01.Apr.2019

Renang-renang Lucu Bersama Hiu di Indonesia yuk!


Berlibur di Pantai merupakan kegemaran banyak orang. Apakah kamu termasuk yang menyukainya? Jika ya, cobain deh aktivitas agak ekstrem yang bisa kamu lakukan di beberapa pantai di Indonesia ini. Bukan cuma sekedar snorkelling atau diving, tapi di pantai-pantai ini bisa berenang bersama hiu, lho!

0
0
0

Hiu adalah hewan laut bertulang lunak yang terkenal sebagai salah satu predator besar. Namun, tak perlu takut untuk mendekati hiu apalagi berenang bersamanya jika kamu mengunjungi pantai-pantai ini:

Karimun Jawa

Karimun Jawa , Surga Dunia di Karimun Jawa : Karimun Jawa Berenang Dengan Hiu

Sumber foto: pasirpantai.com/jawa/karimun-jawa/surga-dunia-di-karimun-jawa/attachment/karimun-jawa-berenang-dengan-hiu/

Jangan berpikir hiu adalah hewan buas yang akan memangsamu dalam sekejap, ya! karena hiu tidak seberbahaya itu. Kamu bisa kenali hiu lebih dekat di pulau Menjangan Besar, Karimun Jawa dengan mengunjungi kolam penangkaran ikan hiu. Tempat ini dijadikan salah satu tujuan wisata favorit di Karimun Jawa. Ikuti dengan seksama panduan dan juga larangan dari pemandu sebelum berenang dan berfoto bersama ikan hiu, ya.

Derawan

Di pulau kecil ini, kamu bukan cuma bisa berenang dengan ubur-ubur, tapi juga bisa berenang bersama hiu paus. Jangan takut sama ukurannya yang sangat besar, hiu paus termasuk hewan yang lembut dan bisa diajak bermain. Tapi jangan disentuh atau diganggu, ya. Bagaimana pun, hiu paus adalah hewan liar yang mempunyai insting untuk mempertahankan diri.

Talisayan

hiu paus berau

Sumber foto: instagram.com/@tanyabaracchi

Wisata favorit di Kalimantan yang sedang booming adalah Kabupaten Berau. Bukan cuma karena Labuan Cermin, tetapi perairan Talisaiyan juga memikat karena kamu bisa bertemu langsung dengan hiu paus yang konon sudah ada sejak zaman purba ini. Hiu paus datang dan bermukim di sekitar perairan Talisayan karena para nelayan gemar membuang hasil tangkapan ikan kecil mereka sekitar pukul 05.00 – 08.00 WITA. Makanya untuk bisa berenang  bersama hiu paus, kamu cukup menyelam sampai kedalaman 5 meter saja.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Related image

Sumber foto: diambil dari adventuresia.com/10-diving-spot-paling-keren-di-indonesia/ (sumber asli scubasigns.org)

Terletak di  Spot Papua Barat, spot ini jadi tempat paling terkenal di Indonesia untuk bisa berenang dengan hiu. Dulunya masyarakat di sini adalah pemburu hiu paus. Masyarakat berubah menjadi sahabat hiu paus setelah pemerintah menetapkan hiu paus sebagai spesies yang dilindungi. Kok bersahabat? Soalnya, wisata menyelam dan snorkeling dengan hiu paus jadi salah satu penghasilan warga setempat. Untuk bisa berenang bersama hiu paus, kamu bisa datang antara bulan Mei dan Oktober, ya! Pemandu akan membawamu ke rumah terapung untuk menangkap ikan yang ada di sepanjang perairan Kwatisore, sambil melemparkan teri agar satu per satu kawanan hiu paus datang menghampiri.

Pantai Botubarani

Sumber foto: cumilebay.com/2016/05/gemulai-manja-whale-shark-di-botubarani.html

Di tahun 2016, Gorontalo dikabarkan kedatangan gerombolan hiu paus. Menurut WWF Indonesia, kawanan hiu paus bermukim tidak jauh dari perairan Gorontalo dan akan terlihat di Pantai Botubarani saat musim ikan nike (semacam ikan teri) atau sekitar bulan Juni di setiap tahunnya.

 

Baca juga: 5 Tempat Terseru untuk Berenang Bersama Hiu

Komentar