20.Oct.2015

Pulau Derawan Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi


 

0
0
0

Hai Aladiners! Kalau denger kata Derawan, apa yang ada di benak kamu? Pantai putih nan eksotis, air laut yang biru, atau terumbu karang yang indah? Yuk, simak lebih jauh tentang pulau ini.

Sumber gambar: bafageh.com

 

Bagaimana cara ke Pulau Derawan?

Ada banyak jalur menuju Pulau Derawan. Masing-masing jalur terkadang memiliki alternatif lain. Tentu terdapat kekurangan dan kelebihan, tinggal sesuaikan saja dengan keadaan dan preferensi kamu:

1. Jalur Udara

Bagi wisatawan yang berada di luar Kalimantan, tentu harus melaui jalur udara untuk bisa sampai ke Balikpapan, gerbang utama dari perjalanan menuju Pulau Derawan. Setelah tiba di Balikpapan, kamu bisa memilih di antara dua rute berikut:

-Lewat Tarakan. Kelebihannya lebih murah dan banyak pilihan penerbangannya. Namun akan memakan waktu lama pada saat penyebrangan menuju Pulau Derawan dan harus menyewa speedboat. Jalur ini cocok bagi kamu yang pergi bersama rombongan.

-Lewat Berau. Banyak tersedia mobil travel yang siap mengantarkan kamu ke Tanjung Batu dan speedboat penyeberangan umum ke Pulau Derawan. Rute yang satu ini lebih cocok bagi solo traveler.

Maskapai penerbangan yang dapat dijadikan pilihan menuju Balikpapan adalah Garuda Air, Sriwijaya Air, Wings Air, dan Kalstar.

 

2. Jalur Darat

Jalur darat biasanya digunakan oleh wisatawan yang masih berada di wilayah Kalimantan. Dapat ditempuh menggunakan bus atau mobil travel. Rutenya sebagai berikut: Palangkaraya - Banjarmasin - Balikpapan - Samarinda - Tanjung Redeb - Tanjung Batu - Pulau Derawan

 

Apakah ada hotel atau resort?

Sumber gambar: scmedia.id

Selama di Pulau Derawan, kamu tidak perlu khawatir dengan tempat menginap. Karena banyaknya pulau di sekitar Pulau Derawan, maka banyak masyarakat yang menyediakan tempat penginapan, hotel atau resort. Beberapa di antaranya, yaitu Maratua Paradise Resort, Sari Cottage Derawan, Penginapan Ilham, Mirroliz Pelangi Cottage, dan homestay yang disediakan masyarakat sekitar.

Objek & kegiatan wisata apa yang menarik?

Sumber gambar: Shutterstock

Pulau Derawan menawarkan berbagai objek wisata menarik yang mungkin tidak bisa kamu jumpai di tempat lain. Keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya sudah tidak diragukan lagi. Keberadaan 1.051 spesies ikan yang terdapat di perairan laut dengan jenis dominan Gobes (Gobiidae), Wrasses (Labridae), dan Damselfishes (Pomacentridae) serta berbagai jenis terumbu karang membuat wisatawan yang berkunjung ke sini selalu menyempatkan diri untuk melakukan diving dan snorkeling. Bagi kamu para diver, di pulau ini terdapat beberapa Dive Centre dengan alatnya yang lengkap.

Terkadang beberapa ikan seperti ikan pari biru (manta rays) yang memiliki lebar mencapai 3,5 - 6 meter, paus, lumba-lumba dan beraneka ragam spesies ikan karang dapat kita temui. Penyu juga mudah dijumpai karena pantai di Derawan menjadi tempat bagi para penyu singgah dan bertelur.

 

Sumber gambar: Shutterstock

Jika ingin mengelilingi Pulau Derawan, cukup berjalan kaki sambil berinteraksi dengan warga sekitar. Untuk mengunjungi pulau-pulau lain di sekitar Pulau Derawan, kamu bisa menyewa speedboat sesuai dengan kapasitas penumpang. Speedboat dengan muatan 3 - 4 orang harga sewanya sekitar Rp1.500.000 - Rp2.000.000, sedangkan speedboat kapasitas 6 - 12 orang membutuhkan biaya sekitar Rp8.000.000 - Rp10.000.000.

Tips berwisata

1. Sebelum berangkat, sarapan terlebih dahulu karena perjalanan menuju Pulau Derawan cukup lama dan harus berganti moda transportasi.

2. Bagi yang sering mabuk laut, minumlah obat anti mabuk karena gelombang laut saat penyebrangan cukup besar.

3. Lakukan negosiasi harga ketika ingin menyewa speedboat. Hal ini bisa menghemat biaya pengeluaran selama berwisata. Jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan harga sewa lebih murah.

4. Gunakan sunblock.

5. Jika ingin melakukan snorkeling, pilihlah waktu pagi atau sore hari, karena pada waktu ini air laut sedang surut dan sinar matahari tidak terlalu panas.

6. Jika ingin melihat penyu bertelur, keluarlah pada malam hari atau dini hari.

Komentar

Tinggalkan Komentar: