23.Oct.2020

Sejuknya Curug Bibijilan di Sukabumi


Sejuknya pepohonan yang rindang dengan alunan merdu suara air dari curug jadi hal yang paling dinantikan setiap orang. Terlebih saat kamu ingin mencari sebuah ketenangan. Semua itu bisa kamu dapatkan jika berkunjung ke Curug Bibijilan yang ada di Sukabumi.

0
0
0

Sejuknya Air Terjun dan Teduhnya Hutan Pinus

Mencari tempat-tempat wisata yang dekat dengan ibu kota menjadi jalan ninja bagi banyak masyarakat yang ingin tetap berlibur di masa pandemi. Daerah Bogor dan sekitarnya menjadi destinasi paling favorit. Tapi kalau kamu ingin mencari ketenangan dengan tempat yang sejuk dan juga tak banyak pengunjung, Mister sarankan untuk bergeser sedikit ke Sukabumi.

Large pringgotrikusumo

Sumber gambar: https://www.infosmi.id/blogs/curug-bibijilan

Nama tempatnya adalah Curug Bibijilan. Saat kamu berkunjung ke curug ini, kamu akan disambut dengan lebatnya hutan pinus yang menjulang tinggi ke atas. Hutan pinus inilah yang menambah istimewa area Curug Bibijilan. Suasananya yang sejuk dan teduh akan menambah semangat kamu untuk segera bertemu dengan Curug Bibijilan.

Hutan pinus di sekitar curug ini sangatlah nyaman. Para pengunjung biasanya memanfaatkan area ini untuk camping, piknik, dan family gathering. Bahkan ada pula yang memanfaatkannya sebagai lokasi foto prewedding.

Curug Bibijilan

Sumber gambar: https://www.infosmi.id/blogs/curug-bibijilan

Setelah berjalan dari gerbang loket masuk melewati hutan pinus, kamu akan disambut dengan suara merdu aliran air terjun dari Curug Bibijilan. Meski ketinggian curug tidak terlalu tinggi, debit air yang dihasilkan curug ini sangatlah besar.  Suara alirannya pun sudah bisa terdengar saat kamu berjalan menuju curug. Bahkan saking besarnya debit air, masyarakat setempat pun memasang pipa dan menyalurkan air tersebut ke rumah-rumah warga sebagai sumber air. 

 

Alamat dan Tiket Masuk Curug Bibijilan Sukabumi Jawa Barat - Wisatainfo

Sumber gambar: http://www.wisatainfo.com/2020/06/alamat-dan-tiket-masuk-curug-bibijilan.html

Curug ini memiliki beberapa undakan yang membuatnya seperti anak tangga besar. Banyaknya undakan di Curug Bibijilan ini membentuk kolam-kolam kecil di sekitar curug. Kamu bisa berenang atau sekadar berendam di kolam tersebut. Tapi kamu harus perhatikan juga kondisi airnya. Kalau kamu datang saat musim hujan, biasanya air akan terlihat sangat keruh. Mister sarankan agar kamu berkunjung di musim kering agar debit air tak terlalu besar sehingga kolam-kolam lebih terlihat jernih.

 

Lokasi dan Rute Menuju Curug Bibijilan

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CEd2KjbgNFR/

Untuk menuju ke Curug Bibijilan, kamu nggak usah takut untuk tersesat  karena lokasinya sangat mudah dijangkau dan tidak jauh dari pusat kota. Curug ini masih berada di satu kawasan dengan wisata Gua Buniayu. Jadi kamu nggak akan kesulitan mencari lokasinya. Berada di Kampung Lebak Nangka, Desa Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, curug ini bisa kamu jangkau dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Jaraknya sekitar 40 km dari Kota Sukabumi atau sekitar 1 – 1.5 jam perjalanan. Untuk harga tiketnya sendiri, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp4.000 per orang dan tarif parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp4.000 untuk mobil.

Komentar