02.Mar.2018

ProPILOT Park Ryokan, Hotel di Jepang yang Perabotnya “Parkir” Sendiri


Kapan, sih, teknologi Jepang gak bikin mangap kagum? Setelah punya toilet cerdas yang banyak tombolnya, robot yang bisa melayani tamu hotel dan baca berita, sekarang kampung halamannya Naruto ini bikin ryokan (penginapan bergaya tradisional jepang) yang punya perabot super cerdas. Agak unik sebenernya, karena ryokan seharusnya kan bernuansa kayak Jepang jaman dulu dan jauh dari hal-hal hi-tech.

0
0
0

Ryokan yang bernama ProPILOT Park ini ternyata bikinannya Nissan. Udah pada tahu, dong, Nissan perusahaan apa? Awas ya kalau ada yang jawab perusahaan panci! Setelah lama fokus bikin mobil, sekarang Nissan merambah ke benda-benda rumah tangga dan perhotelan. Teknologi yang diterapkan di ryokan ini sebenernya ada teknologi parkir mobil otomatis yang udah diperkenalin Nissan di bulan Oktober 2017 lalu waktu pameran mobil listrik bernama Nissan Leaf. Bedanya, mobilnya diganti perabot.

sumber foto: youtube.com

Sekilas, gak ada yang keliatan beda dari ryokan yang berlokasi di Hakone ini. Ada tatami, kotatsu, pelayan berkimono, taman cantik, dan masih banyak hal lainnya yang biasa ada di ryokan.

TAPI TUNGGU DULU, FERNANDO JOSE!

Begitu kamu masuk, ada jejeran selop di depan pintu. Ini bukan selop sembarang selop, karena selopnya bisa parkir sendiri! Staf di sini gak perlu repot-repot lagi ngerapiin selop yang berantakan abis dipakai tamu, karena selop bakal balik sendiri ke tempat yang seharusnya. Bukan cuma itu, bantal dan meja di ruang duduk juga bisa otomatis merapikan diri sendiri setelah selesai dipakai! Ini sama sekali gak atau bantuan makhluk halus lokal, lho!

 

Memang gimana sih cara kerja teknologi ini? Kok bisa semua benda itu jalan sendiri? Kayak yang udah dibilang di awal tadi, teknologi ini sebenernya hasil adaptasi dari teknologi parkir otomatis yang diterapin di mobil. Kalau mobil butuh pemrosesan tenaga yang besar, rem, transmisi, 12 sensor sonar, dan kamera beresolusi tinggi, selop dan bantal duduk jauh lebih simple. Intinya, semua perabot tersebut cuma dipasangin sensor "start" dan "home" yang bisa diaktifin dengan sekali tekan tombol.

sumber foto: cnet.com

Selain dipasangin sensor, ryokan ini juga masang kamera di langit-langit ruangan resepsionis dan ruangan lainnya. Tenang ajaaa, fungsinya bukan buat ngintip kamu ganti baju, kok. Kamera inilah yang mendeteksi objek-objek di lantai dan nerusin gambar ke sistem supaya sistem bisa nyiptain rute buat objek-objek tersebut buat parkir sendiri. Buat selopnya sendiri, tiap pasangnya dilengkapi roda kecil di bagian bawah. Roda ini bakal otomatis masuk ke dalem sol begitu dipakai, jadi gak usah takut kepeleset, ya.

sumber foto: newatlas.com

Mau nginep di sana? Mohon maaf banget kawan sekalian, hotel ini cuma dibuka buat satu malem doang, yaitu di tanggal 24 Maret 2018 nanti. Orang yang berhak nginep di sana cuma pasangan yang menang kontes yang diadain Nissan tanggal 25 Januari - 10 Februari lalu di Twitter. Yuk, berdoa supaya ryokan ini suatu saat bisa dibuka permanen!

Komentar