16.Oct.2018

Pater Noster Elevator, Lift Unik di Praha yang Terus Berputar


Sebagai seorang traveler, kadang pasti ngerasa capek jalan kaki. Makanya kalau lagi di tempat wisata, pasti suka ngarep ada lift atau elevator yang memudahkan kita menuju destinasi yang diinginkan. Bener gak, Aladiners?

0
0
0

Sumber foto: Andreas Dantz flickr.com/photos/szene/8551905929/

Kalau kalian berkunjung ke Kota Praha, ibukota Republik Ceko, kalian pasti seneng deh ketemu lift unik ini. Namanya Pater Noster Elevator. Lift ini nggak punya pintu dan akan terus naik-turun dalam lingkaran tak terbatas, mirip seperti prinsip Rosario. Yup, Pater Noster sendiri memiliki arti “Bapa Kami”, seperti dua kata pertama dari Doa Bapa Kami.

Sumber foto: en.wikipedia.org/wiki/Paternoster

Sebenernya, lift model seperti ini bukan hal baru. Di abad 19, hampir seluruh Eropa menggunakan lift dengan model ini. Karena prinsipnya yang terus berputar dan nggak punya pintu, lama-kelamaan lift ini dianggap berbahaya, dan pengoperasiannya pun dihentikan. Tapi, Kota Praha tetap mempertahankan lift ini dan sekarang jadi salah satu daya tarik wisata tersendiri di Praha.

Pater Noster lift ini terdapat di banyak tempat wisata, salah satunya di Prague City Hall. Kamu nggak perlu pencet tombol untuk naik lift ini, karena lift akan berhenti di semua lantai. Untuk menaikinya, kamu harus cepat melompat ke dalam, karena lift ini nggak akan berhenti buat nungguin kamu sampe masuk. Begitu tiba di lantai yang kamu tuju, kamu pun harus segera melompat keluar sebelum kelewatan.

Sumber gif: By RokerHRO commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=9036151

Buat kamu yang punya waktu lebih dan mau iseng, cobain deh naik lift ini sampe muter balik ke lantai asal kamu. Cuma butuh waktu 10-15 menit buat lift ini balik lagi ke lantai asal kamu lho! Rasain sensasi naik lift saat mencapai lantai bawah atau atas, di mana ia bergetar dan bergemuruh, terus menjadi sangat gelap, kemudian bergerak ke samping, terus kembali ke tempat asal kamu naik. Dijamin bakal jadi pengalaman menarik! Perlu diingat, lift ini nggak bisa dinaiki oleh penyandang cacat, karena harus cukup cepat untuk melompat naik ataupun turun dari lift yang nggak pernah berhenti ini!

Komentar