24.Oct.2019

Mulanya Tempat Belajar, Kini Sekolah Tat Tak Jadi Bangunan Seram


Derap langkah kaki. Suara jeritan. Penampakan sosok wanita. Pengunjung yang tiba-tiba kesurupan. Hal-hal semacam itu bisa kalian dengar dan lihat di Sekolah Tat Tak di Hong Kong. Puluhan tahun berhenti beroperasi, sekolah tersebut jadi bangunan terbengkalai. Yang namanya bangunan terbengkalai dan tak berpenghuni, lama-kelamaan bisa jadi sarang hantu.

0
0
0

Sekolah Tat Tak berdiri sejak 1931. Lokasinya di daerah Ping Shan. Selama masih dijadikan tempat belajar dan mengajar, Tat Tak menempati dua gedung. Gedung pertama ditempati pada 1931—1961. Selepas itu sampai ditutup sampai 1998, Tat Tak pindah ke gedung kedua.

Bagaimana keadaan Sekolah Tat Tak setelah berhenti beroperasi? Tumbuhan merambat menutupi gedung, kaca-kaca jendela hancur, cat dinding terkelupas, patung di dalamnya nampak kusam, daun berguguran memenuhi lantai. Intinya, Tak Tak jadi bangunan terbengkalai.

Bangunan terbengkalai tetap punya pesona bagi wisatawan. Terbukti, ada saja orang yang rela datang ke Sekolah Tat Tak, karena penasaran dengan rumor penampakan hantu di sekolah tersebut. Mereka ingin membuktikan apakah penampakan itu benar ada atau tidak.

Sumber: https://hypebeast.com/2016/10/this-week-most-instagram-worthy-abandoned-places

Cukup pemberani juga, ya, mereka. Sudah tahu itu tempat berhantu, tapi masih mau datang ke sana. Nyalinya bener-bener gedhe, euy. Lantas, apakah orang-orang yang datang ke Sekolah Tat Tak benar-benar melihat hantu? Ada yang melihat, ada yang tidak.

Pernah ada satu kelompok -terdiri dari perempuan dan laki-laki- yang mengalami kejadian horor saat berada di Tat Tak. Salah seorang anggota kelompok tersebut melihat penampakan wanita bergaun merah di dekat batu nisan. Sekolah Tat Tak memang dekat dengan kuburan.

Sontak, ia ketakutan dan segera memberi tahu teman-temannya. Mereka pun lari tunggang-langgang sejauh mungkin. Merasa sudah berada dalam jarak aman, mereka berhenti sejenak untuk mengambil napas. Tiba-tiba, anggota kelompok yang melihat penampakan tadi menjerit gak karuan.

Sumber: https://hypebeast.com/2016/10/this-week-most-instagram-worthy-abandoned-places

Gak cuma menjerit, tindakannya juga tak terkontrol. Bayangkan, dia sampai mencekik lehernya! Melihat temannya bertingkah aneh seperti itu, salah seorang anggota lain menolongnya. Namun, siapa sangka, si penolong itu malah digigit tangannya.

Kok, bisa, ya, ada penampakan wanita bergaun merah? Dengar-dengar, pernah ada seorang wanita yang bunuh diri dengan cara gantung diri di toilet di sekolah Tat Tak. Ketika itu, si wanita mengenakan gaun merah. Rumor penampakan wanita bergaun merah memang sangat santer di Tat Tak.

Selain melihat penampakan, pernah juga ada pengunjung yang mendengar jeritan dan derap langkah kaki. Jeritan dan derap langkah kaki itu bersumber dari arwah orang-orang yang dimakamkan di dekat sekolah. Kuburan tersebut berisi jasad orang-orang yang menjadi korban kala Inggris dan Jepang menjajah Hong Kong.

Sumber: https://www.facebook.com/hongkongculturalterritory/

Dalam penjajahan tentu ada perjuangan. Demikian pula yang dilakukan warga Hong Kong kala dua bangsa asing ingin merebut tanah tempat tinggal mereka. Timbullah perlawanan dari warga Hong Kong terhadap pasukan tentara Inggris dan Jepang.

Perlawanan tentu memakan korban. Warga Hong Kong yang meninggal dimakamkan di bukit yang letaknya bersebelahan dengan Sekolah Tat Tak. Lokasi makam yang berdekatan itulah yang mungkin membuat arwah-arwah menghantui pengunjung Sekolah Tat Tak.

Sumber: https://www.facebook.com/hongkongculturalterritory/

Kejadian mengerikan berikutnya dialami oleh guru yang mengajar di Tat Tak. Pernah ada guru yang akan bermain paintball di halaman sekolah. Sebelum mulai bermain, ia melihat seseorang berbaju putih di pojokan. Penasaran, ia menghampirinya. Ketika ia sudah dekat, tiba-tiba, sosok berbaju putih itu menghilang begitu saja. Nah, lho?

Komentar