17.May.2018

Sadis! Ini 8 Rumah Sakit Jiwa Paling “Sakit Jiwa” di Dunia


Rumah Sakit Jiwa atau Asylum dalam Bahasa Inggris harusnya jadi tempat ngerawat orang-orang dengan masalah mental. Harusnya mereka ngasih pengobatan dan terapi yang bikin para pasien jadi lebih “normal”. Seremnya, Ada RSJ yang justru kelakuannya lebih sakit jiwa dari pasiennya. Bukannya merawat, mereka malah nyiksa para pasien yang harusnya diperlakuin manusia. Mau tahu kayak gimana kejamnya mereka? Nih, dijamin kamu merinding!

0
0
0

1. Metropolitan State Hospital

sumber foto: creepychusetts.blogspot.co.id

Dibuka di tahun 1913, Metropolitan State Hospital di Michigan dulunya adalah rumah sakit buat anak-anak yang mengalami gangguan mental. Mereka terkenal dengan penggunaan zat sedative yang berlebihan dan hukuman berat buat para pasien yang ngelanggar peraturan. Teganya lagi, mereka sering sok-sok “gak sengaja” meracuni banyak pasien di tahun 1960an. Makin parahnya lagi, di tahun 1970an, terjadi kasus pembunuhan sesama pasien yang baru terungkap dua tahun kemudian. Wah, kok bisa luput dari pengawasan Rumah Sakit, ya? Apa jangan-jangan sengaja?

2. Walter E. Fernald State School

sumber foto:  commons.wikimedia.org

Sebenernya Walter E. Ferland State School bukan Rumah Sakit Jiwa, melainkan sekolah buat anak-anak idiot. Dibangun di tahun 1848 dan MASIH DIBUKA SAMPAI SEKARANG, tempat ini jauh dari ciri-ciri sekolah yang mengayomi dan mendidik. Mereka justru lebih mirip penjara yang melegalkan kekerasan fisik dan seksual. Bukan cuma itu, dulu anak-anak di sini juga jadi objek eksperimen para ilmuwan yang pengen tahu gimana cara badan manusia menyerap ion. Anak-anak di sini sengaja dikasih sarapan sereal yang dilapisi material radioaktif tanpa dikasih tahu. Mereka yang bertahan hidup bakal dikasih ganti rugi sama badan risetnya. Selain itu, banyak badan riset lain yang ngejadiin anak-anak di sana untuk eksperimen kekerasan mental. Penderitaan mereka cuma dibales dengan makanan tambahan dan trip ke pertandingan bisbol. Gak sebanding banget!

3. Rumah Sakit Jiwa di Serbia

sumber foto: cerebral-coffins.com

Semua Rumah Sakit Jiwa di negara ini katanya gak ada yang waras. Orang-orang yang sakit mental sengaja dikumpulin di sana buat ngerasain hidup dalam kondisi yang mengerikan, dari kecil sampai meninggal. Hampir gak ada terapi yang dikasih ke mereka, lebih banyak kurungan di ruang isolasi atau tinggal di ruangan yang terlalu padat. Saking menyedihkannya kondisi Rumah Sakit Jiwa di sana, Serbia sempet jadi sorotan media internasional, lho.

4. Pilgrim Psychiatric Center

sumber foto: omh.ny.gov

Jadi Rumah Sakit Jiwa terbesar di dunia, tempat inilah yang “mempopulerkan” metode shock therapy sampai pre-frontal lobotomy yang dalam bahasa awamnya disebut “ngebor otak”. Yap, kamu gak salah baca, kok. Mereka memang sengaja ngangkat sebagian kecil otak buat nyembuhin penyakit mental mulai dari tahun 1946 hingga 1959. Ada juga insulin shock therapy yang sengaja bikin pasien dalam keadaan koma, entah apa tujuannya. Oh ya, pas masa Perang Dunia II, pasien di sini sempet disuruh kerja paksa sama militer Amerika Serikat buat bercocok tanam dengan alasan kegiatan ini berguna buat kesembuhan mental mereka.

5. Athens Lunatic Asylum

sumber foto: hauntedrealities.com

Berlokasi di Ohio, Amerika Serikat, katanya sih Athens Lunatic Asylum ini misteriusnya luar biasa. Selain jarang kasih informasi apa pun, tempat ini juga jadi rumahnya para kriminal paling berbahaya di Amerika. Tanpa alasan yang jelas, di tahun 1876 ada 29 perempuan yang divonis kena penyakit jiwa gara-gara menstruasi dan ada 81 laki-laki yang harus jadi pasien  karena ngelakuin masturbasi. Mereka semua dapet perlakuan mengerikan sampai-sampai ada pasien perempuan yang kabur dan sembunyi di loteng. Sedihnya, akhirnya pasien itu meninggal karena kelaperan dan sampai sekarang noda mayatnya masih ada di tempat dia sembunyi. Sejak saat itu, banyak orang yakin tempat ini dihantuin sama arwah si pasien.

6. Broadmoor

sumber foto: itvstudios.com

Harusnya, orang-orang yang jadi pejabat rumah sakit, sekolah, dan sektor pelayanan lainnya tuh punya moral yang baik, ya. Sayangnya, di Broadmoor yang jadi ketuanya justru tersangka pelaku pelecehan anak yang udah terkenal ke mana-mana! Ih, aneh banget, ya. Setelah ketua Broadmoor yang bernama Jimmy Savile ini meninggal, terungkaplah kasus-kasus pelecehan pasien anak di Broadmoor. Pernah ada satu kasus di mana Savile ngebawa anak perempuan umur 14 tahun buat nyanyi di hadapan pasien. Tindakannya itu aneh banget karena dia berani-beraninya nyodorin si anak perempuan buat berdekatan sama para pembunuh berdarah dingin yang jadi pasien di sana.

7. Danvers State Hospital

sumber foto: strangeabandonedplaces.com

Saking seremnya, Danvers State Hospital sempet jadi setting beberapa film horor. Bukan cuma karena desain gothic-nya, tapi juga karena reputasinya yang terkenal hobi ngelakuin lobotomy alias ngebor otak. Alasan mereka ngelakuin tindakan ini juga simple: cuma buat ngurangin populasi di sana. Segala jenis terapi khas Rumah Sakit Jiwa yang “sakit jiwa” ada di sana, dimulai dari pemasangan baju pengekang, kamar isolasi, kursi setrum, dan masih banyak lagi. Nah, kalau Pilgrim Psychiatric Center yang mempopulerkan lobotomy, Danver State Hospital-lah yang nyiptain metode laknat ini!

8. Bedlam

sumber foto: blog.findmypast.com

Ini dia Rumah Sakit Jiwa paling gak logis sedunia. Bukannya pakai ilmu psikologi dan psikiatri buat ngobatin pasien, mereka malah percaya kalau orang-orang yang kena gangguan mental itu kesurupan roh jahat! Solusinya apa? Bukan obat atau terapi musik, group discussion, atua sebagainya, melainkan siksaan! Sebutin aja semua jenis siksaan, mereka udah coba. Mulai dari nenggelemin pasien dalam air beku, nempelin lintah buat ngisep darah pasien, atau dudukin pasien di kursi terus muterin mereka sekenceng-kencengnya sampai muntah. Mereka percaya kalau pasien muntah, roh jahatnya pun bakal ikutan keluar. Gak cuma sampai di sini aja penderitaan pasien, Bedlam juga jual  tiket masuk buat orang-orang “normal” ke sini supaya mereka bisa ngisengin para pasien dengan segala cara, termasuk nusuk-nusuk mereka dengan tongkat kayu. Udah kayak kebun binatang, deh.

Komentar