04.Aug.2021

Sanghyang Kenit di Rajamandala yang Memesona


Main ke Bandung jangan cuma di kotanya aja, Aladiners! Segudang destinasi wisata masih banyak terdapat di tiap sudutnya, khususnya Bandung Barat. Salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Sanghyang Kenit. 

0
0
0

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/budiong/

Siapa sangka, ternyata Bandung Barat punya surga tersembunyi di balik riuhnya aliran Sungai Citarum. Sanghyang Kenit namanya. Ini adalah salah satu spot wisata baru yang bisa jadi alternatif liburan kamu selanjutnya.

Sanghyang Kenit ini menghadirkan tebing dengan bebatuan kokoh di kanan dan kiri aliran sungai. Kamu akan menemukan gua yang begitu eksotis di sela-sela tebing. Nama guanya adalah Gua Jalu Panjang. Kamu juga bisa menyusuri gua ini dengan didampingi pemandu yang ada di sana. Tarifnya berbeda sesuai dengan tujuan penyusuran. Kalau kamu memilih jarak 600 meter menuju Sanghyang Tikoro, tarifnya sekitar Rp150.000 dengan estimasi perjalanan selama 40 menit. Sedangkan untuk jalur pendek yang hanya di sekitar area Sanghyang Kenit, jaraknya hanya 150 meter dengan tarif sekitar Rp25.000 per orang.

Selain itu, kalau kamu tidak ingin menyusuri gua, kamu juga bisa mengeksplor berbagai sudut di sekitarnya. Berfoto di atas bebatuan dengan aliran air yang sangat bersahabat atau menyusuri tebing berwarna putih, hitam, kecoklatan yang sangat eksotis dijadikan latar foto kamu.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/zhefanyataedeus27/

Menikmati destinasi wisata yang satu ini memang banyak cara, selain menyusuri gua dan berfoto dengan latar tebing yang kokoh. Kamu juga bisa menjajal wisata ekstrim dengan arung jeram. Ada dua rute yang bisa kamu pilih. 4 kilometer dengan tarif Rp150.000 per orang, dan 8 kilometer dengan tarif Rp200.000 per orang.

Untuk menikmati wisata di Sanghyang Kenit ini, kamu harus memperhatikan kondisi air. Jika air sedang pasang maka wisata susur gua akan ditutup, sementara jika aliran air sangat surut maka rute arung jeram akan dikondisikan.

 

Lokasi Wisata Sanghyang Kenit

Sumber gambar: https://www.instagram.com/eugenerobby/

Lokasi wisata Sanghyang Kenit ini sangat mudah diakses. Tepatnya berada di Cisameng Cipanas, Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari Bandung Kota. Kamu bisa menyusuri jalan ke arah Cipatat lalu masuk gerbang PLTA Saguling. Dari pertigaan ini hanya perlu waktu 12 menit menuju Sanghyang Kenit.

Komentar