Sebelum Cobain Arung Jeram, Perhatikan 7 Tips Penting untuk Pemula Ini


Arung jeram atau rafting bukan cuma bisa dilakuin orang berpengalaman, kok. Buat kamu para pemula yang penasaran gimana sensasi diombang-ambing arus, jangan ragu buat nyobain olahraga yang satu ini. Sambil menantang arus, kamu bisa belajar kerja tim dan menghadapi tantangan. Nah, sebelum loncat ke perahu, perhatiin dulu tips berikut ini supaya pengalaman arung jeram pertama kamu gak bikin kapok!

0
0
1

1. Pilih sungai yang cocok

sumber foto: res.cloudinary.com

Kalau kamu belum pernah arung jeram, jangan langsung pilih sungai yang arusnya terlalu liar. Jauh-jauh dulu dari sungai Pekalen Atas di Probolinggo atau sungai Asahan di Sumatera Utara yang sering jadi tempat lomba arung jeram internasional. Sebagai awalan, sungai Ayung di Bali atau Citarik di Sukabumi bisa kamu coba. Arus di sana lebih “jinak” tapi tetep bisa bikin kamu deg-degan girang. Butuh rekomendasi sungai yang oke buat rafting di Bali? Kamu bisa cek di sini, ya.

2. Pakai baju yang nyaman

sumber foto: res.cloudinary.com

Kamu mau arung jeram, bukan mau nge-mall atau naik gunung. Jadi, jangan sampai kamu melangkah ke sungai sambil pakai celana jeans, high heels, atau jaket tebel.  Supaya nyaman bergerak, pakai kaos yang ringan dan celana pendek. Buat kamu yang berhijab, bisa pilih legging dan kaos longgar yang biasa dipakai untuk berenang. Oh, ya, kalau kamu pakai kacamata, siap-siap berlapang dada untuk rabun selama arung jeram, ya. Mau tetep jelas? Kamu bisa beli goggle yang dikasih ukuran minus/plus sesuai kondisi mata kamu.

3. Pilih partner arung jeram yang oke

sumber foto: bratislavaman.com

Waktu mau nyobain arung jeram untuk pertama kali, pastikan kamu didampingi orang yang udah berpengalaman. Untungnya, hampir semua tempat arung jeram punya “pasukan” skipper yang siap membantu kamu menghadapi ganasnya arus sungai. Skipper sendiri adalah sebutan buat kapten/leader perahu yang bakal ngasih aba-aba dan paham P3K. Biasanya mereka selalu duduk di bagian belakang perahu supaya bisa megang kendali. Mereka udah ngelewatin banyak latihan khusus dan ujian sebelum akhirnya bisa disebut skipper. Kalau kamu kebetulan dapet skipper yang badannya kecil dan kurus jangan ngeremehin dulu. Tenaga mereka ternyata gede banget, lho!

4. Dengerin arahan dengan baik

sumber foto: bulgariarafting.com

Sebelum mulai rafting, biasanya peserta bakal dikumpulin dulu buat dikasih pengarahan. Sebagai pemula, jangan pongah dan kebanyakan becanda waktu instruktur ngasih penjelasan. Hafalin istilah-istilah yang bakal dijadiin aba-aba selama arung jeram, misalnya “boom” yang berarti kamu harus merunduk pas ketemu jeram berbahaya. Selain itu, perhatiin bener gimana cara masang life jacket, helm, dan cara memegang dayung. Kalau kamu masih gak ngerti, jangan ragu minta instruktur ngajarin ulang.

5. Jaga kondisi badan

sumber foto: resveralife.com

Arung jeram termasuk kegiatan yang nguras tenaga dan pikiran. Makanya, sebelum mulai, pastikan kamu dalam keadaan fit. Jangan paksain nyoba kalau lagi meriang atau sakit perut. Satu lagi, jangan arung jeram dalam keadaan perut kosong! Usahain makan dan minum yang cukup dulu. Kalau kelaperan, kamu gak bakal punya tenaga buat ngedayung dan konsentrasi dengerin arahan skipper. Oh ya, berhubung kamu rentan telan air sungai saat arung jeram, gak ada salahnya konsumsi obat cacing setelah kegiatan ini. Yaaa, buat jaga-jaga aja.

6. Berdoa

sumber foto: justbetweenus.org

Mau makan dan tidur aja perlu doa, apalagi pas mau arung jeram. Kamu harus kudu wajib berdoa dengan khusyuk kepada Tuhan. Berdoalah supaya kamu dilindungi dan dilancarkan sampai akhir kegiatan. Dengan berdoa, hati kamu juga lebih tenang, jadi kamu bakalan lebih bisa berkonsentrasi sekaligus menikmati arung jeram.

7. Tetap tenang, jangan panik

sumber foto: climatelaunchpad.org

Nyobain arung jeram berarti harus siap untuk jatuh dari perahu. Penyebab jatuh dari perahu pun bisa karena: 1) perahu nabrak batu; atau 2) skipper kamu memang kelewat iseng dan sengaja membalikkan perahu. Buat orang yang gak bisa berenang, kejadian kayak gini rawan banget bikin panik. Tapi tenang aja, kan, kamu udah pake life jacket! Mau jatuh kayak gimana pun kamu pasti bakal ngapung lagi. Selain itu, skipper pasti dengan gesit bakal gendong kamu naik ke perahu begitu ngeliat kamu kesulitan gerak. Pokoknya tenang aja, deh!

Komentar

dengerin arahan dengan baik nih yang kadang suka dianggap remeh tapi sebenernya jadi yang paling utama, thnks misteraladin

Tinggalkan Komentar: