01.Oct.2018

Pesona Sidoarjo, Kota Kecil yang Secantik Via Vallen!


Nama Via Vallen di belantika musik Tanah Air patut diperhitungkan. Gadis cantik yang baru saja berusia 27 tahun itu nggak cuma pandai bernyanyi dangdut, tapi juga mahir bernyanyi genre lagu lain. Coba aja liat lagu Meraih Bintang yang dinyanyikan Via. Lagu tersebut sukses besar dan menyedot perhatian publik luar negeri, lho!

0
0
0

Ngomong-ngomong Via Vallen, Aladiners tau nggak kalau Via asli Sidoarjo? Kota yang berada di Jawa Timur itu ternyata punya segudang potensi wisata yang masih jarang dilirik orang. Nggak percaya? Siap-siap takjub, ya!

1. Candi Pari

Sumber foto: indonesiaimages.net/candi-pari-candi-tanpa-mahkota/

Kota Sidoarjo punya beberapa wisata sejarah yang sayang jika dilewatkan. Contohnya candi satu ini. Dibangun dari batu bata, membuat candi ini sekilas mirip dengan candi-candi yang ada di Vietnam. Candi ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit, tepatnya saat Kerajaan Hindu terbesar di Nusantara itu sedang dipimpin oleh Hayam Wuruk.

2. Museum Mpu Tantular

Sumber foto: situsbudaya.id/431-2/

Museum ini juga menjadi saksi dari sejarah kejayaan Majapahit di masa lampau. Ada banyak koleksi benda-benda peninggalan sejarah, mulai dari mata uang jadul, geologi, etnografi, sampai biologi.

3. Lumpur Sidoarjo

 

Sumber foto: ayobis.wordpress.com/2015/10/01/keren-tempat-bencana-ini-malah-jadi-tempat-wisata-lho-wisata-lumpur-lapindo-sidoarjo-jawa-timur/

Pada 2006 silam, PT Lapindo Brantas mengalami kecelakaan kerja yang fatal dan mengakibatkan semburan lumpur panas begitu deras memancar dari dalam bumi ke permukaan tanah. Meskipun lumpur panas itu telah menenggelamkan beberapa kawasan pemukiman dan perindustrian di Sidoarjo, lumpur Lapindo ini menjadi area wisata yang wajib dikunjungi. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, kebanyakan karena penasaran.

4. Kampung Batik Jetis

Sumber foto: Hasil foto ANTARA/Umarul Faruq, diambil dari wego.co.id/berita/galeri-foto-proses-pembuatan-batik-jetis/

Sidoarjo juga punya sentra batik, lho! Motif batik khas Sidoarjo adalah batik tulis bermotif burung merak. Kampung batik ini sangat mudah dikunjungi karena memang terletak di pusat kota. Psst, kamu juga bisa melihat secara langsung bagaimana melukis batik di atas kain yang dilakukan oleh para pengrajin batik. Seru, kan?

5. Pulau Lusi (Lumpur Sidoarjo)

Sumber foto: infopublik.id/read/209823/kkp-akan-optimalkan-pulau-lusi-sebagai-wisata-mangrove.html

Akibat Lumpur Lapindo, Sidoarjo jadi punya pulau kecil! Hasil sedimentasi yang disebabkan oleh lumpur panas itu menjadikan Pulau Lusi ini terbentuk dan sukses menarik pengunjung wisatawan! Rencananya pulau ini akan dioptimalkan sebagai hutan mangrove, lho!

6. Pantai Kepetingan

Sumber foto: go-wisata.com/2016/02/wisata-sidoarjo-pantai-kepetingan-bersama-go-wisata-surabaya.html

Nggak banyak lho yang tau kalau Sidoarjo punya pantai! Makanya Pantai Kepetinganini jadi hidden gem Sidoarjo! Lokasinya yang emang agak terpencil dan cukup sulit dijangkau, akan terbayar luas dengan keindahan alaminya. Pantai ini juga beken karena menjadi tempat berlangsungnya Upacara Nyadran. Upacara tersebut ditujukan untuk berterima kasih atas rezeki selama setahun yang dihasilkan dari laut.

Komentar