26.Dec.2018

Sedapnya 7 Makanan Khas Tahun Baru di Dunia!


Tahun baru di depan mata! Buat kamu yang mau merayakannya berkumpul bersama orang terkasih, ada baiknya menyiapkan makanan yang lezat. Daripada bosen cuma bakar-bakaran aja, mending intip 7 makanan khas tahun baru dari seluruh dunia.

0
0
0

1. Jerman, Berliner

Sumber foto: en.wikipedia.org/wiki/Berliner_(doughnut)

Saat tahun baru, warga Jerman gemar makan makanan yang manis, semanis Mister, hehehe. Salah satu yang paling populer adalah kue sejenis donat yang biasa disebut berliner. Kue itu diisi dengan berbagai isian yang manis dan jadi cemilan saat berkumpul bersama keluarga di malam tahun baru.

2. Polandia, Ikan Herring

Sumber foto: thespruceeats.com/pickle-herring-for-polish-rollmops-recipe-1135632

Berbeda dari Jerman, warga Polandia memiliki tradisi untuk menyantap masakan berbahan dasar ikan herring. Ikan ini dipercaya oleh warga Polandia sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran karena warna sisiknya yang berwarna perak. Jika jumlah ikan herring melimpah saat pergantian tahun, warga Polandia percaya jika tahun berikutnya akan berlimpah rejeki.

3. Korea Selatan, Tteok-guk

Sumber foto: maangchi.com/recipe/tteokguk

Lain lagi warga Korea Selatan. Saat tahun baru, mereka gemar menyantap sup bening panas yang disebut Tteok-guk. Tteok-guk ini berisi irisan tipis kue beras yang melambangkan umur panjang. Makanya yang mau panjang umur, harus makan sup ini sampai habis. Sup ini juga jadi makanan yang disajikan saat ulang tahun sebagai penanda bertambah usia.

4. Yunani, Vasilopita

Sumber foto: tarasmulticulturaltable.com/vasilopita-greek-new-year-cake/

Perayaan tahun baru di Yunani bertepatan dengan Festival St. Basil. St. Basil adalah salah satu pendiri gereja Yunani ortodoks, makanya jasanya diabadikan menjadi sebuah festival tahunan di Yunani. Pada perayaan ini, warga Yunani menyiapkan hidangan khusus bernama Vassilopiita atau kue St. Basil. Dalam kue itu dimasukkan koin-koin emas. Siapapun yang mendapat potongan kue dengan koin di dalamnya, dipercaya akan mendapat keberuntungan di tahun yang baru.

5. Spanyol, Buah Anggur

Sumber foto: goodhousekeeping.com/health/diet-nutrition/a47266/health-benefits-of-grapes/

Setiap malam tahun baru, Warga Spanyol mengonsumsi 12 butir buah anggur. Ke-12  buah anggur itu mewakili jumlah bulan dalam satu tahun yang baru dan diharapkan membawa keberuntungan.

6. Armenia, Darehats

Sumber foto: boiteagouter.over-blog.com/2014/01/darehats-g%C3%A2teau-arm%C3%A9nien.html

Para ibu di Armenia saat malam tahun baru membuat roti khas yang disebut Darehats. Mereka membuat Darehats dengan segala doa dan harapan baik, sehingga tahun depan orang-orang yang memakannya akan mendapat banyak keberuntungan.

7. Jepang, Soba, Osechi, dan Konbu

Sumber foto: tokyoweekender.com/2017/12/exploring-the-meaning-of-osechi-ryori-japans-traditional-new-year-food/

Kalo negara satu ini justru punya banyak banget makanan khas tahun baru. Soba adalah mi pipih yang setiap malam tahun baru dimakan dengan prosesi yang disebut Toshikoshi Soba. Selain itu ada Osechi Ryori. Osechi berasal dari kata ‘o-sechi’ yang dalam Bahasa Jepang memiliki arti musim atau masa penting. Makanan dalam box makanan berwarna-warni ini dimakan sebagai harapan agar tahun baru mendatangkan kesehatan, kesuburan, panen yang melimpah, panjang umur, dan kebahagiaan. Sedangkan konbu adalah rumput laut. Dengan memakan konbu, tahun yang akan datang diharapkan membawa sukacita.

Gimana Aladiners, sekarang punya banyak referensi untuk bikin makanan khas tahun baru kan?

Komentar