16.Apr.2015

Nessie: Mitos atau Fakta?


Dari zaman manusia mulai mengarungi samudra, legenda tentang makhluk-makhluk raksasa bawah air sudah menggema ke seluruh dunia. Salah satu cerita yang paling terkenal hingga saat ini adalah Nessie, si monster Loch Ness yang masih terus dicari keberadaannya. Mister Aladin penasaran, sebenarnya Nessie ini benar-benar ada atau cuma mitos, sih?

0
0
0

Cerita tentang Nessie mulai dikenal oleh banyak orang sejak munculnya foto si makhluk yang diperkirakan seekor plesiosaurus ini pada tahun 1934. Gambaran kepala seekor hewan berleher panjang yang menyembul ke permukaan air dengan cepat menyebar ke berbagai surat kabar pada saat itu.

[caption id="attachment_36443" align="aligncenter" width="986"]Nessie, Mitos atau Fakta Sumber: BBC News[/caption]

 

Namun, beberapa orang percaya bahwa sebenarnya legenda Nessie sudah ada sejak tahun 565. Pada saat itu, Saint Columba yang sedang dalam perjalanannya menyebarkan agama Kristen di Skotlandia bertemu dengan sekelompok orang yang sedang menguburkan jasad korban monster dari danau Loch Ness. Kemudian Saint Columba memerintahkan salah seorang penduduk untuk berenang di danau tersebut untuk memancing si monster keluar. Ketika Nessie keluar, Saint Columba pun membunuhnya. Belum ada bukti konkrit apakah cerita tersebut benar-benar nyata atau hanya legenda saja.

Sejak tahun 1934, ada banyak orang yang mengaku bahwa mereka telah melihat Nessie. Entah bayangan benda hidup di bawah air, gelombang permukaan air yang aneh, jejak-jejak di sekitar danau, atau bahkan Nessie itu sendiri. Tapi kalau dipikir-pikir, mungkin tidak sih kalau Nessie benar-benar ada? Bisa saja. Dengan panjang 37 km dan kedalaman 230 meter, Loch Ness adalah danau terbesar dan kedua terdalam di Inggris Raya. Dengan kata lain, ada banyak ruang dan celah di mana Nessie bisa bersembunyi hingga hari ini.

[caption id="attachment_36444" align="aligncenter" width="1024"]Nessie, Mitos atau Fakta Sumber: newsweek.com[/caption]

 

Komentar