27.Aug.2015

Nitama, Si Kucing Imut Jadi Kepala Stasiun di Jepang


 

0
0
0

Nitama, Kucing Imut Kepala Stasiun di Jepang - Ngomongin soal kereta dan stasiun, sepertinya di belahan dunia bagian manapun pasti ada ya, Aladiners? Tapi cuma di Jepang kamu bisa ketemu seekor kucing yang secara resmi menjadi kepala stasiun. Ini beneran, lho! Semenjak tahun 2006, kepala stasiun kereta Kishi di Kinokawa, Prefektur Wakayama adalah seekor kucing bernama Tama.

[caption id="attachment_36483" align="aligncenter" width="1000"]Nitama Kucing Imut Jadi Kepala Stasiun di Jepang Sumber: okezone[/caption]

 

Hewan lucu yang berbulu tebal ini berhasil menyelamatkan Stasiun Kishi yang pada saat itu sedang berada di ambang kebangkrutan. Kesulitan keuangan mulai dialami stasiun ini karena jarangnya orang yang menggunakan jalur kereta yang berada di pedesaan tersebut. Baru semenjak Tama diangkat menjadi kepala stasiun, ribuan orang mulai datang hanya untuk melihat si kucing superimut ini. Bahkan saking populernya, di Stasiun Kishi sampai dibuat museum Tama, lho!

[caption id="attachment_36485" align="aligncenter" width="1000"]Nitama kucing imut kepala stasiun di jepang Sumber: Tribun Jatim[/caption]

 

Tapi sayangnya, setelah menjabat selama hampir 10 tahun, Tama meninggal pada Juni lalu karena penyakit dan umur yang sudah tua. Usia Tama saat itu adalah 16 tahun atau 80 tahun jika dibandingkan dengan usia manusia. Meninggalnya Tama menjadi berita sedih buat banyak orang di Jepang dan seluruh dunia. Ada ribuan orang dan kucing yang ikut berpartisipasi dalam upacara pemakaman Tama. Yahhh... kita tidak bisa ketemu Tama dong, ya? Eits, tapi beberapa waktu yang lalu, Stasiun Kishi baru mengangkat penggantinya Tama, lho! Nitama namanya. Dalam bahasa Jepang, Nitama artinya adalah Tama yang Kedua.

[caption id="attachment_36486" align="aligncenter" width="1000"]nitama kucing kepala stasiun Sumber: detiknews[/caption]

 

Jika dilihat, Nitama sendiri mirip banget dengan Tama. Rasnya pun sama, yaitu calico. Sebenarnya, Nitama sudah menjadi wakil kepala stasiun sejak tahun 2012, ketika kucing pendahulunya masih menjabat sebagai kepala stasiun. Sebelum diangkat menjadi kepala stasiun yang baru, Nitama dibawa ke makam Tama untuk memberikan penghormatan. Nah, Nitama sendiri baru berusia 5 tahun. Jadi masih akan ada banyak waktu dan kesempatan untuk kamu bertemu langsung dengan Nitama!

 

Walaupun kucing, tapi Nitama punya jam kerja juga, lho. Kucing lucu ini bekerja dari jam 10 pagi sampai 4 sore, dengan hari libur di Hari Senin dan Kamis. Nitama diangkat menjadi pengganti Tama sebagai kepala stasiun karena kepribadiannya yang bersahabat, hapal dengan area sekitar stasiun, dan tidak rewel ketika dipakaikan topi dan kalung. Hehe, lucu ya, Aladiners! Mau lihat langsung gimana imutnya Nitama dan Stasiun Kishi yang bertemakan kucing? Lihat video di bawah ini, yuk.

Komentar