16.Mar.2021

Pesona Ratusan Penari Gandrung di Taman Gandrung Terakota


Banyuwangi, daerah paling timur pulau Jawa ini memiliki tarian khas yakni Tari Gandrung sebagai tarian selamat datang. Saking identiknya Tari Gandrung dengan Banyuwangi, ada sebuah taman yang isinya patung penari gandrung, namanya Taman Gandrung Terakota.

0
0
0

 

Tari Gandrung dan Banyuwangi

Sumber gambar: https://www.instagram.com/dr_indri_widayanti/

Identiknya Banyuwangi dengan Tari Gendrung ini terlihat pada tiap acara atau kegiatan. Pihak penyelenggara pasti menampilkan Tari Gendrung sebagai sambutan pembukanya.  Karena sudah menjadi icon dan ciri khas, kamu pun bisa melihat Tari Gendrung di tiap sudut Banyuwangi. Bahkan tiap tahunnya, Banyuwangi mengadakan Festival Gandrung Sewu.

Tak heran jika beberapa tahun lalu sempat viral sebuah kisah dari mahasiswa KKN yang bertugas di Banyuwangi. Mereka mengalami kejadian kurang menyenangkan yang berlatar belakang seorang penari. Penari itu pun dianggap sebagai seorang penari gendrung. Namun terlepas dari kisah itu, tarian gandrung ini sangat menarik.

 

Ratusan Penari di Taman Gandrung Terakota

Sumber gambar: https://www.instagram.com/junntoxu/

Menariknya tari gandrung ini bisa kamu nikmati juga di sebuah taman yang ada di kawasan kaki Gunung Ijen, namanya Taman Gandrung Terakota. Taman ini menyediakan ratusan patung penari gandrung yang berbaris rapi. Ratusan patung penari itu berbaris dengan latar persawahan yang sangat alami.

Meski adanya di area persawahan, pihak pengelola tak mengubah fungsi persawahan itu sendiri. Terasering yang ada dibiarkan secara alami dan persawahan seluas tiga hektar itu pun masih tetap produktif digunakan warga setempat. Setidaknya ada 4 lokasi berbeda yang digunakan sebagai tempat patung penari gandrung. Kamu bisa dengan bebas berfoto dengan patung-patung tersebut.

 

Mengenal Seribu Patung di Taman Gandrung Terakota Banyuwangi | Urbanasia.com

Sumber gambar: https://www.instagram.com/gandrung.terakota/

Penempatan patung-patung cukup unik. Ada yang di tengah sawah, sisi terasering, hingga di tengah kolam. Patung-patung penari gandrung juga ini dibuat bukan dari kayu atau batu yang lebih kokoh. Patung-patungnya justru dibuat dari tembikar yang dipanaskan sehingga ketahanannya tak cukup kuat. Alasannya, karena segala apa pun yang ada di bumi tak ada yang abadi. 

 

Sumber gambar: https://www.instagram.com/nqproject/

Bukan hanya patung penari gandrung, Taman Gandrung Terakota ini juga tersedia sebuah amfiteater yang biasa digunakan sebagai tempat pertunjukan. Tak jarang para penari gandrung yang asli menari di panggung ini. Tapi tentunya, amfiteater di Taman Gandrung ini tak tertutup hanya untuk menampilkan tarian gandrung. Kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan seni dan budaya lainnya seperti perhelatan Jazz Gunung Ijen.

 

Lokasi dan Harga Tiket

Sumber gambar: https://www.instagram.com/gandrung.terakota/

Taman Gandrung Terakota ini lokasinya berada di area Jiwa Jawa Resort. Penginapan bernuansa seni di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Jaraknya sekitar 26 kilometer  dari Stasiun Ketapang Banyuwangi, tapi kalau kamu berangkat dari Stasiun Karangasem, jaraknya hanya 15 kilometer atau sekitar 30 menit perjalanan melalui Jl. Raya Lijen.

Untuk bisa menikmati uniknya patung-patung penari gandrung di taman ini, kamu dikenakan tiket masuk sebesar Rp25.000 per orang. Tertarik dengan pesona penari gandrung? Yuk jadikan Banyuwangi dan Taman Gandrung Terakota ini sebagai destinasi kamu selanjutnya.

Komentar