12.Jul.2019

Rekomendasi 5 Aktivitas Wisata di Yogyakarta yang Bakal Bikin Liburan Kalian Memorable


Berlibur ke Yogyakarta memang selalu berkesan. Segalanya ada di sana. Wisata budaya, wisata alam, wisata religi, dan tentunya wisata kuliner. Kalau udah sekali menjejakkan kaki di Jogja, rasanya pengen ke sana lagi, lagi, dan lagi. Jogja emang ngangenin. Kalian berencana berlibur ke sana? Nih, Mister punya rekomendasi lima aktivitas wisata di Yogyakarta. Dicoba, yuk. Semoga bisa bikin liburan kalian makin berkesan, ya.

0
0
0

1. Seru-seruan di Merapi Lava Tour

Sumber: https://paketwisatajogja75.com/paket-wisata-jogja-merapi-lava-tour/

Ini, nih, aktivitas wisata di Yogyakarta yang cocok bagi kalian yang berjiwa petualang. Saat ikut Merapi Lava Tour, kalian diajak naik jip menyusuri kawasan terdampak erupsi Gunung Merupsi pada 2010 lalu. Udah naik jip, medannya terjal pula. Selama perjalanan, kalian bakal goyang sana goyang sini, tuh. Asik bat, dah!

Jenis tur yang bisa kalian ikuti adalah short route, medium route, long route, dan sunrise tour. Harga paket turnya berkisar Rp350.000—Rp600.000. Durasinya 2—3 jam. Satu jip bisa menampung empat orang. Beberapa destinasi dalam Merapi Lava Tour adalah Dusun Tangkisan, Museum Sisa Hartaku, dan bunker Kaliadem.

Di Dusun Tangkisan, kalian bisa melihat kuburan massal korban erupsi Gunung Merapi pada 2010. Di Museum Sisa Hartaku, kalian bisa melihat sisa-sisa keganasan wedhus gembel Gunung Merapi. Museum tersebut sebenarnya adalah rumah warga. Pemilik rumah berinisiatif mengumpulkan benda-benda yang tersisa dari letusan Gunung Merapi pada 2010. Ada kerangka hewan dan sepeda motor, jam bekas yang jarumnya menunjukkan waktu terjadinya letusan, berbagai peralatan dapur rusak, dll.

Sumber: https://gudeg.net/direktori/7741/museum-mini-sisa-hartaku-i-rumah-bapak-kimin.html#prettyPhoto[photo-gallery]/3/

Lanjut ke bunker Kaliadem. Bunker yang terletak 2.900 di bawah permukaan laut itu berfungsi sebagai tempat berlindung dari letusan Gunung Merapi. Di kawan wisata bunker Kaliadem, kalian bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Merapi. Bunker Kaliadem pernah menelan korban saat Gunung Merapi meletus pada 2006 silam. Dan ketika Merapi kembali meletus pada 2010, bunker Kaliadem sempat tertimbun material vulkanik.

Di mana kalian bisa ikut Merapi Lava Tour? Kalian bisa datang ke basecamp penyedia tur, yakni di Jalan Kaliurang, Kabupaten Sleman. Kaliurang termasuk kawasan dataran tinggi, jadi dingin di sana. Jangan lupa bawa jaket, ya. Selain bisa datang langsung ke basecamp-nya untuk ikut Melapi Lava Tour, kalian juga bisa memanfaatkan fasilitas penjemputan di hotel.

2. Bergembira bareng Keluarga di Gembira Loka Zoo

Sumber: http://gembiralokazoo.com/perahu-katamaran.html

Kebun binatang memang jadi destinasi favorit untuk berlibur bersama keluara. Di Yogyakarta, di Jalan Kebun Raya, ada kebun binatang Gembira Loka. Pembangunan kebun binatang tersebut berawal dari ide Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada 1933. Kegiatan interaktif yang ditawarkan Gembira Loka Zoo adalah menangkap ikan di kolam tangkap, bersentuhan dengan beragam ikan di kolam sentuh, serta memberi makan aneka satwa. Bisa juga nyobain terapi ikan, lho. Terus, pada hari dan jam tertentu, kalian bisa lihat aksi binatang-binatang buas ketika sedang makan.

Ada danau buatan di Gembira Loka Zoo dan ada banyak pilihan transportasi untuk mengeksplorasinya. Transportasi favorit pengunjung adalah perahu katamaran yang dapat menampung hingga 40 orang. Naik perahu kurang menantang? Tenang, kalau mau yang lebih menguji adrenalin, kalian bisa coba naik speed boat. Gembira Loka Zoo juga menyediakan taring alias transportasi keliling. Itu adalah kereta yang akan membawa kalian mengelilingi Gembira Loka Zoo. Jadi, kalau gak pengen capek jalan, bisa, tuh, naik taring.

HTM Gembira Loka Zoo adalah Rp25.000 saat weekdays dan Rp35.000 saat weekend. Loket karcis di pintu masuk juga menjual tiket terusan wahana yang harganya lebih murah dibanding jika membelinya di loket karcis wahana, misalnya tiket paket perahu katamaran yang berharga Rp5.000 dan tiket paket kataring (perahu katamaran dan kereta taring) yang berharga Rp25.000.

