12.Jun.2020

Pucok Krueng, Ujung Sungai Yang Damai di Tanah Serambi Mekkah


Aceh, provinsi yang pernah dilanda bencana tsunami besar pada 2004 ini nyatanya menyimpan sejuta keindahan alam di dalamnya. Terkenal dengan gugusan pulau-pulau kecil dan keindahan pantai pasir putihnya, Aceh ternyata punya sungai menakjubkan yang patut kamu singgahi. Pucok Krueng Raba namanya.

0
0
0

 

Indonesia Tourism Forum, Where You Can Find Any Information About ...

Sumber gambar: https://www.indonesia-tourism.com/forum/showthread.php?54333-Traveling-in-Exotic-Pucok-Krueng-and-Feeling-The-Freshness-of-Greenish-Water

Berada di ujung provinsi paling barat Indonesia, bukan berarti kamu nggak bisa datang ke ujung sungai ini. Pucok Krueng ini adalah hulu sungai yang bermuara ke pantai Lhoknga. Airnya yang jernih dan berwarna kehijauan sangat serasi dengan tebing-tebing tinggi di sampingnya. Saking alami dan asrinya tempat ini, kalau kamu beruntung, kamu bisa lihat bermacam hewan seperti burung, ular, bahkan landak. 

Sungai Krueng Raba yang bermuara di teluk Krueng Raba di pantai Lhoknga ini memang agak sulit untuk dikunjungi. Inilah yang membuat tempat ini masih minim pengunjung dan seakan tersembunyi dari beragam pesona yang dimiliki Aceh. Adanya di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar.

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/acehjelajah/

Kalau kamu dari Bandara Sultan Iskandar Muda, kamu harus menempuh jarak sekitar 25 kilometer untuk menuju Pucok Krueng yang ada di belakang kawasan PT SAI. Jalan menuju Pucok Krueng tak bisa dilalui kendaraan roda empat, jadi Mister sarankan agar kamu naik sepeda motor saja. Tapi kalau kamu mau lebih simple, kamu bisa datang ke daerah Pulau Kapuk terlebih dulu. Jaraknya sekitar 43 kilometer dari Bandara Sultan Iskandar Muda dengan naik mobil. Dari Pulau Kapuk ini akan ada penyewaan speedboat yang dikelola oleh Holiday Cafe Pantai Kapuk. Harganya Rp300.000 untuk menuju Pucok Krueng, dan tentunya kamu bisa nego, lho

Untungnya kalau kamu naik boat dari Pantai Kapuk, kamu akan disajikan pemandangan asri di sepanjang menyusuri sungai Krueng Raba. Pepohonan yang rindang, tebing tinggi menjulang, ditambah langit biru menjadi bonus perjalanan yang tak terlupakan.

 

Wisata Alam Arsip - Page 5 of 10 - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ...

Sumber gambar: http://disbudpar.iloveaceh.org/category/wisata-alam/page/5/

Sesampainya di Pucok Krueng, kamu akan disambut oleh tebing cadas yang tinggi. Di bawahnya tersaji kolam pemandian berwarna hijau tosca. Kamu pasti nggak akan tahan untuk segera nyebur. Letaknya yang tersembunyi, bikin tempat ini semakin tenang dan sangat cocok untuk relaksasi. Sangat kontras dengan suasana Aceh yang cukup panas.

Untuk mendukung hasil fotografi kamu, Mister sarankan agar kamu bawa properti pendukung seperti hammock atau airbag. karena tempat ini sangat sayang kalau kamu nggak mengabadikannya dengan baik. 

Komentar