15.Sep.2015

Raja Ampat, Kecantikan Wajah Alam Papua


Meskipun termasuk wilayah Indonesia, Raja Ampat justru lebih dulu dikenal oleh wisatawan mancanegara dibandingkan wisatawan domestik. Kabupaten yang terpencil di Papua Barat ini menyimpan sejuta keindahan alam, terutama dunia bawah lautnya. Wisata bahari Raja Ampat dikenal turis mancanegara sebagai salah satu dari 10 wisata menyelam terbaik di dunia, menjadikannya sebagai destinasi impian wisatawan Eropa.

0
0
0

 

Sumber gambar: carpediemphinisi.com

Keindahan dan kekayaan alam menjadi andalan Kabupaten Raja Ampat menembus persaingan dunia pariwisata di Indonesia dan dunia. Terdiri atas 610 pulau, kawasan ini dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia. Empat pulau di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo, merupakan pulau-pulau besar. Dari seluruh pulau, hanya 35 pulau yang berpenghuni. Sisanya bahkan ada yang belum memiliki nama. Konon, dari 610 pulau yang ada di Perairan Raja Ampat, baru 400 pulau yang dieksplorasi. sisanya masih belum terjamah. Bisa Anda bayangkan betapa alami dan indahnya tempat ini.

 

Sumber gambar: carpediemphinisi.com

Sebagai daerah kepulauan, satu-satunya transportasi dan penunjang kegiatan masyarakat Raja Ampat adalah angkutan laut antarpulau. Demikian juga untuk menjangkau Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat. Luasnya daerah ini membuat transportasi menjadi mahal. Jika Anda ingin berlibur ke Raja ampat, sangat disarankan untuk pergi bersama rombongan teman atau keluarga. Pergi sendiri berarti harus siap dengan pengeluaran yang membengkak.

 

Sumber gambar: carpediemphinisi.com

Untuk pergi ke sana, kita harus lebih dahulu pergi kota Sorong, karena tidak ada penerbangan langsung menuju Waisai. Setelah tiba di Sorong, kita bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Ferry cepat menuju Waisai, gerbang menuju keindahan Raja Ampat. Untuk berkeliling Pulau Misool dan Wayag, kita harus menyewa perahu dengan biaya Rp3.000.000/hari. Inilah alasan mengapa lebih baik pergi bersama rombongan, agar biaya sewa perahu bisa lebih murah. Untuk pasangan yang butuh privacysaat berbulan madu di Misool, Anda bisa mengambil paket honeymoon di sana.

Budget untuk landtrip di Raja Ampat bisa menghabiskan Rp12.000.000 per orang. Untuk diving, biayanya bahkan bisa lebih mahal lagi. Biaya yang mahal ini akan terasa setimpal saat kita sudah sampai di sana dan melihat langsung keindahan alamnya. Raja Ampat termasuk kabupaten baru di Indonesia yang belum genap berusia 10 tahun. Tidak heran infrastruktur di sana belum memadai. Meskipun begitu, Raja Ampat sudah mampu menyedot wisatawan mancanegara.

 

Komentar