05.May.2020

Pembatalan Tiket Kereta Api Melalui KAI Access Untuk Angkutan Lebaran 2020


Larangan mudik telah berlaku sejak 24 April 2020. Semua masyarakat dilarang melakukan kegiatan mudik dengan cara apapun, baik menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

0
0
0

 

Jadwal dan Harga Tiket Kereta Api Taksaka 2019 - LuarKota

Sumber: https://www.luarkota.com/kereta-api-taksaka/

Lalu bagaimana dengan penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket kereta? Nggak perlu khawatir, kamu bisa melakukan pembatalan tiket yang nantinya biaya transaksi akan dikembalikan oleh pihak PT KAI. 

Ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk membatalkan tiket kereta api. Secara offline melalui loket di Stasiun dan secara online melalui aplikasi KAI Access. Untuk pembatalan secara offline melalui loket pembatalan di stasiun KA Jarak Jauh, kamu bisa mengajukan hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan, nantinya uang akan dikembalikan secara tunai atau melalui transfer.

Namun karena saat ini sedang diberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa wilayah, maka PT KAI menyarankan agar para calon penumpang yang ingin membatalkan tiket melakukannya secara online melalui aplikasi KAI Access. KAI juga akan mengembalikan uang pembatalan 100 persen jika melakukan pembatalan secara online, berlaku sejak 30 April sampai dengan 4 Juni 2020.

kai.jpg

Sumber: Dokumen pribadi

Untuk bisa melakukan pembatalan secara online, kamu harus download aplikasi KAI Access versi terbaru terlebih dahulu melalui Google Play Store atau App Store. Kalau kamu belum memiliki akun KAI Access, silakan daftar terlebih dahulu. Pastikan kamu mendaftar akun sesuai dengan nama yang tertera pada tiket kereta, ya.

Kalau sudah punya akunnya, sekarang kamu bisa menuju ke menu pembatalan. Kamu bisa input nomor rekening yang sesuai dengan nama penumpang di tiket. Pastikan kamu menginput data yang sesuai, agar tidak terjadi kesalahan. Pemesanan tiket yang dilakukan di Online Travel Agent seperti Mister Aladin juga bisa dilakukan pembatalan melalui KAI Access, lho. Jadi kamu nggak perlu khawatir uang tiket kamu nggak bisa dikembalikan.

Meski di aplikasi tertera biaya pembatalan 25%, untuk pembatalan masa angkutan lebaran 2020 ini, biaya akan dikembalikan 100%. PT KAI juga mempercepat proses pengembalian dana menjadi 3 hari kerja. Untuk informasi lebih lanjut terkait pembatalan tiket ini, kamu bisa menghubungi call center KAI melalui telepon 021-121 atau melalui email [email protected]

Komentar