22.Jan.2021

Pulau Sangiang, Destinasi Pilihan Terbaik Dekat Jakarta


Mau traveling ke pulau yang masih alami tapi nggak mau jauh-jauh dari Jakarta? Tenang, semua pasti ada solusinya, begitu pun rencana traveling kamu yang satu ini. Berada tak jauh dari Jakarta, lokasinya ada di ujung barat pulau Jawa, namanya Pulau Sangiang.

0
0
0

 

Daya Tarik Pulau Sangiang

Sumber gambar: https://www.instagram.com/qhioqhio/

Pulau Sangiang bisa jadi alternatif liburan kamu selanjutnya jika tak mau pergi jauh dari ibu kota. Pulau ini masih sangat alami. Tak banyak aktivitas manusia di dalamnya. Jauh dari kata lengkap, fasilitas di pulau ini pun belum begitu memadai untuk pariwisata. Tapi itulah yang menjadi daya tarik pulau ini.

Pulau yang sepi dan tenang  jadi gambaran pulau yang satu ini. Kamu bisa bebas menjelajah seisi pulau sesuka hati. Pulau yang luasnya kurang lebih 700 hektar ini hanya diisi sekitar 40 kepala keluarga. Jadi wajar kalau pulau ini tidak banyak aktivitas di dalamnya.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/nikedeni/

The Seven Wonders of Banten jadi predikat yang disematkan ke Pulau Sangiang ini. Wajar saja, pulau ini memiliki panorama alam yang luar biasa. Mulai dari pantai pasir putihnya yang memesona, tebing batu yang begitu eksotis, gua kelelawar yang menakjubkan hingga peninggalan sejarah yang menjadi saksi keindahan pulau ini.

Keindahan Pulau Sangiang memang tak perlu diragukan lagi. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di pulau ini. Kamu bisa snorkeling dan diving. Kamu akan menemukan terumbu karang yang cantik dengan ikan-ikan kecil yang menggemaskan. Spot yang menjadi favorit para pengunjung adalah titik kontainer yang ada di dasar laut. Kontainer itu tenggelam dan hanyut ke perairan Sangiang.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/girlsonholiday/

Selain snorkeling dan diving, kamu juga bisa trekking ke atas bukit. Kamu bisa mengelilingi pulau sesuai dengan jalur yang sudah disediakan. Nantinya kamu bisa menikmati indahnya pantai pasir putih yang berpadu dengan tebing dan juga lautan lepas. Kerennya lagi, jika kamu menyusuri pulau ini lebih dalam, kamu akan menemukan Gua Kelelawar.

Menelusuri keindahan Pulau Sangiang mungkin tak cukup jika hanya sehari. Keindahannya seperti meminta kamu untuk berlama-lama di pulau ini. Namun untuk bisa bermalam, di sini belum tersedia penginapan. Kamu harus mendirikan tenda di spot camping yang sudah disediakan.

 

Lokasi Pulau Sangiang

Sumber gambar: https://www.instagram.com/michaell_mike/

Lokasinya yang tak jauh dari Jakarta membuat pulau ini jadi primadona. Secara administratif, pulau ini masih berada di kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Untuk bisa sampai di Pulau Sangiang, kamu harus menuju ke Pelabuhan Paku Anyer terlebih dulu. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan menyeberang pulau dengan waktu tempuh sekitar 40 – 60 menit.

Biaya untuk menyeberang ke Pulau Sangiang dikenakan tarif per kapal berkapasitas 20 orang dengan harga Rp2.000.000. Bagaimana? Tertarik ingin menjelajah pulau yang dekat dengan ibukota ini? Yuk jadikan destinasi liburanmu selanjutnya.

Komentar