20.Apr.2021

Olahraga saat Puasa? Nggak Ada Salahnya, Coba Ini!


Ada banyak aktivitas selama bulan Ramadan jadi terbatas, salah satunya olahraga. Tapi puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga, ya. Meski harus fokus beribadah di bulan yang suci, olahraga saat puasa juga harus tetap dilakukan agar kesehatan dan kebugaran tubuh bisa seimbang.

0
0
0

 

Bergerak selama berpuasa sangatlah bagus karena tubuh kamu akan merasa lebih baik jika berkeringat. Keringat itulah yang akan membuat metabolisme tubuh kamu tetap terjaga. Untuk itu, olahraga di bulan puasa tetap dianjurkan. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat jika berolahraga di bulan puasa.  Selain memperlancar metabolisme tubuh, kamu juga bisa menjaga berat badan, dan tentunya tubuh akan tetap segar dan prima.

Berolahraga di bulan puasa tentu harus ada penyesuaian. Kamu harus mengubah cara atau memilih olahraga yang ringan agar tidak mengganggu jalannya ibadah puasa. Nah berikut ini beberapa jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa.

 

Jalan Santai

Jalan santai jadi olahraga saat puasa yang pas selama bulan puasa. Minimnya keringat yang keluar saat jalan santai tentu tidak akan mengganggu ibadah puasa kamu. Kesehatan jantung akan terjaga jika kamu berjalan santai. Kamu cukup memilih jarak yang dekat di sekitar rumah dan menentukan waktu yang pas untuk jalan santai. Pagi hari saat matahari terbit atau menjelang buka puasa jadi waktu yang tepat untuk jalan santai.

 

Bersepeda

Tren bersepeda belakangan ini membuat dampak yang sangat positif. Banyak masyarakat berbondong-bondong membeli sepeda baru atau membetulkan sepeda lamanya yang rusak agar bisa berolahraga. Kamu bisa memanfaatkan sepeda di rumah untuk berkeliling. Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa mengitari area sekitar rumah beberapa putaran pada sore hari. Selain sehat, bersepeda juga menyenangkan untuk olahraga saat puasa.

 

Angkat Beban

Bagi yang nggak mau ke luar rumah, angkat beban bisa jadi pilihan untuk olahraga selama puasa. Tapi ingat, pilih beban dengan bobot yang ringan agar tidak menguras energi. Meski olahraga ini minim keringat, kamu tetap harus berhati-hati. Angkatlah beban secara perlahan untuk melatih otot-otot lengan agar tidak kram.

 

Yoga

Selama puasa banyak orang yang malas untuk bergerak. Jika kamu tak mau keluar rumah untuk jalan santai, bersepeda atau bahkan angkat beban di rumah. Kamu bisa memilih yoga untuk olahraga selama puasa. Olahraga yang satu ini sangat ringan dan tidak menguras energi. Melakukan gerakan yoga yang tepat dapat menjaga tubuh tetap segar dan jauh lebih rileks.

 

Itulah beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa. Kamu bisa pilih kegiatan yang di luar rumah atau di dalam rumah. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan selama berolahraga. Kalau kamu butuh suplemen lain agar tubuh tetap fit selama puasa, kamu bisa cek AladinMall. Ada berbagai produk suplemen kesehatan yang bisa kamu pilih.

Komentar