3. Nonton Sendratari Ramayanan Prambanan

Sumber: http://www.borobudursunrise.net/news140-schedule-ramayana-ballet-prambanan-2016.html

Atraksi wisata yang satu ini pantang untuk kalian lewatkan saat berwisata ke Yogyakarta. Sendratari Ramayanan Prambanan adalah drama tanpa dialog yang dikemas dalam bentuk pertunjukkan tarian tradisional. Drama tersebut berkisah tentang Rama yang berusaha menyelamatkan istrinya Shinta yang diculik Rahwana. Rahwana adalah buto alias raksasa penguasa Kerajaan Alengka.

Sesuai namanya, pertunjukkan Sendratari Ramayanan Prambanan berlangsung di sebelah kawasan Candi Prambanan, di Jalan Raya Jogja - Solo. Dijamin, kalian gak bakal nyesel saat nonton Sendratari Ramayanan Prambanan. Tata panggung, pencahayaan, dan kelemahgemulaian penari bakal membius kalian. Apalagi, latar belakang panggungnya adalah Candi Prambanan itu sendiri. Bagus banget, deh, pokoknya.

Adegan paling seru sekaligus paling ditunggu-tunggu adalah Anoman obong saat Anoman atau Hanuman membakar kerajaan Alengka. Hanuman adalah kera putih sakti yang kebal terhadap api. Api yang digunakan saat adegan Anoman obong adalah api sungguhan, berkobar-kobar gitu di panggung. Seru, kan? Nih, mister kasih video singkatnya. Sayangnya, adegan Anoman obong tersebut hanya ada ketika sendratari dilangsungkan di panggung terbuka, yakni selama November—April saat musim kemarau.

HTM paling murah untuk nonton Sendratari Ramayana Prambanan ialah Rp125.000 dan itu berlaku untuk kelas 2. Pertunjukkannya kebanyakan diadakan pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Namun, nggak menutup kemungkinan diadakan di luar tiga hari itu. Durasi pertunjukkannya 2 jam, pukul 19.30—21.30 WIB. Tiket bisa kalian beli di loket atau bisa juga memesannya terlebih dahulu via telepon atau e-mail. Informasi lebih lanjut seputar jadwal pertunjukkan dan harga tiket Sendratari Ramayana Prambanan bisa kalian baca di sini. Kalau pengen tahu kisah lengkap Ramayana, baca di sini.

4. Tenangkan Batin di Gua Maria Sendangsono

Sumber: https://myeatandtravelstory.wordpress.com/2017/12/12/berziarah-ke-gua-maria-sendangsono-jogja/ (by Fachri Reza)

Kalian yang beragama Katolik dan butuh tempat tenang untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta, kalian bisa singgah di Gua Maria Sendangsono di Dusun Semagung, Kabupaten Kulon Progo. Dinamakan Sendangsono karena di sana ada sendang (mata air) di bawah pohon sono atau angsana (Pterocarpus indicus). Dulunya, gua Maria tersebut bernama sendang Semagung dan dijadikan tempat peristirahatan para biksu.

Pada 1904, Pastor Franciscus Georgius Josephus van Lith atau lebih dikenal dengan nama Van Lith datang ke sendang Semagung dan membaptis warga sekitar. Sejak itulah, sendang Semagung dijadikan tempat ziarah umat Katolik dan berubah nama menjadi Gua Maria Sendangsono. Selain bisa mendapatkan ketenangan untuk berdoa, kalian bisa juga bersantai nikmatin gemericik sungai atau berfoto-foto cantek. Arsitektur di sana bagus banget dan itu adalah hasil karya Romo Y.B. Mangunwijaya, Pr alias Romo Mangun. Selain gua, ada pula kapel dan makam Barnabas Sarikrobo, guru agama Katolik pertama di Pulau Jawa.

5. Kenyangin Perut Makan Soto Sapi yang Seger Banget

Sumber: http://yogyakarta.panduanwisata.id/daerah-istimewa-yogyakarta/bantul/soto-sapi-pak-gimin-soto-daging-sapi-legendaris-di-bantul/

Habis jalan-jalan, terbitlah lapar. Mengeksplorasi tempat-tempat wisata emang menguras tenaga dan itu bikin kalian laper, bukan? Kuliner enak di Yogyakarta yang bisa nyembuhin rasa lapar kalian? Soto sapi jawabannya. Soto sapi di Yogyakarta seger bangettt. Itu karena kuahnya bening. Terus, potongan dagingnya juga nggak pelit dan ada taburan kecambahnya. Mantap, dah. Belum lagi tersaji aneka side dish, seperti sate puyuh, perkedel, dan paru goreng. Wah, makin menjadi-jadi, deh, enaknya. Satu mangkok soto sapi dihargai Rp12.000. Gak terlalu mahal, kan? Di mana kalian bisa menemukan soto sapi? Tempat paling gampang adalah di Malioboro ketika pagi hari atau bisa juga kalian pergi ke Pasar Beringharjo. Kalau kalian mau masak soto sapi ala-ala soto sapi Jogja, nih, Mister kasih resepnya.

Komentar