17.May.2019

Puasa Anti Loyo, Inilah 5 Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Bulan Puasa


Puasa udah jalan hampir 2 minggu, nih. Gimana puasamu sejauh ini? Semoga lancar-lancar saja, ya. Selama berpuasa, apakah kamu pernah meluangkan waktu untuk berolahraga? Meskipun nggak makan dan minum, bukan berarti kamu harus melupakan olahraga. Justru, berolahraga bisa membantu kamu lebih fit saat menjalani puasa. Mau tahu apa saja olahraga yang cocok dilakukan saat bulan puasa? Cekidot!

0
0
0

 

1. Pemanasan Ringan

Olahraga yang cocok dilakukan saat bulan puasa - pemanasan ringan

Sumber: https://www.pantau.com/topic/ragam/jangan-sit-up-dan-plank-di-pagi-hari-ini-waktu-yang-tepat

Melakukan pemanasan ringan memang cocok banget dijadikan olahraga saat kamu sedang berpuasa. Gerakannya mudah dan yang pasti nggak butuh banyak tenaga. Jadi, kamu nggak akan sampai ngos-ngosan. Gerakan apa saja yang bisa dilakukan? Kamu bisa melakukan plank, sit up, atau push up. Durasinya gak perlu lama-lama, cukup 5—10 menit per hari. Pemanasan ringan ini bermanfaat untuk melencarkan peredaran darah dan ngelemesin tubuh supaya gak kaku. Selain itu, dengan melakukan pemanasan ringan, tubuhmu tetep bisa segar bugar walaupun tengah menahan haus dan lapar.

 

2. Yoga

Olahraga yang cocok dilakukan saat bulan puasa - yoga

Sumber: https://www.health.harvard.edu/pain/yoga-can-help-with-low-back-pain-relief

Kalau ingin olahraga yang lebih ringan saat bulan puasa, kamu bisa mencoba yoga. Tanpa perlu mengeluarkan energi berlebih, dengan melakukan yoga, badanmu tetap bisa sehat dan pikiranmu bisa fokus. Kamu pun bisa menjalankan ibadah puasa tanpa lemas dan dengan pikiran yang always on. Manfaat lain dengan melakukan yoga adalalah mempercepat proses detoksifikasi alias penetralan racun dalam tubuh.

 

3. Jogging

5 Lokasi Joging Paling Hits Seantero Jakarta - Bola.net

Sumber: https://www.bola.net/olahraga_lain_lain/5-lokasi-joging-paling-hits-seantero-jakarta-72789f.html

Kamu yang sehari-hari hobi lari, bisa mencoba jogging alias lari ringan saat bulan puasa. Waktu terbaik untuk melakukan jogging ialah menjelang berbuka puasa. Berapa lama durasinya? Cukup 20—30 menit aja sehingga tenagamu nggak akan banyak terkuras sampai bikin dehidrasi. Olahraga yang satu ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru serta membakar lemak. Cocok, nih, buat kamu yang lagi berdiet.

 

4. Lompat Tali

Olahraga yang cocok dilakukan saat bulan puasa - lompat tali

Sumber: https://www.independent.co.uk/extras/indybest/outdoor-activity/sports-equipment-accessories/best-skipping-ropes-fitness-gym-a7873366.html 

Olahraga yang ini memang sedikit lebih membutuhkan tenaga dibanding tiga olahraga lainnya. Tapi, tenang aja, nggak akan sampai bikin kamu ngos-ngosan, kok. Cukup melakukan lompat tali alias skipping selama 15 menit sebelum berbuka, tubuhmu bakal tetep segar bugar. Tahukah kamu? Lompat tali cukup efektif untuk membakar kalori. Untuk pria, melakukan lompat tali selama 30 menit dapat membakar 425 kalori. Untuk wanita, melakukan lompat tali selama 30 menit dapat membakar 375 kalori. Selain itu, olahraga ini adalah pilihan tepat buat kamu yang pengen mengencangkan kaki dan membuang lemak di bagian paha.

 

5. Bersepeda

Sumber: https://www.raleigh.co.uk/2018/07/keep-your-family-safe-on-the-roads/

Gowes alias bersepeda memang selalu fun. Kebetulan, bersepeda juga menjadi salah satu olahraga yang cocok kamu lakukan saat sedang berpuasa. Sebelum kamu berbuka, kamu bisa bersepeda selama 15—20 menit di jalan sekitar rumah kamu. Kamu juga bisa melakukannya setelah sahur. Manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bersepeda adalah menguatkan kerja jantung dan paru-paru, meningkatkan keseimbangan tubuh, menghindarkan dari tekanan darah tinggi, dan bahkan mengurangi stress. Dengan bersepeda, hari-hari puasamu dijamin semakin menyenangkan.

Komentar