak yang Wajib Dicoba


Makanan khas Pontianak kembali ramai setelah akun twitter drhaltekehalte merekomendasikan salah satu makanan khas Kota Khatulistiwa, yakni Bakwan Pontianak. Beda dari bakwan pada umumnya, bakwan ini berisi udang rebon yang dicampur dengan daun kucai. Nah, daun kucai inilah yang menjadi kunci enaknya. Bakwan ini sangat pas dimakan dengan sambal asam manis yang juga khas dari Pontianak. Tapi selain bakwan Pontianak, ada juga loh makanan yang nggak kalah enak dari Pontianak.

1
0
0

 

1. Choi Pan

Hasil gambar untuk choi pan

Sumber: https://www.qraved.com/journal/editors-pick/5-choi-pan-pontianak-paling-sedap-di-jakarta

Makanan khas Tionghoa ini jadi makanan yang sangat digemari di Pontianak. Bentuknya yang seperti pastel ini terbuat dari tepung beras dan sagu. Sementara di dalamnya berisi irisan bengkoang, kacang, rebung, talas dan juga kucai. Jajanin ini juga akan lebih nikmat kalau dimakan dengan saus khasnya. Kamu yang ada di Jakarta, nggak akan kesusahan buat nyari dimana yang jual Choi Pan. Kamu bisa datang ke Choi Pan Manie di Tambora, King Sago di Green Ville, atau kalau kamu mau yang versi goreng, kamu bisa datang ke Choi Pan Goreng Pontianak yang ada di Loksem Pangeran Jayakarta. Harganya bervariasi, mulai dari Rp2.000/pcs sampai Rp3.500/pcs.

 

2. Pengkang

Hasil gambar untuk pengkang

Sumber: https://merahputih.com/post/read/pengkang-lemper-ala-kalimantan-barat-super-enak

Kalau dilihat dari bentuknya, Pengkang memang mirip dengan nasi bakar, pepes, atau pun lemper. Tapi, makanan ini sebenarnya adalah beras ketan yang berisi ebi lalu dibungkus daun pisang dan dibakar. Pengkang akan lebih nikmat kalau dimakan sewaktu hangat dengan sambal kepah atau sambal kering. Makanan ini mudah kamu dapatkan kalau berkunjung ke bagian pesisir Pontianak. Tapi kalau kamu lagi di Jakarta dan mau coba, kamu bisa datang ke daerah Pangeran Jayakarta. Lokasinya ada di samping Bakmi Kepiting Ahok. Harnya hanya Rp5.000/pcs.

 

3. Lek Tau Suan

dessert_pontianak.jpg

Sumber: https://www.harrishotels.com/en-US/articles/liburan_di_pontianak_wajib_cicipi_dessert_ini

Butuh yang berkuah dan menyegarkan? Pontianak punya Lek Tau Suan nih untuk dicoba. Makanan ini terbuat dari kacang hijau dengan kuah kental dicampur tepung tapioka. Lek Tau Suan disajikan dengan potongan cakwe di atasnya. Kalau kamu ingin mendapatkan kenikmatannya, kamu harus makan Lek Tau Suan ketika hangat. Kalau kamu warga Jakarta yang mau cicipi nikmatnya Lek Tau Suan, kamu bisa datang ke Spice Baso Ikan Sunter yang ada di Jl. Paradise Raya Blok K No. 31 - 32. Satu porsinya seharaga Rp15.000,-.

 

4. Jorong-Jorong

Sumber: http://www.daengpajoka.com/2018/10/30-macam-kue-tradisional-kota-pontianak-manakah-favoritmu.html

Ingat tukang kolak yang nongol kalau bulan puasa? Jorong-jorong pun sama. Makanan khas Pontianak yang satu ini cuma bisa kamu temui saat bulan puasa. Bahkan, kabarnya nggak semua orang bisa buat kue yang satu ini. Jorong-jorong merupakan kue basah yang terbuat dari tepung beras dan santan murni. Makanan ini dicetak pakai daun pisang, kemudian dimakan dengan tambahan gula merah cair.

Itulah dia beberapa makanan khas Pontianak yang harus kamu coba. Kalau kamu bosan makan di Jakarta dan mau coba makan langsung di tempat asalnya tapi bingung gimana caranya biar bisa ke Pontianak, Mister Aladin siap jadi teman travelmu.

Komentar