17.Apr.2015

Nyi Roro Kidul: Mitos atau Fakta?


Pernah dengar nasihat orang-orang tua dulu yang bilang kalau pergi ke Pantai Selatan jangan pakai baju hijau? Kamu pernah tanya alasannya kenapa? Rumornya, sih hijau itu ternyata warna favoritnya si Kanjeng Nyi Roro Kidul. Sosok legenda paling terkenal se-Indonesia ini masih banyak dipertanyakan tentang kebenarannya. Mister Aladin penasaran, sebenarnya siapa sih Nyi Roro Kidul ini?

0
0
0

Ada beberapa versi cerita tentang asal muasal Nyi Roro Kidul. Walaupun berbeda, tapi ada benang merah yang menghubungkan cerita-cerita tersebut. Disebutkan bahwa Nyi Roro Kidul dahulunya merupakan seorang putri kerajaan Sunda Pajajaran yang hidup sekitar tahun 1.333 hingga 1.630. Dia punya seorang ibu tiri yang jahat, Dewi Mutiara. Si ibu tiri ingin putranya menjadi penerus tahta kerajaan dan merasa iri dengan kecantikan dan pengaruh yang dimiliki Dewi Kadita.

Saking bencinya, Dewi Mutiara mengutuk Dewi Kadita dengan penyakit yang menjadikan kulit sang putri penuh dengan koreng yang berbau busuk. Malu akan kondisi putrinya yang tidak kunjung sembuh, sang raja pun mengasingkan Dewi Kadita ke tengah hutan. Ditemani oleh rasa sedih dan sakit hatinya, Dewi Kadita berkelana di dalam hutan seorang diri selama berhari-hari. Hingga akhirnya ia sampai di atas puncak jurang yang menghadap langsung ke laut selatan Samudera Hindia. Saat merenung di atas puncak jurang, Dewi Kadita mendengar bisikan gaib yang memerintahkannya untuk terjun ke laut. Seperti dihipnotis, Dewi Kadita langsung terjun dan seketika itu juga penyakitnya hilang dan dia kembali menjadi cantik.

Pantai Selatan

Sumber foto: Kukuh JG @Flickr

Sejak saat itulah, Dewi Kadita menjadi penguasa gaib laut selatan dan dipanggil dengan nama Nyi Roro Kidul. Sampai saat ini, masih banyak orang yang percaya bahwa Nyi Roro Kidul benar-benar ada. Apa lagi banyak ditemukan benda-benda "ajaib" yang memiliki kekuatan aneh yang ditemukan di sekitar Pantai Selatan. Bahkan ada kamar hotel yang disediakan khusus dan dipercaya sering dikunjungi oleh si Nyai.

Menurut kamu sendiri bagaimana, Aladiners? Nyi Roro Kidul benar-benar ada, atau cuma cerita legenda, sih?

Komentar