25.Jun.2020

Pesona Danau Laut Tawar di Dataran Tinggi Gayo. Ada Kisah Mistisnya, Lho!


Danau air tawar terbesar di tanah Gayo, siapa yang udah pernah main ke sini? Danau air tawar yang luasnya hampir menyerupai lautan ini menyimpan keindahan dan juga misteri di dalamnya. Kira-kira seperti apa sih danaunya? Ini dia.

0
0
0

 

Danau Laut Tawar, Tempat Wisata Penuh Pesona di Aceh Tengah

Sumber gambar: http://yopiefranz.com/2017/06/danau-laut-tawar-tempat-wisata-di-aceh-tengah/

Terkenal dengan kopinya yang sudah tersebar ke seluruh penjuru negeri, Tanah Gayo juga menyimpan keindahan dan kenikmatan lewat Danau Laut Tawarnya. Mengapa disebut danau laut? Itu karena ukuran danau ini sangat besar. Luasnya mencapai 5.472 hektar dengan panjang 17 kilometer dan lebar 3 kilometer bahkan kedalamannya mencapai 50 meter. Bayangin deh betapa besarnya danau ini. Saking besarnya danau ini, kamu akan merasa kalau kamu bukan berada di danau tapi di lautan.

 

Inilah Lokasi - Lokasi Destinasi Wisata di Kabupaten Aceh Tengah ...

Sumber gambar: https://www.travellink-indonesia.com/2017/02/inilah-lokasi-lokasi-destinasi-wisata.html

Air danau yang tenang dengan pemandangan pegunungan di sekitarnya membuat Danau Laut Tawar sangat indah untuk dinikmati. Kalau kamu ke sini, kamu akan dimanjakan dengan hamparan air danau yang luas dengan landscape perbukitan yang ada di sekitar danau. Sungguh indah pokoknya. Selain memberikan pemandangan yang menakjubkan, danau ini juga menjadi sumber irigasi untuk lahan pertanian dan perkebunan warga Tanah Gayo. Setidaknya ada lebih dari 20 sungai yang bermuara ke danau ini.

 

Panorama Danau Laut Tawar yang Eksotik – Aceh Portal – Bijak ...

Sumber gambar: https://www.acehportal.com/2018/08/17/panorama-danau-laut-tawar-yang-eksotik/

Ketenangan Danau Laut Tawar ini juga menyimpan kisah mistis yang dipercaya oleh warga setempat, lho. Bahkan kisah ini dipercaya mereka secara turun temurun. Kabarnya, ada sosok putri duyung bernama Putri Ijo serta sosok mengerikan bernama Lembide yang menjadi penunggu danau ini. Masyarakat percaya bahwa Lembide adalah sosok yang mirip seperti drakula karena menghisap darah segar. Masyarakat Takengon mempercayai hal itu karena hampir tiap tahunnya selalu ada peristiwa meninggal yang aneh di danau itu. Mereka yang meninggal selalu kehabisan darah dan terdapat luka gigitan. Selain itu, warga juga percaya bahwa di Danau Laut Tawar ada seekor naga besar di dalam danau.

Kalau kamu penasaran sama danau yang punya segudang kisah mistis ini, kamu bisa datang langsung ke dataran tinggi Gayo. Lokasinya ada di Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Akses menuju danau sangat mudah, kalau kamu dari pusat kota Takengon, kamu tinggal mengikuti petunjuk arah menuju ke Danau Laut Tawar.

 

Danau Laut Tawar, Tempat Wisata Penuh Pesona di Aceh Tengah

Sumber gambar: http://yopiefranz.com/2017/06/danau-laut-tawar-tempat-wisata-di-aceh-tengah/

Fasilitas di danau ini juga sangat memadai. Lahan parkir yang luas, toilet umum, tempat ibadah, tempat makan, hingga penginapan pun ada di sekitar danau ini. Jadi kamu nggak perlu khawatir soal fasilitas. Nah, kalau kamu ke sini, kamu harus coba olahan khasnya, yakni ikan depik yang diambil langsung dari danau, dan jangan lupa juga seruput kopi Gayo sebagai teman relaksasi di pinggir danau. Sungguh damai pastinya. Jadi gimana? Tertarik datang ke danau rasa lautan ini? Yuk ke Dataran Tinggi Gayo!

Komentar