24.Jul.2019

Potterhead Udah Tahu Belum 5 Lokasi Syuting Film Harry Potter di London Ini?


Filmnya memang udah berakhir, tapi kenangan akan Harry Potter gak akan pernah berakhir. Mungkin, sampai sekarang, masih ada Potterhead yang nonton filmnya. Berkali-kali nonton tetep gak pernah bosen. Kalian mungkin udah hapal mati dengan jalan cerita filmya. Tapi, untuk lokasi syuting filmnya, apakah kalian tahu? Nih, Mister kasih info seputar 5 lokasi syuting film Harry Potter di London.

0
0
0

1. Hotel St. Pancras Renaissance

Hotel St. Pancras Renaissance muncul di seri kedua film Harry Potter, “Harry Potter and the Chamber of Secrets”. Hotel tersebut muncul sebagai parkiran mobil Stasiung King’s Cross. Ingat adegan ketika Harry dan Ron menerbangkan mobil Mr Weasley untuk menuju Hogwarts? Nah, bangunan yang kalian lihat di adegan itu adalah Hotel St. Pancras Renaissance.

Hotel St. Pancras Renaissance adalah hotel bintang 5. Jadi, jelas, dong, kalau mau menginap di sini, kalian harus merogoh kocek cukup dalam. Rate paling rumah? GBP 531 atau setara sekitar Rp9 juta per malam. Dekorasi langit-langit di hotel ini juara banget, lho. Kalian mungkin nggak akan bosan mendongak ke atas untuk sekedar melihat lukisan di langit-langitnya.

Sumber: https://www.flickr.com/photos/ell-r-brown/31340883995/in/photostream/ (by Elliot Brown)

Selain dimanjakan dengan keindahan langit-langitnya, kalian juga akan dimanjakan dengan keindahan dan kemegahan the grand staircase-nya atau tangga besar. Grand staircase di Hotel St. Pancras Renaissance sangat Instagenic. Begitu melihatnya, rasanya nggak sabar untuk segera menapakinya. Oh, ya, Grand staircase tersebut pernah dijadikan lokasi pengambilan gambar video klip grup musik Spice Girls.

Ketika diresmikan pada 1873, Hotel St. Pancras Renaissance masih bernama Hotel Midland Grand. Baru pada 2011, namanya berubah menjadi Hotel St. Pancras Renaissance. Desainer hotel tersebut adalah George Gilbert Scott.

2. Leadenhall Market

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Leadenhall_Market (diambil dari Diliff)

Kalau butuh barang-barang sihir, ke mana kalian pergi? Ke Diagon Alley, dong. Di dunia sihir namanya Diagon Alley, sedangkan di dunia nyata namanya Leadenhall Market. Semula, Leadenhall Market adalah pasar tradisional yang menjual daging dan aneka unggas. Kini, pasar tersebut bertransformasi menjadi pasar modern yang menawarkan beragam barang dan jasa, seperti pakaian, aksesori, makanan, dan layanan perawatan kulit.

Potterhead pasti tahu, dong, bahwa Harry Potter lahir pada 31 Juli. Nah, pada 31 Juli mendatang, di Leadenhall Market akan ada perayaan ulang tahun Harry Potter. Salah satu acara yang bisa kalian nikmati dalam perayaan tersebut adalah meet and greet dengan para tokoh dalam cerita Harry Potter. Wah, pasti asyik banget, ya, kalau bisa ikutan.

3. Ashridge Forest

Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Ashridge_Forest.jpg (diambil dari Michael Maggs)

Di mana Harry melihat unicorn tak berdaya yang darahnya diambil Voldemort? Di mana Harry melihat sosok Patronus yang menyelamatkannya dan Sirius Black ketika diserang Dementor? Di mana lagi kalau bukan di Dark Forest. Lokasi asli Dark Forest adalah Ashridge Forest, hutan seluas 2.000 hektare yang dipenuhi pohon ek. Hutan tersebut cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Di sana, kalian bisa berjalan-jalan santai, bersepeda, ataupun berkuda sambil menikmati keindahan alam.

Pada 30 Juli—29 Agustus mendatang, Ashridge Forest menyelenggarakan kegiatan untuk mengisi liburan musim panas. Kegiatan tersebut ditujukan untuk anak berusia 4—10 tahun. Dalam kegiatan tersebut, anak diajak mengenal lebih dalam tentang tumbuhan dan hewan serta membuat kerajinan tangan yang bahannya berasal dari alam.

Sumber: https://www.nationaltrust.org.uk/ashridge-estate/features/bridgewater-monument-at-ashridge-estate

Terdapat sebuah monumen di Ashridge Forest yang bernama Bridgewater Monument. Dinamakan demikian karena monumen yang terbuat dari batu granit tersebut didekasikan untuk The Third Duke of Bridgewater a.k.a. Francis Egerton. The Third Duke of Bridgewater terkenal akan jasanya membangun kanal pertama di Inggris. Kalau kalian penyuka tantangan, coba, deh, naiki ratusan anak tangga untuk sampai ke puncak Bridgewater Monument. Begitu sampai di puncak, wahhh, lega, deh, apalagi bisa lihat pemandangan Ashridge Forest dari ketinggian yang pastinya memukau.

Selain jadi lokasi pengambilan gambar untuk adegan di Dark Forest, Ashridge Forest juga jadi lokasi pengambilan gambar untuk adegan di perkemahan Quidditch World Cup di seri keempat “Harry Potter and the Goblet of Fire”. Ketika pelahap maut menyerang perkemahan, ketika Harry melihat tanda kegelapan di langit, adegan tersebut diambil di Ashridge Forest.

4. Claremont Square

Sumber: http://strikefans.com/claremont-square/

Kalau lihat gambar di atas, bisakah kalian menebak Claremont Square muncul sebagai apa di film Harry Potter? Iya betul, Claremont Square adalah Grimmauld Place number 12, rumah keluarga Black yang kemudian ditimpati Sirius Black. Grimmauld Place number 12 juga berfungsi sebagai markas Order of the Phoenix. Claremont Square berada di Islington borough, sangat dekat dengan Stasiun King’s Cross. Dulunya, ada waduk di area Claremont Square. Namun, seiring dengan pembangunan perumahan, waduk tersebut tidak lagi difungsikan.

5. Millennium Bridge

Sumber: https://totally-london.net/en/the-millenium-bridge-where-death-eaters-rage-and-chewing-gums-become-art/

Adegan pembuka pada film “Harry Potter and the Half-Blood Prince” adalah jembatan di dunia muggle yang diserang pelahap maut. Nah, jembatan pada adegan tersebut adalah Millennium Bridge, jembatan megah sepanjang 325 meter yang berada di atas Sungai Thames. Di sebelah utara, jembatan tersebut berbatasan dengan Katedral St. Paul. Biaya pembuatan Millenium Bridge gedhe banget, lho. Mau tahu berapa? £22 juta atau setara Rp400 miliar. Wow!

Kalau kalian teliti, saat melewati Millennium Bridge, kalian akan melihat karya seni mini yang terbuat dari permen karet. Iya, permen karet yang ditinggalkan orang-orang diolah jadi figur-figur mini yang unik. Orang yang membuatnya adalah seniman jalanan Ben Wilson a.k.a. The Chewing Gum Man. Millennium Bridge di London yang muncul pada film Harry Potter bukanlah satu-satunya Millennium Bridge di Inggris. Masih ada Millenium Bridge lain yang tersebar di Lancaster, Glasgow, York, dan Stockton-on-Tees.

Komentar