30.Jun.2020

Pantai Tanjung Bira, Pasir Putih Selembut Kapas di Sulawesi Selatan


Sebagian orang bilang kalau putih itu cantik. Mister setuju banget kalau pasir putih di Tanjung Bira ini emang cantiknya luar biasa. Bahkan lembutnya bisa ngalahin kulit bayi. Lebay sih. Tapi kalau cantiknya Pantai Tanjung Bira emang bener-bener bikin kita terhipnotis. Nggak percaya? Liat aja nih!

0
0
0

 

Travel Journal of Satya : 3 Hari Bergembira di Tanjung Bira

Sumber gambar: https://www.satyawinnie.com/2018/11/3-hari-bergembira-di-tanjung-bira.html

Warga Makassar, mana nih suaranya? Walau jaraknya agak jauh dari Makassar, tapi orang Makassar pasti tahu dong sama pantai pasir putih yang satu ini. Pantai Tanjung Bira, salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalau kamu melipir ke Sulawesi Selatan. Pantai yang sangat eksotis ini emang sangat menggoda untuk selalu dikunjungi.

Pantai ini terletak di jalan Tanjung Bira, Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kamu bisa datang ke pantai ini dengan menempuh perjalanan selama 6 jam dari kota Makassar. Jauh ya? Wajar saja, soalnya jaraknya mencapai 200 kilometer. Tapi jarak segitu mah nggak ada apa-apanya kalau kamu pejuang vitamin sea sejati. Lagi pula, kamu nggak akan bosan kalau menempuh perjalan ratusan meter dari Makassar, soalnya kamu bakal disuguhkan dengan panorama alam yang luar biasa. Mulai dari Gowa, Takalar, Jeneponto, hingga alam Bantaeng. Luar biasa pokoknya.

 

Tanjung Bira | Bulukumba, Sulawesi Selatan | Intika Fonda | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/intikafonda/7997569259/in/photostream/

Kalau kamu sudah sampai Pantai Tanjung Bira, kamu akan menikmati lembutnya pasir putih di sana. Bahkan lembutnya pasir di pantai ini sudah menjadi ciri khas dari Tanjung Bira. Kerennya lagi, kamu bisa lihat bagaimana gradasi warna dari air laut dengan jelas dari atas tebing dekat pantai. Selain itu, jernihnya air laut di sana juga sangat eksotis. Kamu bisa melihat ke dasar laut karena airnya yang jernih. Sangat cocok buat kamu yang suka snorkeling dan diving. Melihat betapa indahnya terumbu karang yang berpadu dengan pasir putih yang lembut. Keren deh.

 

The Boat Builders of Bira | Tana Beru, South Sulawesi | Flickr

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/36047972036/

Satu lagi yang menjadi daya tarik pantai ini adalah adanya rumah pembuatan kapal phinisi. Bayangin deh, kapan lagi kamu bisa lihat proses pembuatan kapal phinisi yang keren itu. Nggak salah emang kalau dulu itu nenek moyang kita seorang pelaut. Apalagi masyarakat suku Bugis yang terkenal sebagai pelaut yang tangguh.

Sebagai destinasi wisata favorit di Sulawesi Selatan, Pantai Tanjung Bira sudah punya fasilitas yang memadai. Mulai dari tempat makan yang masakannya enak-enak hingga penginapan di pinggir pantai biar kamu bisa lebih puas mengeksplore eksotisnya pantai ini. Jadi kamu nggak usah khawatir soal fasilitas di sini.

 

International Conference on Biodiversity

Sumber gambar: https://smujo.id/S/2017/palu/social.html

Kalau kamu mau ke Pantai Tanjung Bira, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp20.000 untuk wisatawan mancanegara. Untuk biaya parkirnya dikenakan biaya Rp5.000 untuk roda dua, dan Rp10.000 untuk roda empat. Selain bisa menikmati Pantai Tanjung Bira, masyarakat setempat juga banyak yang menawarkan jasa untuk menyeberang ke pulau sekitar, seperti Pulau Liukang dan Pulau Kambing. Harga sewanya sekitar Rp300.000.

Komentar