12.Feb.2019

Patut Diteladani! Ini Alasan Warga Thailand Sangat Mencintai Rajanya


Pernahkah kamu traveling ke Thailand? Jika ya, pasti kaget melihat banyak baliho bergambar Raja Thailand di beberapa sudut kota. Hal itu sangat wajar karena warga Thailand sangat mencintai rajanya.

0
0
0

Bhumibol Adulyadej adalah raja ke-9 dari Dinasti Chakri. Raja bergelar Rama IX itu telah menjabat sebagai Raja Thailand sejak usianya masih 19 tahun. Akibat sakit keras, Raja Bhumibol wafat pada Oktober 2016 lalu. Kepergiannya usai menduduki tahta lebih dari 70 tahun benar-benar membuat warga Thailand berduka.

Sumber foto: oleh AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA diambil dari thailand.prd.go.th/showprintFriendly.php?nid=3951&flag=2

Selama 30 hari berturut-turut, warga Thailand berduka atas kepergian Raja Bhumibol. Para warga memadati jalan-jalan di Bangkok dengan mengenakan baju warna hitam, bahkan banyak yang sambil memeluk foto Raja Bhumibol. Buat kamu yang penasaran kenapa warga Thailand sampe segitunya, nih Mister jelasin!

Memajukan Pendidikan di Thailand

Bagi Raja Bhumibol, pendidikan adalah hal utama. Makanya di sela-sela kesibukannya, Raja Bhumibol memberikan gelar kepada banyak sarjana diploma di Universitas Negeri di Thailand. Kalau wisuda kamu udah seneng banget disalamin sama rektor, apa kabar warga Thailand yang wisudanya diselamatin sama raja? Pasti girang banget, kan?

Selalu Mau Mendengar Keluhan atau Kritik

Sumber foto: Reuters/Sukree Sukplang diambil dari voaindonesia.com/a/galeri-foto-mengenang-raja-thailand-bhumibol-adulyadej/3550280.html

Bagi Raja Bhumibol, raja bukanlah dewa tapi hanya manusia biasa. Makanya Raja Bhumibol selalu menerima kritikan dan keluhan warganya dengan senang hati. Karena itulah banyak warga Thailand yang merasa dekat dengan rajanya. Berkat sikapnya yang rendah hati itu, ada lebih dari 4000 proyek pembangunan nasional Thailand yang dimulai. Salah satu yang paling menggemparkan dunia adalah Rotal Rainmaking Technology yang menghasilkan hujan buatan dan membantu para petani.

Berperang Melawan Narkoba

Sumber foto: ANTARA FOTO/REUTERS/Damir Sagolj diambil dari tirto.id/akhir-orkestra-politik-raja-bhumibol-adulyadej-bVBG

Raja Bhumibol dikenal sangat tegas memberantas narkoba. Bagi raja Thailand itu, narkoba dapat merusak para warganya. Makanya Raja Bhumibol membuat hukum yang sangat keras untuk siapa saja yang terbukti memiliki atau mengedarkan narkoba di Thailand.

Kepala Pasukan Militer Thailand

Gak cuma memerangi narkoba, Raja Bhumibol juga jago mengatur pasukan militernya. Kecerdasannya digunakan untuk mengatur strategi perang demi menjaga kedaulatan dan keamanan Thailand.

Sumber foto: oleh AFP PHOTO / LILLIAN SUWANRUMPHA diambil dari thailand.prd.go.th/showprintFriendly.php?nid=3951&flag=2

Tuh, banyak kan jasanya Raja Bhumibol! Makanya selama sang raja memimpin, warga Thailand merasa aman, nyaman, dan sangat berterima kasih atas jasa-jasa raja Thailand selama 70 tahun lebih itu. Yuk kita coba terapkan kepemimpinan seperti Raja Bhumibol di Indonesia dan penghormatan terhadap pemimpin di tahun politik ini. Damai itu indah, kan?

Komentar