02.Mar.2020

Ranu Manduro, Potensi Alam di Balik Bekas Galian Tambang Mojokerto


Mojokerto lagi banyak dibicarin sama warga nih, karena pesona Ranu Manduro yang kabarnya mirip padang rerumputan di Selandia Baru. Wajar sih, soalnya tempat ini memang keren. Sebuah kawah kecil, rumput yang hijau, bebatuan besar, dan di belakangnya ada landscape Gunung Penanggungan. Siapa yang nggak tergiur sama indahnya pemandangan ini.

1
0
0

 

Sumber: https://klikjatim.com/ranu-manduro-destinasi-wisata-alam-serasa-di-selandia-baru/

Letaknya di Desa Manduro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Kawasan bekas pertambangan emas galian C ini dulunya nggak seindah sekarang. Bahkan dulu kawasan ini bekas digali untuk diambil pasirnya. Nah pasirnya itu digunakan untuk menimbun bencana lumpur lapindo di Sidoarjo. Tapi sekarang aktivitas pertambangan dan pengerukan sudah tidak ada lagi dan kawasan tersebut banyak ditumbuhi rerumputan saat musim hujan.

Keindahan alam yang ditawarkan Ranu Manduro memang sayang banget kalau kamu nggak eksplore tempat ini dengan maksimal. Kamu yang cinta fotografi dan pemburu tempat instagramable, bisa banget ini, berfoto di bebatuan besar dengan background Gunung Penanggungan atau di pinggir danau kecil yang akan menangkap refleksi pemandangan di sekitarnya. Bahkan jalan setapak yang belum beraspal pun bisa juga kamu jadikan spot menarik asal kamu bisa memadukannya dengan baik.

 

Hasil gambar untuk ranu manduro

Sumber: http://edrosbees.blogspot.com/2018/05/ranu-manduro.html

Tempat yang sangat potensial ini sebenarnya sudah lama didatangi warga setempat, tapi semenjak unggahan salah seorang warga di media sosial, tempat ini semakin ramai. Kamu yang mau datang ke sini usahakan datang di pagi atau sore hari ya, karena cuaca sangat mendukung di waktu tersebut. 

Ranu Manduro ini sebenarnya belum secara resmi dibuka sebagai tempat wisata, masih dikelola secara swadaya oleh warga setempat dan belum ada tiket masuk. Kamu hanya perlu membayar parkir di sekitar area yang dijaga oleh warga.  Nah, kalau kamu penasaran sama pesonanya, buruan datang aja langsung ke Ranu Manduro.

Hasil gambar untuk ranu manduro

Sumber: https://travel.tribunnews.com/2020/02/26/8-fakta-unik-ranu-manduro-mojokerto-yang-mirip-jurassic-park-dan-viral-di-medsos

Aksesnya sangat mudah dijangkau. Kalau kamu dari Stasiun Mojokerto, kamu bisa naik mobil atau motor dengan menempuh jarak 31 kilometer ke arah selatan. Mister sarankan agar Kamu naik motor ya agar lebih mudah menjangkau tempat ini. Untuk biaya parkir akan dikenakan tarif Rp3.000 - Rp5.000,-. Kalau kamu mau ke Ranu Manduro, sebaiknya di hari biasa ya, karena kalau di akhir pekan, pengunjung akan memadati kawasan ini. Maklum tempat ini masih sangat baru, dan belum secara resmi dikelola pihak swasta maupun pemerintah.

Komentar